Tips Aman Belanja Online

Membeli Barang Online dengan Kartu Kredit

Anda senang shopping, namun anda tidak memiliki waktu untuk pergi ke mall dan sebagainya. Maka, solusi untuk mengatasi itu adalah mengunjungi situs online shop dan melihat daftar barang menarik yang mereka tawarkan.

Sebagian orang memang lebih memilih belanja online dari pada offline karena tidak memiliki waktu banyak dan sebagian lagi memilih melakukan belanja online karena harganya yang murah dan memang kurang senang berdesak-desakan atau tidak mau capek mengelilingi beberapa stand toko yang ada di mall-mall.

Kemajuan teknologi memberikan kemudahan kita untuk berbelanja mencari produk yang diinginkan hanya dengan bermodal koneksi internet yang baik. Bisa dilakukan dimana saja dan diwaktu kapan saja anda mau.

Beragam barang atau items yang sama dengan yang ada di mall dapat anda temukan melalui belanja online juga. So, praktis banget ya readers. Belum lagi jika anda beruntung menemukan salah satu online shop yang menyediakan diskon untuk setiap pembelian items-nya.

Nah readers, yang kami katakan memang semua kelebihan melakukan belanja online. Ada beberapa kekurangan melakukan belanja online dan tidak sedikit orang merasa kurang puas atau bahkan ada yang merasa tertipu dengan ini.

Tentu anda tidak ingin ini semua terjadi pada anda. Untuk membantu anda dalam melakukan belanja online, berikut kami akan memberikan beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda:

 

1. Pilih dan tentukan online shop-nya

Secara umum ketika anda akan memulai berbelanja online, anda akan mengetikan salah satu barang yang akan anda beli pada mesin pencarian google. Dan secara otomatis anda akan disuguhi beberapa situs online shop disana.

Anda bebas mau mengunjungi yang mana, namun ada satu yang perlu anda lihat pada online shop tersebut yaitu testimoni kepuasan konsumen terhadap pelayanan dan juga barang yang diberikan. Jika testimoni tersebut Ok, belanja online siap dimulai.

 

2. Cari barang yang akan anda beli dan perhatikan

Setelah anda Ok dengan online shop-nya. Saat-nya anda telusuri beberapa produk yang ditawarkan. Cari item yang anda inginkan dikatalog yang berupa foto-foto dengan daftar harga yang sudah terpajang.

Ingat! Jangan mudah tergiur dengan bagusnya gambar. Mintalah pada customer online shop tersebut untuk menfotokan barang secara jelas. Misal tas: mulai dari tampilan depan, samping, belakang, resleting, dan bagian dalamnya (tanpa edit). Setelah itu, lihat bahan barang dan bandingkan harga. Harga menentukan barang itu memang tidak bisa dipungkiri readers. Jika harga sangat murah untuk bahan yang bagus, anda perlu curiga readers. Bisa-bisa nanti saat barangnya datang tidak sesuai dengan harapan anda.

 

3. Pintar sebelum mentransfer uang

Setelah anda order barang mana yang akan anda beli, biasanya anda akan diminta untuk mentransfer uang sejumlah harga barang tersebut ke rekening seller.

Sebelum anda mentransfer, tanyakan identitas seller mulai dari nama lengkap, no telepon dan juga alamat lengkapnya sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, anda sudah memegang data seller tersebut. Yang paling penting adalah mencocokan nama penjual dengan rekening yang diberikannya. Jika sama Ok, jika tidak, tanyakan.

 

4. Jangan lupa nomor resi pengiriman

Setelah anda mentransfer uang, anda akan diberikan kepastian kapan barang tersebut dikirimkan. Mintalah nomor resi pengiriman barangnya agar anda bisa mengecek melalui website. Selamat menikmati berbelanja online, semoga artikel ini dapat membantu.