Tips Mengelola Gaji Kecil Agar Bisa Memiliki Rumah

Hampir semua orang ingin memiliki rumah. Apalagi mereka yang sudah berkeluarga. Tentu menjadi kurang nyaman jika harus tinggal satu atap dengan orang tua ataupun mertua sendiri. Dengan sudah berkeluarga, maka tanggung-jawab orang tua terhadap anak sudah lepas dalam arti kemandirian. Namun tanggung jawab anak terhadap orang tua tentu tidak pernah lepas. Lalu jika gaji Anda dan pasangan hanya kecil. Bahkan tidak sampai lima juta rupiah jika digabungkan, apakah mungkin untuk dapat melakukan kredit rumah murah? Tentu saja bisa, namun perlu bersabar karena perlu waktu untuk mempersiapakan itu semua. Kemudian ajaklah pasangan Anda untuk mengatur keuangan agar suatu hari nanti Anda dapat memiliki rumah meskipun dengan kredit.

Buka Tabungan Untuk Membeli Rumah

Bukalah tabungan khusus untuk tabungan membeli rumah. Anggarkanlah berapa banyak uang yang harus Anda tabung di bank. Namun biasanya Anda dapat bertanya ke bank ketika hendak membuka tabungan khusus untuk membeli rumah. Pihak bank akan menjelaskan kepada Anda mengenai syarat dan ketentuan dalam membuka tabungan tersebut. Pastikan pula bank yang Anda pilih untuk menabung tersebut juga Anda gunakan untuk membantu mewujudkan impian Anda untuk membeli rumah. Sehingga ketika Anda sudah siap untuk melakukan kredit rumah, dapat dipermudah dan langsung mengurusnya melalui bank yang Anda pilih untuk menabung tersebut.

Sisihkan Gaji Untuk Investasi Emas

Selain Anda perlu memiliki tabungan di bank, Anda juga perlu memiliki tabungan dalam bentuk emas. Belajarlah untuk menginvestasikan emas. Usahakan Anda dapat membeli emas batangan di harga saat sedang turun. Kemudian baru akan menjualnya ketika harga emas batangan sedang naik. Memiliki tabungan emas batangan memang akan membantu Anda untuk mempercepat mewujudkan keinginan dalam melakukan kredit rumah. Sebab emas merupakan tabungan yang memiliki harga tinggi di pasaran. Jika sewaktu-waktu tabungan Anda belum mencukupi untuk membayar kredit rumah, tentu saja beberapa tabungan emas batangan yang Anda miliki dapat diuangkan untuk membayar kredit rumah tersebut.

Jika Belum Dapat Membeli Rumah, Belilah Tanah

Jika memang belum dikehendaki untuk melakukan kredit rumah karena dana yang belum memadai, maka belilah tanah. Sekadar memiliki tanah yang belum dibangun juga menguntungkan dan membantu Anda agar uang tabungan untuk membeli rumah tetap utuh dalam bentuk investasi tanah. Pastikan tabungan rumah Anda sudah mencukupi untuk membeli tanah. Sisakan sebagian untuk mengisi tabungan rumah Anda. belilah tanah yang dijual dengan harga murah. Kemudian kelola tanah yang Anda miliki untuk menanam jenis tanaman atau tumbuhan yang menghasilkan. Barulah ketika masa panen, Anda dapat menjual hasil kebun di tanah milik Anda. Menariknya lagi adalah ketika kemudian harga tanah di tempat tersebut melambung, maka Anda dapat menjualnya. Keuntungannya tentu akan semakin mempercepat Anda untuk melakukan kredit rumah.

Pastikan Anda Dan Pasangan Dapat Menahan Sifat Konsumtif Pribadi

Pastikan baik Anda dan pasangan Anda tidak memiliki sifat konsumtif. Jika sama-sama sudah berniat untuk membeli rumah meskipun kredit, maka tahan. Lebih baik gunakan uang yang dimiliki dari gaji Anda dan pasangan untuk tabungan rumah. Kelola dengan baik gaji untuk kebutuhan hidup dan untuk membeli rumah. Jika rumah sudah berhasil Anda miliki dan kreditnya sudah berhasil dilunasi, maka Anda ingin membeli diluar kebutuhan hidup, dapat dilakukan. Namun jika belum berhasil memiliki rumah, lebih baik sifat konsumtif dapat ditahan.