Tips Menjaga Kesehatan di Malam Hari

Berikut ini adalah beberapa tips agar Anda tetap sehat saat melakukan Aktifitas di malam hari :

BEKERJA DI MALAM HARI

Bekerja akan menjadi aktivitas yang menyenangkan terutama bagi Anda yang bekerja dengan passion. Namun, meskipun begitu Anda perlu mengingat, bekerja itu ada batasannya, lho. Bekerja terlalu lama juga tidak baik untuk tubuh karena dapat berdampak pada menurunnya kesehatan.

Kini, bekerja bukan lagi tuntutan. Namun suatu kebutuhan bagi kebanyakan orang. Bekerja telah menjadi salah satu aktivitas yang tidak dapat terpisahkan dari Anda yang telah menginjak usia dewasa. Bekerja juga telah mendominasi kehidupan seseorang yang telah mengerti pentingnya berkarya dan mencari penghasilan demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Bekerja boleh saja, tapi Anda harus tetap mengingat pentingnya hidup sehat. Jangan pernah mengesampingkan kesehatan hanya demi materi yang berlimpah. Pasalnya, kita juga tidak akan bisa mendapatkan banyak materi jika tidak bisa menjaga kesehatan dengan baik dan benar. Oleh karena itu, selalu perhatikanlah waktu kerja. Jangan sampai Anda mengorbankan kesehatan hanya untuk pekerjaan yang Anda sukai.

Tahukah Anda? Ternyata kebiasaan menerima kerja lembur dari atasan bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Begitu pula dengan seseorang yang sering melakukan kerja shift malam, kesehatannya akan lebih mengkhawatirkan daripada seseorang yang bekerja dengan jam normal. Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa dampak buruk yang perlu Anda waspadai. Berangsur-angsur beberapa dampak inilah yang pada akhirnya bisa menjadi penyebab rusak kesehatan Anda.

1. Terjadinya Gangguan Pada Siklus Tidur Anda

Ketika Anda sudah terbiasa tidur di malam hari, namun tiba-tiba siklus tidur Anda pun berubah di siang hari akibat terlalu sibuk bekerja di malam hari bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada kesehatan Anda. Badan menjadi terasa lebih lelah dari biasanya. Selain itu, Anda juga akan mengalami pusing-pusing, tidak mudah fokus, insomnia bahkan bisa menyebabkan fungsi kognitif.

2. Terjadi Masalah Pada kehamilan

Bagi Anda yang wanita, bekerja hingga lembur ataupun shift di malam hari akan berdampak sangat tidak baik pada kekuatan sistem reproduksi. Sistem reproduksi Anda pun akan menjadi lebih rentan seiring dengan melemahnya kondisi tubuh Anda yang semakin tidak stabil setiap harinya. Hal tersebut dapat memicu terjadinya gangguan pada masa kehamilan Anda.

3. Diabetes

Ternyata ada banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kebiasaan kerja hingga larut malam atau kerja shift di malam hari juga bisa memicu timbulnya diabetes. Resiko terserang penyakit diabetes dapat meningkat akibat naiknya kadar gula dalam darah jika secara terus menerus bekerja di malam hari. Bahkan bekerja atau begadang di malam hari juga bisa memicu timbulnya penyakit kanker.

4. Menyebabkan Obesitas

Tahukah Anda? Ternyata orang yang suka begadang di malam hari akan lebih rentan terhadap resiko kegemukan. Selain memicu kegemukan, ternyata begadang di malam hari bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit serius yang berhubungan dengan jantung. Oleh karena itu, berusahalah untuk tidak kerja hingga larut malam ataupun bekerja dengan shift malam.

Selain beberapa dampak di atas, kerja di malam hari bisa menimbulkan beragam resiko lainnya. Beberapa resiko yang bisa saja timbul diantaranya adalah seperti kecelakaan lalu lintas ataupun kecelakaan di tempat kerja. Hal tersebut disebabkan akibat kurangnya konsentrasi atau hilangnya fokus. Oleh karena itu, istirahat sangatlah diperlukan di malam hari. Jadi, sebaiknya Anda pilihkan pekerjaan yang memiliki jam kerja pada umumnya sehingga tidak membuat Anda memaksakan diri untuk bekerja di malam hari.

Kerja dengan baik itu memang perlu. Tapi Anda harus selalu mengingat manfaat dan kerugian dari setiap pekerjaan Anda terima. Jika kerugian yang Anda terima kelak akan lebih besar dibanding dengan manfaatnya, cobalah berpikir sejenak sebelum benar-benar menerima pekerjaan yang ditawarkan kepada Anda.

KEBIASAAN YANG MENGGANGGU TIDUR MALAM

Tidak jarang beberapa orang akan merasakan pusing, kepala berat, bangun kesiangan ketika pagi hari. Alasannya karena tidur malam mereka tidaklah nyenyak. Lalu mengapa bisa demikian tentu ada penyebabnya. Penyebab pasti adalah sebelum tidur, Anda sering melakukan kebiasaan yang salah sehingga mengganggu proses tidur minimal delapan jam sehari. Apakah dari kebiasaan di bawah ini masih sering Anda lakukan sebelum tidur malam? Jika iya, tampaknya harus dihindari agar tidur malam Anda benar-benar nyenyak.

1. Berhadapan Dengan Gadget Sampai Mata Mengantuk

Seiring dengan kelajuan teknologi membuat orang-orang tidak ingin lama-lama terlepas dari gadget. Bahkan sebelum tidur malam, gadget harus masih terpegang di kedua tangan. Pada akhirnya, Anda tidak sadar sudah terlelap dengan keadaan gadget masih tergenggam di tangan atau jatuh di sisi tempat tidur begitu saja. Gadget smartphone, handphone, tablet, bahkan laptop harus tidak Anda hadapi ketika hendak tidur malam. Jangan paksa otak untuk berhadapan dengan sinyal gadget sebelum tidur. Jika Anda perlu bekerja ketika malam hari dengan laptop, maka lebih baik tidak dilakukan di kemudian hari. Aturlah waktu agar waktu tidur Anda tidak harus bersinggungan dengan gadget. Entah jenis apapun itu meskipun hanya smartphone sekadar hanya berchatting ria. Sinyal gadget akan mempengaruhi kualitas tidur malam Anda menjadi tidak nyenyak.

2. Mendengarkan Alunan Lagu

Ini menjadi kebiasaan yang juga banyak orang lakukan sebelum tidur. Padahal jelas-jelas akan membuat tidur mereka menjadi tidak nyenyak. Mendengarkan alunan lagu dari radio, tablet, smartphone sebaiknya dihindari. Ketika badan sudah lelah, otak pun demikian, namun telinga mau tidak mau diajak untuk merespon suara alunan lagu, maka setengah sadar dan tidak saat Anda tidur. Samar-samar Anda mendengarkan alunan lagu padahal mata sudah terpejam. Apalagi radio atau apapun yang Anda gunakan untuk menyetel lagu tidak dimatikan hingga pagi. Maka yang terjadi adalah di jam tertentu, Anda akan terbangun karena mendengar alunan lagu. Dan itu jelas mengganggu tidur Anda.

3. Lampu Yang Terlalu Terang

Pentingnya menggunakan lampu tidur yang samar-samar maupun lebih baik mematikan lampu saat tidur adalah agar Anda dapat tidur dengan nyenyak. Jika Anda takut kegelapan saat tersadar di tengah tidur, maka gunakan saja lampu yang temaram tidak menyilaukan mata. Sebagai contoh, kamar Anda diterangi oleh lampu berdaya dua puluh watt. Ketika tidur, nyalakan lampu dengan berdaya lima watt, maka tidur Anda akan menjadi nyenyak.

4. Menikmati Hangatnya Kopi Di Malam Hari

Minum kopi umumnya dipilih untuk menemani waktu begadang Anda di malam hari. Cara yang terbilang efektif untuk menghilangkan rasa kantuk. Sehingga Anda tetap dapat bekerja semalam suntuk sampai menjelang pagi.

  • Namun pernahkah Anda mendengar atau melihat seseorang yang berusaha menghilangkan rasa kantuk dengan minum kopi namun tidak berhasil?
  • Mengapa pengaruh yang ditimbulkan oleh kopi dapat berbeda-beda bagi setiap orang?
  • Pernahkah pertanyaan itu terlintas dalam benak Anda?
  • Apakah Anda sudah memperoleh jawaban dari pertanyaan tersebut?

Ternyata di dalam biji kopi terdapat senyawa yang mampu menimbulkan pengaruh berbeda-beda bagi setiap orang. Senyawa tersebut kemudian akan memberikan pengaruh pada sistem metabolisme seseorang yang minum kopi. Secara langsung sistem metabolisme akan dipengaruhi oleh enzim yang nantinya memberikan pengaruh Anda akan tetap mengantuk ataukah tidak saat minum kopi. Perbedaan pengaruh yang ditimbulkan setelah minum kopi pada setiap orang ternyata karena perbedaan dari sifat genetik. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

a. Senyawa Yang Bertindak Seolah-Olah Sebagai Inhibitor

Senyawa yang dimaksud di atas pada biji kopi tentu saja senyawa kafein. Senyawa kafein bertindak seolah-seolah sebagai inhibtor menggantikan kerja dari enzim sitokrom. Normalnya, enzim sitokrom akan mempengaruhi adenosin untuk memberikan kesegaran di dalam tubuh Anda setelah minum kopi. Sehingga menimbulkan pengaruh tubuh orang yang minum kopi menjadi tidak mengantuk. Senyawa kafein tidak sembarang bertindak sebagai inhibitor. Dalam pembahasan ini, senyawa kafein dikenal sebagai inhibitor fosfodiesterase nukleotida lingkar. Yaitu, yang bertugas sebagai reseptor dari kerja adenosin. Adenosin sendiri merupakan senyawa yang membuat Anda dan setiap orang merasakan kantuk. Ketika Anda minum kopi, maka senyawa kafein akan menggantikan kedudukan dari adenosin agar Anda tidak jadi mengantuk. Secara struktur un senyawa adenosi dengan senyawa kafein hampir sama.

b. Pengaruh Enzim CYP 1 A2-1 Pada Sistem Metabolisme

Sistem metabolisme setiap orang berbeda dan itulah yang membuat pengaruh senyawa kafein dirasakan berbeda. Enzim sitokrom memberikan pengaruh pada senyawa kafein untuk melakukan metabolisme. Jika Anda termasuk orang yang memiliki genetik enzim CYP 1 A2-1, maka pengaruh yang dirasakan setelah minum kopi adalah tidak mengantuk. Sebab di dalam tubuh Anda, senyawa kafein dari minuman kopi mampu dimetabolisme. Kerja metabolisme di dalam tubuh berlangsung dengan cepat dan tentu saja efisien. Kemudian memberikan pengaruh secara nyata dalam tubuh yang menandakan bahwa tubuh Anda mudah dirangsang oleh keberadaan dari senyawa kafein. Jadi, keberadaan enzim CYP 1 A2-1 ditubuh Anda memberikan pengaruh yang positif.

c. Pengaruh Enzim CYP 1 A2-2 Pada Sistem Metabolisme

Namun jika Anda termasuk orang yang memiliki genetik enzim CYP 1 A2-2, maka pengaruh yang dirasakan setelah minum kopi adalah tetap saja mengantuk. Atau bahkan membuat jantung Anda berderbar-debar dan tidak tenang. Sebab di dalam tubuh Anda, senyawa kafein dariminuman kopi tidak mampu mempengaruhi kerja dari enzim sitokrom. Secara langsung memberikan rangsangan seluruh tubuh yang menimbulkan pengaruh Anda tetap mengantuk atau jantung berdebar. Jika Anda memiliki enzim CYP 1 A2-2 lebih baik tidak sering minum kopi agar kesehatan tubuh terjaga dengan baik. Jadi, keberadaan enzim CYP 1 A2-2 ditubuh Anda memberikan pengaruh yang negatif dan bahkan dapat menimbulkan sakit.

Itulah pembahasan dan penjelasan mengapa Anda dan setiap orang yang minum kopi memiliki pengaruh yang berbeda. Ternyata dipengaruhi oleh kerja senyawa kafein, enzim sitokrom, serta enzim CYP 1 A2-1 atau enzim CYP 1 A2-2 di dalam tubuh.

5. Melakukan Olahraga Sebelum Tidur

Olahraga memang menyehatkan asalkan dilakukan pada waktu tepat. Ketika olahraga dilakukan pada waktu malam hari, maka bukanlah waktu yang tepat. Memang badan Anda menjadi segar. Namun Anda akan kesulitan untuk tidur malam. Badan segar membuat Anda semakin terjaga. Ketika badan seharusnya digunakan untuk istirahat tidur, namun menjadi sebaliknya. Jika ingin olahraga, lebih baik di waktu pagi atau sore hari.

Kualitas tidur malam hari harus dijaga demi bangun pagi yang lebih segar dan badan sehat. Minimal delapan jam tidur malam hari. Jaga pola tidur dan jauhi kelima kebiasaan yang mengganggu tidur malam Anda selama ini.

MAKAN COKLAT DI MALAM HARI

Bagi Anda para pekerja yang sering mengalami kelelahan, pasti memiliki keinginan untuk melepas lelah di rumah. Keinginan tersebut bisa dilakukan dengan bermalas-malasan sambil menonton tv berserta camilan yang tidak boleh tertinggal. Tidak ada yang lebih menyenangkan selain bersantai di rumah. Tapi Anda juga tidak boleh lupa, ngemil di malam hari sangat tidak baik. Ngemil saja bisa membuat tubuh Anda gemuk, apalagi jika dilakukan di malam hari.

Jika Anda memang ingin ngemil, sebaiklah pilih makanan sehat yang memiliki sedikit kalori. Makanan sehat yang bisa Anda pilih seperti buah-buahan atau sayuran. Pilihlah makanan yang ingin Anda konsumsi di malam hari untuk mencegah kegemukan. Terutama makanan manis, seperti cokelat.

Cokelat memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Pasalnya, cokelat memiliki kemampuan untk melepas stres dan membuat Anda bisa lebih bahagia. Namun, cokelat juga memiliki efek negatif yang harus kita hindari. Cokelat memiliki kandungan lemak dan gula dalam jumlah banyak sehingga membuat tubuh akan menjadi gemuk lebih cepat. Selain itu, cokelat memiliki kadar kafein sama dengan kopi. Apalagi dark cokelat sangat tidak baik apabila Anda mengkonsumsinya sebelum tidur.

Malam hari memang waktu yang tepat untuk istirahat. Namun, apabila Anda mengkonsumsi cokelat, dikhawatirkan tubuh Anda malah terjaga. Akibatnya waktu tidur yang Anda butuhkan jadi berkurang. Semakin hitam cokelat, semakin tinggi pula kadar kafein yang ada di dalamnya.

Dark cokelat memang lebih sehat dibanding dengan jenis cokelat lainnya. Tapi, cokelat bukan untuk dikonsumsi pada malam hari. Kandungan theobromine pada cokelat dapat mengakibatkan jantung berdetak lebih cepat. Kandungan itulah yang menyebabkan Anda sulit tidur.

Jika Anda tetap mengkonsumsi cokelat di malam hari merupakan kesalahan terbesar yang dapat mengganggu kesehatan Anda. Dampaknya, selain Anda tidak bisa tidur nyenyak, Anda tidak akan bisa mendapatkan tubuh ideal. Oleh karena itu, jauhi cokelat sebisa mungkin dan terapkan gaya hidup sehat.

MAKAN PEDAS DI MALAM HARI

Pernahkah Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari? Jika pernah, pasti ada yang salah dengan kebiasaan Anda sebelum tidur. Kesalahan tersebut bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Namun, ada pula yang disebabkan oleh makanan. Lalu jenis makanan seperti apa yang bisa mengganggu aktivitas tidur? Simak pembahasan berikut ini untuk mengetahui informasinya lebih lanjut.

Sebagian orang belum banyak yang tahu bahwa makanan pedas bisa menjadi salah satu penyebab kita mengalami kesulitan tidur di malam hari. Oleh karena itu, sudah saatnya Anda mulai menghindari makan makanan pedas di malam hari. Apabila Anda tetap melakukan hal tersebut, jam tidur pun menjadi terganggu. Pasalnya, pada malam hari sistem pencernaan kita mengalami penurunan aktivitas. Sedangkan untuk mencerna makanan pedas, pencernaan membutuhkan banyak energi. Ketika Anda makan makanan pedas di malam hari, pencernaan akan banyak berkontraksi sehingga membuat Anda sulit tidur.

Akibat kontraksi ini, kualitas tidur Anda pun menurun sehingga suhu tubuh meningkat. Tidur Anda pun tidak nyenyak dan mudah terbangun di malam hari. Dari kasus ini, tubuh akan sulit menyesuaikan diri karena pencernaan bekerja secara penuh. Selain itu, makanan pedas dapat merangsang mimpi buruk akibat komposisi yang terdapat di dalam makanan pedas.

Jika Anda memang ingin makan makanan pedas, sebaiknya dilakukan 3 jam sebelum tidur agar pencernaan Anda tidak mengalami gangguan.

MAKAN MALAM HARI BAGI YANG SEDANG DIET

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet pasti akan berpikiran makan di malam hari dapat menggagalkan diet Anda. Namun jangan salah, pergi tidur dalam kondisi lapar juga tidak baik untuk dilakukan. Kondisi perut yang lapar akan menyebabkan Anda susah tidur. Bukannya menjadi kurus tapi waktu istirahat Anda akan terganggu.

Jika Anda dalam kondisi lapar sebelum tidur sebaiknya Anda makan terlebih dulu. Apabila Anda takut gemuk, takarlah porsi makanan yang akan dikonsumsi. Caranya adalah dengan membagi waktu makan malam Anda menjadi 2 kali. Pertama, makanlah karbohidrat di sore hari. Kedua, apabila Anda lapar, makanlah serat seperti sayuran atau buah-buahan di malam hari.

Anda tidak perlu takut gemuk jika makan di malam hari. Hal tersebut dikarenakan masing-masing tubuh manusia memerlukan takaran kalori yang berbeda-beda. Jika makanan yang Anda konsumsi tidak melebihi kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda, itu tidak masalah. Tubuh Anda juga tidak akan mengalami kegemukan. Asalkan Anda bisa memilih makanan yang tepat untuk di konsumsi di malam hari.

Itulah beberapa tips kesehatan di malam hari.

Semoga bermanfaat.