Categories
Usaha

Tips Awal Membuka Usaha

Tips Awal Membuka Usaha

Cara memulai usaha yang baik dapat Anda lakukan dengan merancang sejumlah perencanaan dan langkah-langkah strategis. Cari tahu lebih banyak pada artikel di bawah ini. 

Bagi sebagian orang, memiliki perniagaan sendiri adalah sebuah impian. Hanya saja, masih banyak yang belum memahami strategi atau cara memulai usaha dari nol. Tidak jarang, orang hanya menjalankan bisnis berdasarkan naluri, tanpa adanya dasar yang jelas.

Padahal, aktivitas ini menuntut pendekatan yang matang dan terencana. Untuk itu, artikel ini akan memberikan Anda pemahaman tentang cara untuk memulai usaha secara terstruktur dan dapat dengan mudah Anda terapkan. Simak ulasannya berikut ini.

 

1. Penelitian Market

Untuk Anda yang masih dalam tahap belajar bisnis dagang, tahap ini menjadi langkah awal yang wajib Anda lakukan. Riset ini bertujuan untuk mengetahui prospek dan peta kompetisi di dalam dunia perniagaan.

Anda dapat melakukan survei untuk mengetahui apa yang disenangi market, suplai barang, biaya produksi, harga penjualan, langkah pemasaran, kemudian pemahaman soal kekuatan dan kelemahan pesaing.

 

2. Bikin Produk dan Metode Niaga

Hasil penelitian akan menjadi penentu arah dagangan Anda nantinya seperti apa. Namun, satu hal yang pasti, customer akan memilih barang bagus harga murah. Aspek tersebut menjadi pertimbangan utama Anda. 

Kemudian, buatlah model perniagaan berdasarkan produk yang hendak Anda pasarkan. Ini semua menyesuaikan dengan market bisnis, fitur barang, pelayanan, hingga proses promosi.

 

3. Bekal Modal

Setiap aktivitas perniagaan membutuhkan yang namanya modal. Meski ada juga yang tidak membutuhkan, namun setidaknya ada pikiran dan tenaga yang harus Anda curahkan.

Bekal finansial juga penting untuk Anda siapkan, sebab banyak kebutuhan sebelum Anda memulai perniagaan. Sumbernya modal usaha beragam. Bisa dari kantong/tabungan pribadi, koperasi, investor, pinjaman pemerintah, pinjaman online atau pinjaman bank.

 

4. Fokus pada Satu Bidang Usaha

Hal penting dalam cara memulai usaha baru adalah fokus pada satu hal yang sedang Anda tekuni. Pastikan Anda mengelola perniagaan utama Anda. Jangan mudah tergoda untuk memulai bisnis lain. Anda harus memastikan stabilitas usaha utama, baik dari sisi finansial, sumber daya dan lainnya. 

Dengan begitu, perhatian Anda akan tercurahkan lebih optimal demi mendapatkan hasil yang maksimal sesuai harapan.

 

5. Persiapkan Diri Hadapi Segala Kemungkinan

Aktivitas perniagaan juga tidak luput dari risiko. Sebagai pelaku di bidang ini, terkadang Anda membutuhkan nyali yang tinggi. 

Anda juga harus memiliki rencana cadangan, ketika nantinya berhadapan dengan situasi terburuk sekalipun. Paling tidak, Anda memiliki persiapan ketika harus bersiasat sesuai kondisi.

 

6. Persiapkan Sumber Daya Manusia

Usaha yang sukses dan bertahan lama pastinya dijalankan oleh sumber daya manusia yang lebih unggul dari pesaing. SDM yang berkualitas akan berdampak positif pada perusahaan.

Contoh SDM berkualitas yang dibutuhkan perusahaan:

  • Disiplin.
  • Jujur.
  • Bertanggung jawab.
  • Inovatif.
  • Rajin.
  • Dapat menyelesaikan masalah.
  • Memberikan dukungan.
  • Dapat berkomunikasi dengan lancar dan baik.
  • Dapat menyesuaikan diri dengan perubahan.
  • Membantu perusahaan mencapai tujuan.

 

7. Terbuka Terhadap Evaluasi dan Tidak Mudah Puas

Kunci keberhasilan adalah menghargai proses dan selalu bercermin diri. Terbukalah terhadap semua masukan atau kritikan. Anda harus senantiasa menganalisa segala kekurangan yang ada.

Dalam perjalanan perniagaan, ada kalanya momen naik dan turun. Ketika semua berjalan dengan baik, jangan mudah berpuas diri. Namun jadikan kesempatan untuk melaju lebih kencang. Sebaliknya, ketika semua berjalan tidak seperti rencana, jangan mengendurkan semangat dan cari tahu solusinya.

Terkadang, Anda juga membutuhkan masukan dan ilmu dari orang lain. Bekerja sambil belajar adalah hal yang harus selalu Anda lakukan.

 

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, maka dapat Anda ketahui bahwa cara memulai usaha harus melewati tahapan demi tahapan, sembari menjalankan strategi matang. Anda tetap bisa meraih sukses selama memiliki langkah jitu, sabar dan terus konsisten, walaupun memulai bisnis dari nol.

Teruslah fokus pada apa yang Anda kerjakan, sambil terus menimba ilmu dan belajar dari pengalaman. Raihlah kesuksesan Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.