Tips Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Mencuci Tangan Anak

Salah satu Perilaku Hidup Bersih dan sehat dalam Prioritas Program Pokja 4 PKK oleh pemerintah Indonesia adalah Membudayakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Mengapa kita harus sering cuci tangan?

Setiap harinya kita pasti melakukan kontak langsung dengan berbagai benda yang kita sentuh. Contohnya saja, tangga, meja, kursi, pintu, buku, smartphone dan lain sebagainya. Bakteri, Patogen (kuman) dan juga virus  penyebab penyakit yang menempel pada benda-benda tersebut akan menempel pada tangan kita.

Oleh karena itu, kita disarankan untuk mencuci tangan setelah melakukan berbagai kegiatan (terutama kegiatan di luar rumah) atau ketika kita akan melakukan aktivitas yang mengharuskan tangan kita steril atau bersih. Seperti saat akan makan atau saat akan menyentuh bagian tubuh lainnya.

 

Tips Mencuci Tangan

Agar Mikroorganisme yang ada di permukaan tangan kita hilang dengan lebih maksimal, maka kamu harus mencuci tangan dengan baik dan benar ya. Nah, berikut ini Tips Mencuci Tangan yang bisa kamu jadikan referensi :

  1. Basahi tangan dengan air bersih yang mengalir. Sumber air ini biasanya adalah air kran. Usahakan agar seluruh bagian dari kedua tanganmu tersebut basah secara merata. Mulai dari telapak tangan hingga pertengahan lengan.
  2. Setelah tanganmu basah, pakailah sabun cuci tangan dan oleskan ke kedua tangan hingga menutupi seluruh permukaan tangan. Jangan pakai sabun batangan karena adanya potensi penyebaran bakteri yang menempel di permukaan sabun batang tersebut. Akan lebih baik kalau kamu menggunakan sabun cair khusus untuk cuci tangan. Sabun-sabun tersebut biasanya memiliki kandungan antiseptik yang memaksimalkan proses penghilangan bakteri dari tangan.
  3. Gosok permukaan telapak dan punggung tangan secara bergantian. Pastikan pula kamu menggosok jari-jari tangan, sela-sela jari tangan dan bagian ujung kuku hingga bersih. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa tak ada bakteri yang tertinggal di area tersebut.
  4. Setelah selesai menggosok tangan dengan sabun. Selanjutnya bilas tangan dengan air bersih yang mengalir.
  5. Keringkan tangan menggunakan handuk bersih atau hand dryer.
  6. Selesai, Tips Mencuci Tangan di atas sangat mudah untuk dilakukan, bukan?

Guna memaksimalkan kebersihan tangan dan menghilangkan bakteri, kamu juga bisa memakai hand sanitizer saat tanganmu sudah kering.

 

Manfaat Mencuci Tangan Dengan Sabun

Gambar Sabun Cuci Tangan

Kebanyakan orang menyepelekan masalah mencuci tangan ini. Padahal, manfaatnya sangat besar lho. Dengan tangan yang bersih, maka makanan atau benda yang akan kita sentuh tak akan terkontaminasi bakteri. Sehingga, resiko penularan penyakit bisa lebih diminimalisir.

Ada beberapa penyakit yang akan mengintai ketika kita lalai mencuci tangan dengan sabun, penyakit tersebut antara lain : Diare, Tifus, Flu, Keracunan Makanan, Terinfeksi bakteri E.coli, Penyakit cairan tubuh, Impetigo hingga Hepatitis A.

 

Kapan Waktu Untuk Mencuci Tangan yang tepat?

Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan kita untuk mencuci tangan di waktu-waktu berikut ini :

  1. Sebelum, selama atau sesudah kamu menyiapkan makanan serta sebelum dan sesudah makan.
  2. Sebelum atau sesudah merawat orang sakit.
  3. Sebelum atau sesudah merawat luka.
  4. Sesudah menggunakan toilet baik toilet pribadi atau umum.
  5. Setelah membuang tisu bekas ingus, bersin atau batuk.
  6. Sesudah menyentuh kotoran atau mengurus hewan peliharaan dan sesudah membuang sampah.

Sekian pembahasan mengenai Tips Mencuci Tangan, manfaat mencuci tangan hingga waktu-waktu terbaik untuk mencuci tangan. Yuk, budayakan kebiasaan hidup sehat dengan rajin mencuci tangan.

Semoga artikel di atas bermanfaat ya.