Tontonan Televisi Yang Sesuai Genre Anak

Orang tua perlu mengawasi anak ketika mereka menonton televisi. Terlebih saat ini tontonan yang pas sesuai genre anak dapat dikatakan semakin langka.

Hari Minggu, sudah semakin berkurang tontonan anak. Tidak seperti masa kecil orang tua dulu. Seiring perkembangan zaman, jangan sampai anak harus memilih tontonan genre remaja dengan cerita yang kurang mendidik. Lebih baik, sebagai orang tua, Anda sendiri yang harus tegas mengatur tontonan seperti apa yang boleh dilihat anak melalui televisi.

Setiap kali anak ingin menonton film di televisi, pastikan Anda memilihkan saluran televisi yang sesuai untuk genre mereka. Selalu dampingi anak ketika sedang menonton televisi. Sehingga Anda dapat memastikan bahwa anak memilih tontonan bergenre anak. Jadi, jika anak ingin menonton televisi, pastikan saat itu Anda memiliki waktu luang untuk ikut atau sekadar mengawasi anak. Jangan sampai anak mengalihkan tontonan dari film anak ke acara yang tidak sepatutnya mereka tonton.

Jika Anda ingin lebih percaya dengan apa yang anak tonton saat berhadapan dengan televisi, maka dapat mulai berlangganan televisi kabel. Dengan menghadirkan program anak, hanya khusus untuk program anak. Sehingga ketika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengawasi anak, Anda tetap tenang karena setiap kali anak mengganti saluran televisi hanya ada program sesuai genre mereka. Inilah tontonan televisi yang tepat untuk anak Anda.

Tontonan Edukatif Anak

Anda dapat membujuk anak untuk tertarik menonton acara edukatif. Seperti petualangan, kuis, ataupun tontonan yang menyajikan ilmu berguna bagi anak-anak. Discovery channel adalah salah satu tontonan edukatif yang tepat bagi anak. Anak dapat mengenal jenis-jenis binatang maupun tumbuhan. Mengenal kebiasaan dari masing-masing jenis hewan. Mengenal di mana habitat dari buaya, jerapah, badak, dan jenis hewan lainnya. Termasuk penjelasan apakah hewan-hewan tersebut liar atau jinak. Kemudian kuis juga termasuk tontonan edukatif. Apaagi kalau usia anak Anda sudah sekitar sembilan sampai sepuluh tahun. Menyaksikan tontonan kuis dengan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan usianya tentu akan mengasah otak anak.

Tontonan Kartun Anak

Tidak semua jenis kartun anak dapat ditonton oleh anak Anda. sebab kini ada kartun ang memberikan cerita mengenai permusuhan, peperangan, dan tindakan negatif lainnya. Sehingga pastikan kartun anak yang Anda pilihkan untuk anak memang tepat. Pilihkan sesuai genre anak seperti kartun Doraemon, Chibi Maruko Chan, Hamtaro, tentang kehidupan di kerajaan yang disajikan dalam serial kartun, dan tentunya Anda tahu kartun seperti apa lagi yang sesuai genre anak. Seputar itu adalah jenis tontonan kartun yang memang dianjurkan. Ketimbang Anda membiarkan anak untuk menyaksikan tontonan kartun superhero yang banyak menunjukkan aksi berbahaya. Anak tentu masih menganggap bahwa jatuh dari tempat tertentu atau melompat dari ketinggian tertentu tidak masalah toh tidak terluka. Anak belum memahami secara sempurna bahwa dalam kartun jarang diperlihatkan luka apalagi tontonan untuk anak. Jangan sampai anak Anda menjadi terhipnotis untuk ikut melakukan aksi dari tontonan kartun yang memang lebih baik dihindari.

Meskipun tontonan anak ada bermacam-macam namun tetap terbatas. Orang tua jangan sampai lengah untuk mengawasi dan mendisiplinkan anak melalui tontonan yang memang sesuai dengan genre anak. Masa depan anak juga dipengaruhi dari jenis tontonan anak yang mereka biasa saksikan. Jadi, jangan manjakan anak Anda dengan membebaskan setiap acara, film, maupun kartun yang hendak mereka tonton.