Tips Menjadi Reseller Online Shop Pemula

Gambar Belajar Bisnis Pemula

Tips Menjadi Reseller Online Shop Pemula

Reseller bisa disebut orang yang berjualan.Bisa juga disebut sistem penjualan itu sendiri. Namun, reseller adalah penengah penjualan grosir dengan konsumen. Arti reseller sendiri adalah pengecer, lebih ke orangnya. Reseller sudah menjadi sebutan untuk sistem penjualan. Masalah reseller ini yang perlu dipahami.

Disini, pembahasan tips menjadi reseller online shop diperuntukkan untuk para reseller pemula. Yakni para pengecer yang berjualan produk untuk para konsumen biasa. Cara berjualannya secara online yang biasa disebut online shop.

Bila sudah berjualan secara online, langkahnya bisa menjadi sulit pada hal-hal yang berurusan dengan teknologi online shop.

 

1. Menguasai Hal Teknis Operasional Online Shop

Biasanya, situs marketplace dirancang agar mudah dijalankan untuk orang yang tidak paham teknologi. Lebih baik, berfokus menggunakan satu situs marketplace untuk membuat online shop sampai benar-benar menguasai.

Kecuali, reseller sudah mahir menjalankan teknis operasional online shop yang ada di marketplace.

 

2. Mengawali Dengan Cara Dropship

Biasanya, reseller berbelanja sesuai ketentuan harga grosir ke pihak suplier. Lalu, si reseller menyetok produknya di toko, baik secara online atau ofline.

Berbeda kalau reseller menggunakan cara dropship. Belanja produk ketika ada pemesan saja. Lalu, reseller menyampaikan jumlah produk pesanan ke pihak reseller. Di sini, suplier akan mengurusi permintaannya sampai dikirim ke tangan konsumen.

Cara menjadi reseller online shop yang menggunakan penjualan sistem dropship.

  • Mengandalkan suplier satu kota.
  • Bisa mengandalkan suplier beda kota asalkan menunjukkan alamat asli si reseller.
  • Jangan mengambil dua suplier dalam satu media penjualan.
  • Menyediakan sistem bonus berlangganan guna untuk mempertahankan konsumen agar tidak membeli langsung ke suplier.
  • Menyatakan diri bahwa reseller berjualan menggunakan sistem dropship. Karena penjualanya bersifat pre-order.

Catatan: Bila ingin memilih dropship lintas kota, ada baiknya tidak berjualan menggunakan situs marketplace. Solusinya membuat situs penjualan sendiri yang tidak terikat aturan pengiriman.

 

3. Memilih Produk Laris Yang Murni Karena Diminati

Ada suplier yang berjualan produk mengiming-imingi bonus referral, yakni apabila berhasil mengajak reseller bergabung, bisa mendapatkan bonus, biasa disebut referral/affiliate. Penjualan seperti ini terkesan banyak peminat. Padahal, repeat order-nya dianggap minus.

Pada intinya, cara memilih produk laris adalah dengan mengamati kondisi anda sendiri, apakah berminat atau tidak. Bila tidak berminat, anda tidak perlu lanjut. Bila anda berminat berlangganan, kemungkinan ada orang yang berminat lagi.

Banyak suplier yang memang membuat sistem membership untuk mengajari menjadi reseller online shop yang sukses. Hal ini sebenarnya pemikat agar mau membeli produknya dengan cara membership. Tetapi, produk yang dijual sebenarnya adalah produk yang kalah bersaing.

 

4. Meningkatkan Kunjungan Online Shop

Cara sukses menjadi reseller online shop adalah mengutamakan membangun pelanggan. Sayangnya, bagi reseller pemula mendapatkan pelanggan tidaklah mudah. Perlu mengoptimalkan dalam segi mendapatkan kunjungan di online shop milik reseller.

Tetapi banyak reseller malas membangun kunjungan untuk online shop. Salah satu yang membuat malas adalah produk yang dijual bukan produk olahan sendiri. Apalagi berjualan secara dropship, kemalasannya meningkat dua kali lipat.

Rajin upload produk di sosial bukan dianggap rajin berjualan. Hal ini perlu menjadi perhatian.

Apa solusi terbaik untuk mendapatkan pengunjung?

  • Beriklan dengan memperhatikan nilai keuntungan.
  • Membuat blog dengan memuat tema kedaerahan seperti wisata, kuliner dan sebagainya.
  • Membuat akun Instagram profesional dengan mengandalkan hastag pada postingannya.

Sebelum melakukan langkah di atas, apakah produk yang anda jual berpotensi berlangganan pada anda? Hal ini yang perlu diperhatikan bila mau menjadi reseller online shop pemula agar sukses.