Tips Berolahraga Sambil Menjaga Anak

Anda merasa perlu sekali berolahraga setiap hari, tapi urusan menjaga anak-anak seringkali membuat kita gak bisa melakukannya. Ditambah lagi anda tidak punya uang untuk membayar pengasuh anak. Yang harus anda lakukan adalah mencari cara lain agar bisa tetap berolah raga. Berikut ini ada enam tips yang memungkinkan anda berolahraga sambil mengawasi anak-anak.

Sesuaikan Jadwal Harian Anda dan Pasangan

Cobalah bekerja sama dengan pasangan anda (istri/suami). Ketika dia di rumah, anda bisa berangkat ke tempat latihan atau berolahraga di luar rumah. Jangan khawatir, anak-anak akan baik-baik saja ditinggalkan selama 60 menit.

Jika anda merasa khawatir, siapkan beberapa kegiatan yang bisa mereka kerjakan ketika anda pergi. Anda butuh waktu untuk sendiri, dan pasangan anda juga membutuhkan waktu untuk bersama anak-anak. Bila anda sudah tidak serumah dengan pasangan, maka aturlah waktu sehingga masing-masing anda dan mantan memiliki waktu untuk bersama dengan anak.

Berolahraga di Rumah

Rumah juga bisa menjadi tempat berolah raga. Tidak banyak yang harus dipersiapkan, anda hanya perlu membuatnya menjadi menyenangkan. Angkat beban dan fokus melakukan latihan untuk menjaga berat badan. Bila ada kesempatan, misalnya sesekali ada orang lain yang bisa mengawasi anak-anak, anda bisa berlari-lari di sekitar rumah atau keluar rumah. Anda juga bisa membeli beberapa alat fitnes untuk melengkapi fasilitas olah raga di rumah.

Membeli DVD

Cara yang satu ini juga menarik. Anda perlu mengoleksi DVD senam. Semua itu bisa menemani anda berolahraga, bahkan anak-anak juga bisa diajak berolah raga. Olah raga yang dilakukan memang terbatas pada olahraga yang ditampilkan pada DVD dan ukuran ruangan tempat anda berolahraga.

Jogging Sambil Mendorong Stroller

Tentunya sebelum melakukan cara ini anda harus cek dulu kondisi stroller bayi anda, karena kereta bayi itu akan berjalan lebih cepat dari biasanya. Anda juga perlu mempersiapkan stamina. Selain untuk kesehatan anda, cara ini bagus sekali bagi bayi anda untuk mendapatkan udara segar. Di beberapa kompleks perumahan biasanya ada kelompok ibu-ibu muda yang melakukan olahraga semacam ini, dan ini bagus sekali sebagai sarana bersosialisasi.

Melibatkan Anak

Tidak ada salahnya mengajak anak untuk ikut berolahraga. Anda bisa bermain halang-rintang, atau permainan lainnya di pekarangan. Bayangkan bila anda masih seusia mereka, cobalah permainan-permainan pernah anda sukai bersama anak-anak. Berolahraga dengan cara ini sungguh menyenangkan!

Mencari Kelas Senam Yang Ada Penitipan Anak

Beberapa pusat kebugaran saat ini sudah ada yang dilengkapi dengan tempat penitipan anak. Artinya pengelolanya memahami kesulitan para ibu yang berusaha mencari waktu untuk berolah raga. Biasanya mereka menawarkan paket dengan harga khusus untuk anggota. Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini sebaik-baiknya.