5 Tips Ekspor Cengkeh dan Pembayaran Paling Aman

Gambar Pelabuhan Ekspor

Ekspor barang-barang pertanian sebenarnya tidak seribet ketika melakukan ekspor pada jenis barang lainnya. Namun kebanyakan masyarakat seringkali menganggap bahwasannya ekspor barang memerlukan biaya mahal. Selain itu, memandang proses administrasi di bea cukai akan ribet. Hingga pandangan terkait barang yang hendak orang ekspor harus dengan kuantitas yang banyak.

Padahal semuanya salah, jika menganut peraturan menteri dalam negeri nomor 13 tahun 2012. Tips Memulai Bisnis Ekspor Cengkeh dan trik ekspor barang sebenarnya mudah sekali jika mau berusaha.

Sebenarnya mereka yang tidak mau hanya yang termakan oleh stigma bahwa melakukan ekspor itu sangat ribet. Padahal untuk menjadi pengekspor, bisa Anda lakukan dengan mudah.

 

Berikut merupakan tips menjadi eksportir cengkeh atau bahan pertanian ke luar negeri dengan mudah.

Produk Cengkeh

1. Menyiapkan Dokumentasi Legalitas Usaha Ekspor

Tips ekspor barang agar lebih mudah yakni dengan menyiapkan beberapa dokumen legalitas usaha ekspor.

Mudah saja, beberapa daerah sudah menyiapkan sistem pelayanan pembuatan dokumen tersebut secara online. Jadi, cukup mudah sekali jika mau mengurusnya.

4 Syarat dokumen tersebut yakni:

  • Surat Izin Perdagangan (SIUP).
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP).
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan
  • Nomor Induk Kepabeanan (NIK).

 

2. Menyiapkan Dokumen Ekspor

Selain dokumen legalitas usaha untuk ekspor, tips ekspor selanjutnya adalah dengan mempersiapkan dokumen ekspor. Seperti invoice, packing list, bill of lading, certificate of origin, certificate of analysis, dan lainnya.

Ada juga dokumen tambahan yang perlu ada sebelum proses ekspor. Seperti shipping instruction dan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB).

 

3. Manfaatkan Fasilitas Ekspor yang Tersedia

Ada berbagai macam fasilitas seperti pameran festival dagang luar negeri, termasuk juga para UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Contoh kegiatannya seperti Trade Expo Indonesia 2016 oleh Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Menengah) Provinsi DKI (Daerah Khusus Ibukota) Jakarta. Dalam kegiatan ini mempertemukan antara penjual dan pembeli pada suatu kegiatan. Seperti misi dagang suatu negara tertentu yang mempertemukan pengusaha antar negara.

 

4. Manfaatkan Sosial Media

Jualan Lewat Sosmed

Dewasa ini maraknya penggunaan sosial media tentu bisa orang manfaatkan untuk kegiatan yang menghasilkan uang. Selain jual beli, bisa juga untuk mencari informasi terkait proses ekspor yang mudah. Bahkan seringkali mencari informasi melalui sosial media lebih banyak mendapatkan respon yang baik. Bahkan bisa juga langsung terhubung ke akun pemerintahan. Sehingga tidak perlu repot bolak balik melakukan pengurusan.

 

5. Metode Pembayaran Paling Aman

Tips pembayaran ekspor yang paling aman adalah menggunakan metode Letter of Credit (L/C). Yaitu suatu metode yang memungkinkan Anda untuk menerima bayaran dari importir. Jadi, ini seperti surat jaminan dari importir untuk memastikan pembayaran aman.

Sederhananya pembeli/importir yang bikin surat L/C akan menitipkan uangnya 100% pada suatu bank di negaranya. Kemudian akan mengirimkannya ke suatu bank yang ada pada negara eksportir. Yang nantinya dana akan terkirim ke bank milik eksportir.

Kemudian akan mengirimkannya ke suatu bank yang ada pada negara eksportir. Yang nantinya dana akan terkirim ke bank milik eksportir. Sehingga dalam hal ini, tidak mungkin barang yang Anda kirimkan tidak terbayar. Sehingga menggunakan L/C sangat aman terutama bagi para UMKM maupun UKM. Asalkan memenuhi beberapa persyaratan yang telah memenuhi dokumen L/C.

Ada beberapa metode lain yang juga aman, namun tentunya tetap memiliki kelemahan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut adalah beberapa metode pembayaran selain L/C:

  • Advance Payment (pembayaran di muka);
  • Open Account (rekening terbuka);
  • Consignment (konsinyasi);
  • Document Against Payment (D/P);
  • Document Against Acceptance (D/A).

 

Demikian beberapa tips ekspor cengkeh yang bisa pengekspor pemula lakukan, semoga tips ini bermanfaat.