Categories
Usaha

5 Tips Bisnis Cafe Tanpa Banyak Modal

Bisnis kuliner memang sangat hits belakangan ini. Contohnya adalah perkembangan bisnis cafe yang cukup pesat dengan berbagai konsep. Kalau Anda juga berminat untuk memulai bisnis cafe, mari simak tips bisnis cafe dengan modal kecil di bawah ini.

Tips Bisnis Cafe Walaupun Modal Kecil

Merintis bisnis cafe selalu dianggap membutuhkan modal yang sangat banyak. Namun, jika dana yang Anda miliki terbatas tetapi tetap ingin memulai bisnis cafe, berikut ini tips yang cocok untuk Anda.

 

1. Memilih Lokasi Cafe Strategis yang Sesuai Budget

Belakangan ini cafe banyak dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu, mengerjakan tugas, melakukan rapat, dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda sebagai owner harus memberikan tempat yang nyaman untuk para pelanggan.

Akan tetapi, dalam menjalan usaha cafe banyak sekali pengusaha yang merasa bahwa biaya sewa merupakan sebuah kendala. Maka dari itu, Anda bisa menyiasati permasalahan biaya sewa ini dengan memilih lokasi yang strategis tetapi tetap sesuai budget atau sebisa mungkin tanpa mengeluarkan biaya.

Anda bisa menggunakan lokasi rumah Anda atau rumah partner bisnis Anda sebagai lokasi cafe. Dengan begitu, Anda bisa mengalokasikan dana biaya sewa ke hal lain yang akan menunjang kenyamanan customer di cafe.

Kemudian, Anda harus memastikan bahwa lokasi tempat Anda membangun cafe merupakan lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus, kantor, atau lokasi yang dilalui orang. Dan yang terpenting adalah lokasi cafe mudah untuk dijangkau. Hal ini penting agar cafe tidak mengalami sepi pengunjung.

 

2. Membeli Bahan Baku dengan Sistem Grosir

Banyak pengusaha cafe yang justru menjalankan bisnisnya dengan membeli bahan baku secara ecer. Padahal, membeli dengan cara seperti ini akan memakan banyak biaya.

Membeli bahan-bahan dengan sistem grosir bisa memberikan keuntungan untuk Anda seperti harga yang lebih murah. Bahan baku yang bisa Anda beli secara grosir seperti biji kopi, coklat, hingga topping untuk minuman Anda. Yang terpenting adalah memastikan bahwa bahan tersebut memiliki kualitas terbaik.

 

3. Memiliki Menu yang Lezat dan Unik

Tidak jarang customer mengeluhkan tentang rasa yang dimiliki makanan di sebuah cafe. Untuk menghindari hal semacam ini, usahakan untuk memiliki satu atau dua menu yang menjadi andalan di cafe Anda.

Tips kali ini harus Anda pertimbangkan untuk Anda terapkan pada bisnis cafe. Menu tersebut harus memiliki keunikan, rasa yang lezat, dan tampilan yang menarik para customer untuk membeli dan membuat mereka kembali datang ke cafe di kemudian hari.

 

4. Pertimbangan Tenaga Sendiri dan Staff Part Time

Memulai bisnis cafe tidak ada salahnya bagi Anda untuk memaksimalkan tenaga Anda sendiri. Hal ini juga ada kaitannya dengan menu yang unik, Anda bisa memaksimalkan makanan unik tersebut sesuai dengan ciri khas dari cafe Anda.

Apabila Anda sudah merasa kesulitan dalam menjalankan bisnis, Anda bisa menggunakan tenaga orang lain di cafe. Anda bisa mempekerjakan orang dengan sistem part time atau paruh waktu.

Keuntungan menggunakan tenaga part time adalah Anda tetap bisa terjun langsung dalam mengurusi cafe dan mengatur jam kerja part time. Anda juga bisa memberikan gaji sesuai dengan jam kerja yang sudah mereka lakukan.

 

5. Menggunakan Strategi yang Tepat dan Hemat Biaya

Setelah bisnis Anda beroperasi, Anda harus memiliki strategi marketing bisnis cafe Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari cara konvensional yaitu melalui mulut ke mulut atau menggunakan cara modern dengan memaksimalkan sosial media.

Sosial media bisa menjadi strategi ampuh dan hemat biaya untuk promosi. Akan ada banyak orang yang melihat postingan Anda tanpa harus menghabiskan banyak tenaga dan biaya.

Tidak perlu khawatir lagi, bisnis cafe modal kecil tetap bisa Anda jalankan dengan menerapkan 5 tips bisnis cafe di atas. Sedikit demi sedikit dengan terus berinovasi tentu akan memberikan perkembangan pada bisnis cafe Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *