Tips Memilih Gamis Syar’i Sesuai Dengan Bahan Pembuatannya

Kain Jersey Untuk Gamis

Seperti yang kita tahu bahwa gamis syar’i merupakan busana muslim atau setelan gamis yang lebar dengan bergo lebar berwarna sama. Gamis dan bergo-nya tentu saja dijual satu set. Untuk harga biasanya tergantung pada kualitas bahan.

Bermacam-macam bahan gamis syar’i tersedia mulai dari yang berbahan sifon, jersey polos atau berenda, dan masih banyak lagi. Menyinggung soal bahan gamis syar’i, berikut ini kami akan memberikan daftar bahan-bahan gamis syar’i yang mungkin dapat membantu anda untuk menentukan manakah bahan yang bagus dan cocok dengan selera anda.

 

1. Gamis Syar’i Berbahan Jersey

Bahan gamis syar’I satu ini cukup popular di masyarakat belakangan ini. Bahan jersey satu ini cukup lembut dan jatuh sehingga akan menimbulkan kesan drapery yang indah dan cantik ketika digunakan. Aksen lipit yang ada dibagian dada serta rok cutting umbrella yang lebar memberikan kesan makin mempesona saja. Pemberian brokat atau renda-renda dibagian tertentu bisa membuat gamis syar’i berbahan jersey ini makin mempesona.

Bahan gamis syar’i jersey ini sebenarnya cukup tebal dan sudah memenuhi syarat pakaian syar’i. Akan tetapi banyak review yang mengatakan bahwa jersey ini nyeplak dibadan ketika digunakan sehingga banyak wanita yang enggan mengenakan gamis syar’I berbahan jersey ini. Namun, ada solusi untuk ini. Anda bisa mengenakan rok dengan bahan katun misalnya agar tidak nyeplak terutama dibagian pinggul. Dibagian dada akan ditutupi dengan bergo-nya.

 

2. Gamis Syar’i Berbahan Ceruti/Sifon

Sebenarnya kedua bahan ini hampir sama, yang membedakannya jika ceruti lebih lembut dan gampang dibentuk dari pada sifon. Sedangkan sifon sendiri cenderung licin dan ada efek kaku ketika dilipat. Kedua bahan ini banyak dipilih karena memberikan image yang indah tersendiri seperti ceruti memiliki warna-warna yang soft dan menarik, dan sifon dipilih karena motifnya yang beragam. Yang menyamakan kedua bahan gamis syar’I ini yaitu mereka sama-sama tipis, sehingga biasanya ada lapisan furingnya seperti velvet dan lainnya. Namun, bila anda merasa ini masih tipis, anda bisa mengenakan manset kaos atau inner lainnya.

 

3. Gamis Syar’i Berbahan Wolfis

Bahan gamis syar’i satu ini sangat cocok dipakai untuk sehari-hari. Bahan wolfis tebal, tidak akan menerawang dan terdiri dari warna-warna netral. Dan yang paling penting bahan wolfis sangat nyaman karena adem dan tak ribet. Cukup menarik dan simpel untuk menemani aktifitas sehari-hari anda.

 

4. Gamis Syar’i Berbahan Satin

Kalau yang satu ini jelas cocok untuk busana muslim anda kepesta. Bahan satin terkenal akan mewahnya dan juga berkelas tentunya. Satin merupakan bahan mengkilap dan licin ketika dipakai. Cukup tebal dan ada sifat lembut nan jatuh seperti sutera, tapi ada juga sih yang kaku. Untuk warna gamis syar’i berbahan satin ini cukup beragam, tinggal pilih sesuai serela saja readers.

 

5. Gamis Syar’i Berbahan Kaos

Yang terakhir ini adalah gamis syar’i dengan bahan satin atau spandex. Biasanya gamis ini digunakan untuk pakaian sehari-hari. Harga dari gamis syar’i satu ini cukup murah dari bahan gamis syar’i lainnya. Agar tidak nyeplak ketika mengenakannya, anda diharuskan untuk memakai inner terlebih dahulu.