5 Tips Membuat Artikel Di Blog Bagi Pemula

Gambar Wanita Menulis Artikel di laptop

Tips Pemula Membuat Artikel Di Blog

 

Semakin banyak penulis yang membuat artikel di blog, semakin sulit juga bagi pemula menghadirkan informasi yang baru dan unik. Bagi pemula, mau menulis apa lagi? Semua informasi sudah ada di internet, khususnya di blog. Hal ini yang membuat sebagian besar pemula sulit menulis. Perlu cara khusus agar bisa membuat artikel di tengah pesaingan artikel.

Tetapi, apapun jenis artikel yang sudah ada di internet, tulisan artikel terbaik dari penulislah yang perlu diutamakan dalam membuat artikel di blog. Mungkin tulisannya sudah ditulis orang lain. Tetapi, penulis sudah menghadirkan karya tulisannya yang berbeda dan bermanfaat.

Bagaimana tips khusus membuat artikel di blog bagi pemula?

 

1. Tulisan untuk Mengembangkan Kualitas Pribadi

Banyak penulis blog yang tidak memikirkan pengembangan kualitas. Karena, alasan membuat blog sendiri hanya untuk mencari uang. Kebanyakan tulisan di blognya berasal dari tulisan orang lain, sekalipun di-rewrite.

Bila penulis pemula mau mahir membuat artikel untuk/di blog, kegiatan menulisnya harus bertujuan untuk mengembangkan kualitas pribadi. Topik tulisan apa yang disukai dan ingin didalami, itu yang harus dikembangkan.

 

2. Berfokus Pada Niche Tulisan Artikel

Banyak penulis pemula yang berambisi menulis berbagai macam topik/tema. Memang terasa mudah mencari judul dengan blog gado gado yng terdiri dari beragam niche, akan tetapi kualitasnya pasti kurang meyakinkan. Apalagi jika menulis di blog untuk mendapatkan banyak visitor / trafik tentu artikel kita harus bisa bersaing dengan ribuan artikel dengan judul yang sama di internet. Jika kita terbiasa membangun blog dengan satu niche tentu saja artikel kita akan lebih berkualitas seiring berjalanya waktu.

Mungkin mereka ingin mengembangkan kualitas di banyak bidang. Tetapi, alangkah baiknya mengembangkan tulisan pada niche/fokus topik artikel.

Ada catatan dalam niche, fokus tema/topik yakni mengambil topik menulis dengan cakupan yang luas sebagai berikut:

  • Topik bisnis-ekonomi,
  • Topik pendidikan,
  • Topik hubungan sosial,
  • Topik kesehatan,
  • Topik teknologi,
  • Dan yang lainnya.

Pilih salah satu untuk kemahiran membuat artikel di blog.

 

3. Melatih Menulis Berdasarkan Kata Kunci Sebagai Ide Menulis

Banyak penulis sulit mencari ide tulisan artikel. Hal ini yang membuat jarang meng-update tulisan. Cara terbaik mendapatkan ide membuat tulisan di blog adalah dengan berfokus pada kata kunci.

Kata kunci adalah target topik pembahasan, bisa berbentuk kata kunci pendek (short tail keyword) atau kata kunci panjang (long tail keyword). Ada baiknya, penulis pemula memilih kata kunci panjang sebagai ide membuat tulisan di blog.

Cara mencari kata kunci:

  • Kunjungi situs berita ternama
  • Lihat kategori yang diminati
  • Lihat kumpulan artikelnya
  • Ambil kata kunci tulisan yang menarik untuk ditulis

Contoh kata kunci yang dipilih: ‘cara membuat artikel di blog’

Tentunya, pembahasan artikel mencakup pembahasan ‘cara membuat’; pembahasan seputar ‘artikel’ itu sendiri; dan dilanjutkan dengan kepentingannya di ‘blog’. Hal ini dilakukan untuk pemula. Seperti itulah cara pembahasanya.

Ketika sudah berfokus menulis sesuai kata kunci, berarti penulis sudah memenuhi syarat menulis artikel standar SEO.

 

4. Mengawali Menulis dengan Membuat Sub Judul

Sebagai pemula, banyak yang kesulitan menghentikan tulisan atau mengakhiri tulisan. Penyebabnya bisa karena tidak diawali dengan membuat sub judul artikel. Alangkah baiknya untuk memikirkan sub judul terlebih dahulu sebelum menulis artikel.

Ciri khas membuat artikel di blog biasanya menghadirkan sub-sub judul pembahasan dan juga per point-nya. Artikel yang memiliki sub judul jauh lebih diminat pembaca.

 

5. Membiasakan Menulis Memakai Kata Baku

Cara membuat artikel di blog harus tetap mementingkan kata baku. Di samping terlihat profesional, juga bisa memaksimalkan kualitas kunjungan dari Google.

Bagi pemula, menulis formal akan terasa menyulitkan. Tetapi, kalau masih terasa menyulitkan, tandanya masih butuh pengalaman membuat artikel di blog.

Jalani saja proses menulisnya, sebisanya. Apalagi, tujuan membuat artikel di blog adalah untuk pengembangan kualitas. Jadi, menjalani proses menulis artikel seperti menjalani proses membangun kualitas pribadi.