Tips Memilih Menu Sehat Berbuka Puasa

Tips Sehat Buka Puasa

Minuman yang segar dan manis memang selalu dinanti oleh para umat muslim yang telah menjalankan ibadah puasa seharian penuh. Pasalnya, air es yang memiliki rasa manis seperti es teh salah satunya, mampu memberikan kesegaran dan pelepas dahaga yang nikmat bagi seseorang yang hampir selama 12 jam tidak makan atau minum. Namun, kenikmatan itulah yang perlu Anda waspadai sedini mungkin.

Lambung

Tahukah Anda? Air es yang dikonsumsi dapat memperlambat proses kerja lambung karena dalam hal ini lambung berusaha menyesuaikan suhu dingin melalui minuman seperti air es yang Anda konsumsi. Memang, kenikmatan air es selepas berbuka puasa tidak ada tandingannya. Anda pasti ketagihan untuk mengkonsumsinya lagi dan lagi. Namun jika Anda melakukannya secara terus menerus sangat tidak baik pengaruhnya pada kinerja lambung.

Seorang praktisi gizi pernah mengatakan, mengkonsumsi minuman seperti air es yang terlalu dingin bisa membuat kinerja lambung berubah lambat. Hal itu dikarenakan lambung berusaha menyesuaikan dengan suhu tubuh Anda. Apalagi ketika perut Anda selama seharian penuh tidak terisi oleh makanan ataupun minuman selama berpuasa. Itulah yang bisa menjadi penyebab kagetnya kondisi lambung Anda ketika meminum air es.

Jika memang Anda terpaksa untuk mengkonsumsi air dingin, minumlah air dingin tanpa menggunakan es batu. Pasalnya semakin dingin minuman yang Anda konsumsi, semakin sulit juga tubuh menyesuaikan suhu. Hingga pada akhirnya proses tersebut pun akan berjalan lebih lama.

Itulah yang bisa menyebabkan perut terasa menjadi lebih kembung dan penuh sesuai mengkonsumsi air es. Ketika berbuka memang sebaiknya konsumsilah air putih saja. Usahakan air putih yang Anda konsumsi tidak dingin. Setelah itu barulah Anda mengkonsumsi minuman atau camilan manis seperti kurma atau buah-buahan.

Manis

Jika Anda memang ingin minuman manis seperti teh manis sebaiknya pilihlah yang hangat. Teh manis merupakan salah satu jenis minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi seusai berbuka puasa. Pasalnya, mengkonsumsi teh manis sangat berguna untuk mengembalikan gula dah yang rendah selama berpuasa seharian penuh. Namun, Anda juga harus mengingat, konsumsilah minuman manis secukupnya dan jangan berlebihan.

Apalagi Anda sudah mengkonsumsi teh manis, usahakan untuk mengurangi jenis makanan manis lainnya seperti es buah, es cendol ataupun hidangan takjil yang manis dan segar lainnya seperti kolak yang menggugah selera makan Anda. Pasalnya, mengkonsumsi 1 gelas teh manis saja bisa membuat gula darah Anda menjadi naik dan tubuh menjadi lebih berenergi.

Apabila Anda hanya ingin meminum air putih, Anda bisa mencoba mengembalikan kondisi gula darah Anda dengan cara mengkonsumsi makanan manis. Selain minuman manis, salah satunya Anda bisa menggantinya dengan bergam jenis buah-buahan yang memiliki rasa manis. Buah-buahan yang mengandung serat justru akan lebih baik dampaknya untuk kesehatan tubuh Anda. Buah pun memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.