Tips Nyaman Saat Perjalanan Mudik

Agar Perjalanan Anda saat Mudik terasa nyaman, berikut adalah sedikit tipsnya :

1. Mudik Malam Hari

Ketika mudik, sering kali waktu tempuh menuju ke tempat tujuan tidak pernah bisa diprediksi. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh berbagai kemungkinan seperti ngantuk yang bisa kapan saja melanda, macet hingga jalanan yang rusak dan terjal. Oleh karena itu, ada baiknya ketika mudik segera cukupi kebutuhan tidur Anda dan pilihlah waktu mudik di malam hari karena kondisi suhu udara di malam hari lebih bersahabat daripada di siang hari yang terik.

Selain udara malam hari lebih bersahabat, kondisi jalan di malam hari pun akan lebih lengang. Sedangkan bila Anda memilih perjalanan di siang hari, kemungkinan mengalami dehidrasi akan lebih besar. Dehidrasi yang Anda alami tersebut bisa membuat konsentrasi dan fokus Anda terganggu. Apabila fokus Anda sudah mulai terganggu, sebaiknya manfaatkanlah tempat istirahat atau rest area untuk melakukan relaksasi pada kaki, tangan dan leher. Anda bisa melakukan olahraga kecil dengan cara itu.

2. Tidur 6 Jam Sebelum Mudik

Jangan lupa untuk perhatikan juga jam tidur sebelum melakukan perjalanan. Sebelum melakukan keberangkatan, kamu harus memperhatikan minimal tidur sebelum keberangkatan adalah 6 jam. Tujuannya agar tubuh dapat bekerja lebih optimal sebelum perjalanan.

3. Karbohidrat

Selain memperhatikan kualitas tidur, Anda juga perlu memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Ketika mudik, Anda tidak boleh lupa memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Pasalnya, hal tersebut bisa membuat Anda mudah cepat lelah dan konsentrasi Anda pun menjadi terganggu saat berkendara.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, kentang, beras merah, roti gandum dan lainnya. Camilannya, pilihlah buah-buahan seperti pisang. Hindari juga makanan yang memiliki rasa asin seperti keripik yang mengandung banyak garam. Makanan asin yang mengandung banyak garam bisa menyebabkan dehidrasi dan rasa haus yang lebih cepat.

4. Cukup Minum

Ketika dehidrasi menyerang Anda, tubuh pun menjadi mudah lelah. Konsentrasi dalam berkendara pun menjadi berkurang. Selain itu, ada banyak masalah lain seperti gangguan yang bisa terjadi pada jantung, ginjal dan berbagai macam jenis penyakit lainnya. Anda yang akan melakukan perjalanan jauh, sebaiknya Anda jangan lupa untuk tetap memperhatikan asupan cairan yang tepat. Usahakan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter setiap harinya. Anda juga bisa memilih air kelapa atau minuman elektrolit untuk menjaga cairan dalam tubuh Anda tetap dalam kondisi baik.