Tips Agar Tidak Kecanduan Smartphone

Ada yang namanya smartphone, ponsel pintar. Ponsel yang sangat bisa memenuhi keinginan penggunanya mulai dari hiburan sampai edukasi. Namun seiring dengan waktu berjalan, ponsel ini bahkan sudah dianggap menjadi narkotika baru. Ponsel ini menjadi candu baru bagi mereka. Apakah anda termasuk, namun anda ingin menghilangkan kecanduan tersebut? Berikut tips-tips terbaik untuk menghilangkan kecanduan smartphone secara berangsur-angsur:

1. Matikan Notifikasi

Ketika anda mendapat pesan di Blackberry Messenger, tentu akan ada ringtone tersendiri, bukan? Di WhatsApp juga, bahkan untuk Facebook mereka memberikan notifikasi berupa SMS. Apa cara untuk menghindarinya? Satu, matikan suara atau silent handphone, dan matikan notifikasi dari berbagai sosial media. Ini tentu akan mencegah konsentrasi anda agar tidak buyar dan tidak terlalu bergantung pada smartphone.

2. Jangan Gunakan Agenda Harian Bersama Smartphone

Anda hendak bangun pagi, kemudian memakai alarm di smartphone? Anda tentu harus menghindarinya. Mengapa? Karena menggunakan smartphone sebagai ?pengingat? agenda harian anda, justru bukannya mempermudah suasana, malah akan menghambat semuanya. Yang ada, anda tidak akan fokus pada tujuan utama anda yaitu bangun pagi. Namun, anda akan fokus melihat smartphone anda bergetar, kemudian anda memainkannya.

3. Hitung Kerugian Waktu Untuk Smartphone

Untuk sekarang, jangan hanya hitung-hitungan jika beli sesuatu. Namun, hitunglah berapa waktu berharga yang bisa anda jadikan sesuatu lebih penting lagi selain bersama smartphone. Besar sekali waktu yang orang-orang habiskan bersama smartphone sehingga mereka lupa dengan kehidupan nyata mereka. Yang tadinya mereka berpeluang mendapatkan keuntungan, mereka tidak jadi mendapatkan keuntungan itu hanya karena larut dalam smartphone. Jadi, renungkanlah, betapa banyaknya waktu berharga yang anda habiskan bersama smartphone.