Tips Persiapan Memulai Bisnis yang Benar

Banyak pebisnis yang memulai bisnisnya dengan persiapan yang tidak benar. Akibatnya bisnis yang mereka jalankan akan macet di tengah jalan atau bahkan bisa mengalami kebangkrutan. Jika hal tersebut sampai terjadi dengan bisnis Anda, diperlukan energi yang sangat besar untuk memperbaikinya dan hari-hari Anda akan dihiasi dengan mimpi yang buruk. Tentu Anda tidak ingin hal semacam itu terjadi pada bisnis dan kehidupan Anda bukan?

Impian setiap pebisnis adalah menuai sukses dengan bisnis yang dijalankannya. Mempersiapkan dengan matang bisnis yang akan anda jalankan adalah hal yang harus anda kerjakan sebelum menjalankan bisnis Anda. Untuk itu diperlukan persiapan yang benar dalam memulai bisnis Anda.

Berikut ini adalah Tips persiapan dalam memulai bisnis Anda dengan benar

1. Tentukan Jenis Bisnis Anda

Tujuan orang terjun ke dunia bisnis adalah untuk mencari kebahagiaan dari usaha yang dugelutinya. Jika bisnis anda lancar dan menguntungkan tentunya kebahagiaanlah yang akan anda peroleh. Jika hari-hari anda disibukan oleh kegiatan yang anda sukai tentunya akan membuat anda bahagia bukan ?…Jadi kesimpulanya adalah tentukan bisnis apa yang paling anda inginkan.

2. Lakukan Riset

Riset / Penelitian atau studi kelayakan suatu bisnis harus betul-betul dilakukan sebelum anda menjalankan suatu bisnis. Hampir semua pebisnis besar selalu menjalankan bisnisnya setelah mereka melakukan studi kelayakan. Setelah study kelayakan diperoleh, bahkan banyak pebisnis yang harus membatalkan menjalankan bisnis yang diimpikanya karena ternyata keuntungan yang diperoleh tak sesuai dengan yang diinginkanya atau bahkan diluar dugaanya, bisnisnya kelak akan membuat mereka bangkrut.

3. Kembangkan Kemampuan Anda

Jika anda telah menentukan jenis bisnis pilihan anda, langkah selanjutnya adalah membekali diri anda dengan kemampuan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis anda. Tujuanya adalah, agar jika suatu saat anda menemui masalah dengan bisnis anda maka anda bisa memutuskan dan dapat mengambil tindakan dengan cepat dan benar untuk mengatasi masalah yang terjadi dengan bisnis anda sehingga bisnis anda bisa segera berjalan normal kembali dan dapat terus memberikan keuntungan buat anda. Jadi mempersiapkan kemampuan anda yang berhubungan dengan bisnis anda adalah jawabanya.

4. Siapkan Modal Usaha

Tentukan berapa modal usaha yang anda perlukan untuk menjalankan bisnis anda sampai bisnis anda benar-benar berjalan dan menguntungkan. Banyak orang yang kurang jeli dalam mempersiapkan modal usaha, dan ketika usahanya belum memberi keuntungan dan masih memerlukan modal tambahan, mereka sudah kehabisan modal dan bahkan tidak mampu lagi untuk mencari sumber pinjaman untuk usaha mereka. Akibatnya bisnis mereka macet ditengah jalan karena kekurangan modal atau karena kalah bersaing dengan kompetitor bisnis mereka.

Contoh modal usaha / bisnis yang perlu dipersiapkan

  • Modal usaha untuk perijinan, jika ada.
  • Modal usaha untuk menyewa, membeli dan membangun tempat kerja.
  • Modal usaha untuk biaya operasional ( pegawai,listrik,air,pajak dan sebagainya ).
  • Modal usaha untuk biaya pemeliharaan.
  • Modal usaha untuk promosi dan pemasaran.
  • Modal usaha cadangan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar dan lain sebagainya.

5. Persiapan Lokasi Bisnis

Penentuan dimana lokasi untuk menjalankan bisnis anda merupakan hal yang sangat penting untuk anda persiapkan dengan benar dan matang sebelum memulai bisnis anda. Kesalahan menentukan lokasi bisnis akan berakibat fatal dalam kelangsungan bisnis anda. Coba anda bayangkan bila bisnis anda berlokasi di daerah yang rawan konflik, bisnis anda berlokasi di daerah rawan banjir, bukankah itu sama saja anda telah menghambur hamburkan uang anda.

6. Persiapan Tenaga Kerja

Tentukan berapa banyak anda akan membutuhkan tenaga kerja untuk menjalankan bisnis anda. Tentukan tenaga kerja jenis apa saja yang akan anda butuhkan untuk menjalankan bisnis anda. Apakah tenaga kerja yang akan anda butuhkan tersedia dan bagaimana cara anda untuk mendapatkan tenaga kerja tersebut.

7. Pemasaran dan Promosi

Tanpa adanya promosi dan pemasaran, jangan harap bisnis yang anda kelola akan memberikan keuntungan sesuai dengan yang anda harapkan. Bisa jadi orang sedang mencari produk barang atau jasa yang anda hasilkan melalui bisnis anda, akan tetapi karena kurang atau bahkan tidak adanya promosi dan tenaga pemasaran, maka mustahil konsumen akan membeli produk anda karena mereka tidak pernah melihat atau mendengar bahwa bisnis anda menyediajkan produk yang mereka perlukan.

Dengan merencanakan metode pemasaran dan promosi produk dengan persiapan yang benar maka diharapkan produk dari bisnis anda akan sampai kepada konsumen dan memberikan keuntungan bagi bisnis / usaha anda.

Jika semua persiapan tersebut sudah anda lakukan dengan matang maka anda dapat memulai langkah selanjutnya dengan menjalankan ide bisnis anda. Akan tetapi persiapan yang matang juga tidak akan ada hasilnya jika anda tidak mempunyai keberanian untuk segera memulai menjalankan ide bisnis anda. Tidak ada yang sempurna di dunia ini, semua penuh dengan resiko kegagalan. Persiapan memulai usaha dengan benar dan matang bukan untuk menghilangkan resiko kegagalan akan tetapi untuk meminimalisir resiko kegagalan dalam berbisnis.

Jadi pertanyaanya adalah, sudah siapkah Anda untu memulai bisnis Anda ?