Tips Sehat Membuat Gorengan Tanpa Takut Kolesterol

Beberapa orang masih berpendapat bahwa gorengan itu jenis makanan yang tidak sehat. Sehingga harus menyiksa diri untuk tidak mengkonsumsi aneka jenis gorengan yang ada. Padahal dampak tidak sehat yang dirasakan itu karena seseorang yang berlebihan saat mengkonsumsi gorengan. Salah satu dampak akibat kebanyakan konsumsi gorengan adalah kolesterol. Namun Anda akan tetap memiliki tubuh yang sehat ketika cara konsumsi gorengan juga dilakukan dengan benar.

Berikut Tips Membuat Makanan Gorengan Yang Sehat :

1. Menggoreng Gorengan Sendiri

Setiap kali Anda ingin mengkonsumsi gorengan, lebih baik goreng sendiri. Ini adalah cara yang sehat karena Anda dapat mengontrol kondisi minyak goreng yang baik digunakan untuk menggoreng. Ketika Anda membeli gorengan di tempat penjual gorengan, masih aman ketika Anda membeli pada gorengan pertama. Namun menjadi sumber kolesterol ketika Anda membeli dan mengkonsumsi gorengan dari hasil minyak goreng yang sudah digunakan untuk menggoreng berulang-kali. Minyak goreng memang bersumber dari nabati. Namun jika sudah menjadi minyak hitam dan jelantah, maka akan menjadi sumber kolesterol karena membawa senyawa radikal bebas.

2. Membatasi Penggunaan Minyak Goreng Maksimal Tiga Kali Penggorengan

Memang terlihat pemborosan namun semua demi kebaikan dan kesehatan tubuh Anda. Ketika Anda menggoreng gorengan, pastikan membatasi penggunaan minyak goreng. Cukup dengan tiga kali penggorengan kemudian ganti dengan minyak goreng yang baru. Meskipun kondisi minyak goreng masih berwarna cerah, tetap ganti. Sehingga baiknya adalah ketika hendak menggoreng gorengan, batasi seberapa banyak jumlah minyak goreng ketika hendak dipakai untuk tiga kali penggorengan. Sehingga Anda tidak perlu membuang minyak goreng dalam jumlah yang banyak.

3. Menggoreng Gorengan Dengan Matang Sempurna

Pastikan ketika Anda menggoreng gorengan dapat memasaknya matang sempurna. Tidak dalam keadaan setengah matang atau gosong. Kondisi gorengan yang dimasak dengan tuntas akan baik bagi kesehatan. Jika Anda menggoreng gorengan dalam keadaan yang tidak matang sempurna, maka akan cepat menimbulkan kondisi gorengan menjadi tengik. Dan itu jika Anda konsumsi jelas akan berisiko.

4. Menyaring Minyak Goreng Pada Makanan Secara Tuntas

Penting sekali memperhatikan cara yang satu ini. Setiap kali Anda menyaring makanan yang sudah matang dengan saringan, sebelum Anda letakkan di atas piring, pastikan minyak goreng yang ada pada makanan seminimal mungkin. Tentu lidah Anda juga tidak akan nyaman ketika harus mengkonsumsi makanan yang masih mengandung minyak goreng. Terlebih juga tidak baik mengkonsumsi gorengan yang masih berminyak. Dengan menyaring secara tuntas, akan membuat gorengan juga lebih nikmat untuk dikonsumsi dan lebih crispy.

Membatasi Konsumsi Gorengan Seminggu Sekali

Minimal seminggu sekali Anda harus batasi untuk mengkonsumsi gorengan. Jangan setiap hari mengkonsumsi makanan yang digoreng. Demi menjaga tubuh Anda tetap sehat. Seberapa sukanya Anda dengan gorengan, tetap perlu membatasi konsumsinya. Selain perlu membatasi minimal seminggu sekali. Anda juga perlu memperbanyak buah dan sayur agar tubuh Anda benar-benar sehat. Demi menetralisir toksin yang secara tidak langsung masuk dengan gorengan yang Anda konsumsi.