Urutan Nama Nama Planet dari Matahari

Urutan Nama Planet Dari Matahari Bumi no 3

Jagad raya atau alam semesta memiliki jutaan galaksi yang tidak dapat kita ketahui. Di dalam galaksi terdapat berbagai sistem. Galaksi Bima Sakti memiliki jutaaan sistem bintang yang bergerak. Tata Surya merupakan sistem di dalam Galaksi Bima Sakti yang mengorbit galaksi dengan benda-benda antariksa di dalamnya, seperti planet, meteoroid, komet, asteroid, dan satelit.

Matahari merupakan bintang di dalam Tata Surya kita, letaknya paling dekat dengan Bumi. Bintang ini merupakan bola gas hidrogen yang memiliki volume sangat besar, yakni bisa diisi 1,3 juta buah planet seukuran Bumi. Benda-benda antariksa ini mengelilingi Matahari sebagai pusat Tata Surya. Terdapat 8 planet yang mengelilingi Matahari kita ini. Dalam zona planet terdapat planet zona dalam dan zona luar. Berikut adalah urutan planet-planet yang mengelilingi Matahari:

 

Zona Planet Dalam

 

1. Merkurius

Planet ini paling dekat dengan matahari sehingga suhu permukaannya mencapai 430 derajat celcius. Jaraknya dari Matahari adalah 57,9 juta kilometer. Diameter planet ini adalah 1/3 diameter Bumi atau sekitar 4.870 kilometer. Merkurius memiliki waktu rotasi 59 hari dan periode revolusi 88 hari.

 

2. Venus

Venus adalah planet kedua yang paling dekat dari Matahari. Planet ini terdiri dari awan gas panas dengan suhu mencapai 4620 derajat celcius. Gerak rotasi Venus berbeda dari planet lainnya, karena rotasi venus berlawanan arah dengan gerak planet mengitari Matahari. Venus memiliki diameter sekitar 12,1 kilometer dengan periode rotasi 243 hari dan revolusi planet 225 hari.

 

3. Bumi

Bumi diketahui merupakan satu-satunya planet yang memiliki air dan mendukung adanya kehidupan. Planet ini juga memiliki atmosfer sebagai pelindung yang membuat planet tidak sepanas planet lainnya. Diameter Bumi adalah 12.756 km. Bumi memiliki waktu revolusi 365/366 hari dengan rotasi 24 jam.

 

4. Mars

Mars dikenal sebagai planet merah karena permukaannya berwarna merah. Memiliki waktu revolusi 1,9 tahun dan rotasi 25,6 jam. Jarak dari Matahari sejauh 227,9 juta kilometer.

 

Zona Planet Luar

 

5. Jupiter

Planet ini termasuk planet luar dari Matahari karena jaraknya sangat jauh. Masuk menjadi planet ke-5 Tata Surya, Jupiter merupakan planet terbesar dengan ukuran 10 kali Bumi dengan diameter 14.2794 kilometer. Jupiter berjarak 778,3 juta km dari Matahari dengan periode revolusi 12 tahun dan rotasi 9,8 jam.

 

6. Saturnus

Saturnus merupakan planet yang cukup unik karena meski berada di Zona Luar, ia berotasi dengan waktu singkat, yakni 10 jam 40 menit. Planet ini berevolusi selama 29,46 tahun. Jarak dengan Matahari sepanjang 1.430 juta kilometer dan memiliki diameter 12.0536 kilometer.

 

7. Uranus

Uranus planet dengan suhu yang sangat dingin, yakni 2240 derajat celcius sehingga disebut sebagai planet terdingin dalam Tata Surya. Hal ini dikarenakan, planet ini memiliki mantel yang terbuat dari es dan tidak dapat menyerap cahaya. Planet es ini memiliki rotasi selama 17,3 jam dan periode revolusi 84 tahun serta berdiameter 51.180 kilometer.

 

8. Neptunus

Neptunus merupakan planet terjauh dari Matahari dengan diameter 50.138 kilometer. Jaraknya adalah 4.504 juta kilometer dengan waktu revolusi 165 tahun. Meski memiliki waktu revolusi yang sangat lama, planet ini berotasi selama 16 jam.

 

Mengapa Pluto Bukan Planet?

Sebelum Agustus 2006, Pluto masuk ke dalam planet Tata Surya. Tetapi, planet ini akhirnya tidak menjadi planet karena tidak dapat membersihkan orbit dari objek Sabuk Kuiper. Maka planet ini disebut sebagai planet baru bersama Ceres, Makemake, Eris, dan Haumea. Planet kerdil merupakan planet kecil yang mengelilingi matahari dengan massa yang cukup untuk membentuk bulatan tetapi tidak dapat membersihkan area orbitnya.