10 Tips Supaya Diet Kamu Berhasil

Tidak banyak orang yang bisa berhasil Diet. Ada banyak kasus yang malahan membuat sebagian wanita bertambah berat badannya ketika mereka sudah benar-benar niat untuk melakukan diet.

Salah satu kunci diet sukses adalah dengan berusaha mengubah gaya hidup. Tujuannya agar berat badan minimal stabil atau jika bisa berkurang lebih banyak dari sebelumnya. Hal tersebut membutuhkan usaha. Lakukan diet dengan cara yang benar dengan mengontrol porsi makan.

Memang, kedengarannya klise. Namun, percaya atau tidak, hal tersebut sangat membantu, apalagi jika Anda bisa mengurangi jenis makanan-makanan yang tidak sehat. Selain itu, berusaha mencari tahu yang menjadi penyebab berat badan Anda tidak bisa turun melalui faktor lingkungan ataupun emosional yang bisa menyebabkan Anda makan dengan porsi yang banyak. Hal itu termasuk kecenderangan dalam gaya hidup yang dapat membuat tubuh Anda mengalami kegemukan.

Jika Anda mulai risih dengan berat badan Anda, segeralah bertindak. Diet lebih cepat dengan cara yang sehat merupakan cara terbaik agar Anda dapat menurunkan berat badan.

Yuk, simak dulu beberapa tips diet sukses berikut ini!

1. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Asin

Makanan yang terlalu manis memang tidak baik, makanan yang berlemak juga tidak baik. Begitupula dengan makanan asin juga dipercaya sangat tidak baik. Makanan jenis ini sangat perlu dikurangi. Selain bisa menyebabkan hipertensi, makan makanan yang memiliki kandungan banyak garam bisa membuat cairan dalam tubuh tertahan. Hal itulah yang menyebabkan berat badan Anda tidak cenderung segera turun.

2. Terlalu Memaksakan Diri

Ketika stres, hormon kortisol akan keluar dari dalam tubuh Anda sehingga dapat membuat nafsu makan Anda pun menjadi meningkat. Sistem metabolisme Anda pada akhirnya pun terhambat dan memicu terjadinya peningkatan penumpukan lemak pada perut. Berikan relaksasi pada diri Anda seperti mendengarkan musik, tertawa bersama teman-teman, yoga, pijat, jalan-jalan di alam terbuka bisa membantu Anda dalam mengurangi stres. Lakukan aktivitas tersebut setidaknya 10 – 15 menit per hari. Lakukan secara rutin dan pilihlah salah satu saja mana yang paling Anda sukai.

3. Insomnia Karena Terlalu Sering Begadang

Kurang tidur dipercaya bisa membuat hormon rasa lapar dalam tubuh Anda mengalami peningkatan dan hormon rasa kenyang pun berkurang. Salah satu studi menyebutkan, orang yang mengalami kurang tidur sebanyak 4 jam setiap harinya bisa memicu menderitanya obesitas sebanyak 73% lebih tinggi dibanding orang yang tidurnya sekitar 7 – 9 jam per hari.

4. Meja Makan

Membiasakan diri makan sambil nonton tv, membaca buku atau mengetik di depan laptop membuat Anda tidak bisa menikmati makanan dengan baik dan nyaman. Hal itulah yang menyebabkan Anda mudah tergoda untuk mengambil sesuatu yang nikmat. Kalori pun akhirnya tidak dapat dikendalikan dan masuk ke dalam tubuh begitu saja. Supaya makanan dapat dinikmati dengan nyaman, usahakan untuk makan di meja makan.

5. Kurang Olahraga

Ketika tubuh Anda kurang gerak atau tidak berolahraga dengan rutin atau teratur, bisa membuat diet Anda gagal. Supaya olahraga yang Anda lakukan secara teratur, ketika bekerja sempatkan untuk melakukan peregangan pada kaki dan tangan. Lakukan gerakan menyilang atau mengayunkan kaki dan tangan ketika sedang duduk di kursi selama kurang lebih 2 – 5 menit setiap satu jam sekali. Lakukan rutin setiap hari. Aktivitas tersebut sangat membantu dalam pembakaran energi dari pada Anda duduk dan hanya berdiam diri. Hal tersebut dapat memicu menumpuknya lemak.

6. Hindari Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung banyak alkohol bisa menghambat proses metabolisme di dalam tubuh. Selain itu, sistem syaraf pusat pun dapat tertekan akibat dari terhambatnya proses metabolisme tadi. Dalam hal ini, hormon kortisol yang merupakan penyebab stres dapat membantu menumpuknya lemak di dalam perut.

7. Susu Rendah Lemak

Susu memang mengandung lemak, terutama susu full cream. Bagi Anda yang ingin mengkonsumsi susu atau yoghurt, lebih baik pilihlah yang rendah lemak atau bebas lemak. Susu yang rendah lemak yang dikonsumsi sebanyak 3 – 4 kali sehari dapat mengusir 70% lemak dari dalam tubuhnya. Dalam hal ini, susu memiliki kandungan kalsium yang berfungsi tombol untuk memerintahkan tubuh dalam pembakaran lemak yang berlebih. Oleh karena itu, usahakan untuk mengkonsumsi susu rendah lemak atau bebas lemak ketika sarapan. Lalu segelas yoghurt rendah lemak di siang hari dan segelas susu yang tidak mengandung lemak di sore harinya.

8. Libur Diet

Istilah libur berdiet memang begitu menggoda bagi seseorang yang sedang menjalankan program dietnya. Biasanya seseorang akan sukses melakukan dietnya apabila ia secara rutin benar-benar menjalankan program dietnya dengan baik. Meskipun ada banyak makanan yang tersedia di meja makan, Anda tetap kuat dan tidak tergoda untuk berhenti berdiet dan melahap makanan yang tersedia. Hal itulah yang membuat Anda mengalami kesulitan ketika diet.

9. Mencicipi Makanan

Tergoda untuk mencicipi makanan yang ada memang manusiawi. Apalagi, jika kita melihat beragam jenis makanan yang ada di hadapan kita seperti cake, puding dan sebagainya bisa membuat liur Anda menetes dan tergiur untuk melahapnya. Supaya rasa penasaran tersebut terbayar, Anda boleh kok mencicipi meskipun hanya secuil saja. Apabila Anda tetap menahannya, bisa memicu sikap rakus ketika Anda diperbolehkan makan dalam jumlah banyak. Hal tersebut bisa membuat diet Anda pun menjadi gagal.

10. Jangan Cepat Panik

Berat badan Anda biasanya akan turun jika program diet yang Anda jalani memang benar-benar tepat. Namun, Anda panik ketika di tengah jalan, proses penurunan berat badan Anda mulai melambat. Hal tersebut wajar kok. Tubuh Anda memang sedang beradaptasi sehingga pembakaran lemak yang melambat merupakan hal yang wajar.