Tips Agar Tetap Bugar Saat Haid

Ketika menstruasi melanda, tidak jarang wanita yang sering mengeluh merasa sakit di beberapa bagian tubuh mereka akibat datangnya haid. Dalam hal ini, haid pun pada akhirnya dapat mempengaruhi kondisi kebugaran tubuh seorang wanita. Akibatnya, aktivitas yang biasa Anda jalani setiap hari akan terpengaruh oleh datangnya haid. Rasa tidak nyaman sudah pasti akan dirasakan. Terutama di hari pertama haid, mood pun berantakan akibat rasa nyeri yang dialami selama seharian penuh.

Rasa sakit yang dialami oleh para wanita biasanya seperti rasa kram yang kerap kali terjadi pada beberapa bagian tubuh. Beberapa diantaranya seperti sakit di bagian perut dan sakit di bagian pinggang. Tentunya hal tersebut akan mengganggu dan mempengaruhi mood Anda hingga seharian penuh.

Ketika sedang menstruasi, biasanya seorang wanita akan mudah marah karena sedang berada dalam kondisi sensitif. Bagi Anda yang sering mengalami hal tersebut, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu simak agar pada saat menstruasi segala aktivitas pun tetap dapat berjalan lancar.

1. Perbanyak Mengkonsumsi Air, Buah dan Sayur

Pada saat haid, tubuh pasti membutuhkan air, buah dan sayur untuk melengkapi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan yang terdapat pada air, buah ataupun sayur ini bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, bugar dan wajah pun tidak akan terlihat pucat. Oleh karena itu, ketika sedang haid sangat disarankan mengkonsumsi air, buah atau sayur agar kesehatan dan kondisi tubuh Anda tetap terjaga selama satu hari penuh.

2. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Kalsium dan Zat Besi

Tahukah Anda, makanan yang mengandung kalsium dan zat besi sangat berguna untuk tubuh selama Anda sedang mengalami haid. Makanan yang mengandung kalsium dan zat besi ini dipercaya dapat membantu mencegah dan mengurangi terjadinya kram pada tubuh pada saat haid sedang berlangsung. Oleh karena itu, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan zat besi selama haid agar tubuh tetap sehat, segar dan bugar.

3. Lakukan Olahraga Ringan

Ketika haid bukan berarti Anda harus berhenti melakukan olahraga. Melakukan olahraga ringan sangat disarankan ketika Anda sedang mengalami haid. Lakukanlah lari-lari kecil atau jalan kaki untuk melakukan perenggangan pada beberapa bagian tubuh agar tetap sehat dan bugar. Meskipun badan terasa tidak nyaman dan nyeri, usahakan untuk tetap berolahraga secara rutin.

4. Kompreslah Beberapa Bagian Tubuh Yang Terasa Kram

Ketika haid, rasa kram pada beberapa bagian tubuh memang tidak dapat dihindari. Cara yang tepat untuk mengatasi hal ini usahakanlah dengan mengompres beberapa bagian tubuh yang kram dengan handuk yang sebelumnya telah dibasahi oleh air hangat. Pengompresan pada beberapa bagian tubuh yang kram ini dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat haid.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya agar tubuh tetap bugar selama haid? Yuk, lakukan beberapa hal di atas agar Anda tetap merasa nyaman ketika haid datang setiap bulannya.