Tanda-tanda Ungkapan Cinta Pacar Kamu Tidak Serius

Aku cinta kamu.” Tiga kata sarat makna. Jatuh cinta bisa kapan saja, di mana saja, dan muncul begitu saja. Bagaimana bila seseorang yang baru kamu kenal, tiba-tiba menyatakan cinta? Hati-hati bisa jadi ungkapan itu keluar begitu saja, tapi bisa juga itu cinta yang sebenarnya.

“Rasa cinta sebetulnya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata,” kata ‘dokter cinta’ Tina B Tessina, PhD yang seorang psikoterapi dan penulis buku Love Styles: How to Celebrate Your Differences. Bila diucapkan, maka cinta tidak ada artinya lagi.

Berikut ini tanda-tanda cowok kamu itu terlalu cepat menyatakan cinta:

1. Pacaran Baru Seumur Jagung

Tentunya ada perbedaan, pacaran yang bertemu tiap hari, tiap jam, tiap menit, tiap detik, dan anda sudah hidup serumah VS pacaran yang hanya bertemu seminggu sekali atau dua kali. Intinya, bila cowok itu mengucapkan cinta sebelum kamu berpacaran tiga hingga enam bulan, maka ungkapan cintanya itu perlu diragukan.

2. Waktu Yang Kamu Lalui Bersama Belum Cukup Untuk Membentuk Hubungan Serius

Memang perlu waktu yang cukup untuk mengetahui kesungguhan suatu hubungan. Bila si dia menyatakan cinta sebelum kamu puas menghabiskan waktu bersama, lebih baik kamu jangan menanggapi dengan serius. Kamu dan dia perlu mengetahui sifat, kebiasaan, dan pribadi kalian masing-masing yang sebenarnya.

3. Pacarmu Itu Gak Punya Rencana Masa Depan Bersamamu

Kebanyakan perempuan beranggapan kata “I love u” mengarah ke masa depan. Tapi ternyata tidak selalu. Kamu perlu menjernihkannya lagi, perlu ada komitmen selanjutnya yang mengungkapkan bahwa dia ingin menghabiskan seluruh sisa hidupnya bersamamu. Bila dia mengucapkan “I love u” hanya sebagai ungkapan cintanya pada saat itu, berarti kamu mesti hati-hati.

4. Ungkapan Yang Terlontar Begitu Saja

Ungkapan cinta yang terlalu cepat dari seorang pria biasanya terlontar ketika mereka berciuman atau tengah bercumbu rayu. Pada saat-saat seperti itu, kalimat apapun yang keluar dari mulutnya jangan dianggap serius.

5. Kamu Gak Merasa Jatuh Cinta Kepadanya

Bila seorang pria menyatakan cinta padahal kamu sendiri gak merasakannya, berarti ungkapan cintanya betul-betul prematur. Sebaiknya kamu terus terang saja mengatakannya. Tanyakan maksud ungkapannya itu, mengapa dia mencintai kamu? Apakah dia menawarkan sebuah komitmen? Kalau ternyata dia kaget dengan pertanyaanmu, berarti dia tidak serius.

6. Dia Baru Putus Cinta

Seseorang yang baru putus cinta sudah dipastikan tidak dapat berpikir jernih. Emosinya sedang labil dan cepat berubah-ubah.  Biasanya orang yang baru patah hati itu membutuhkan seseorang yang dapat menenangkan hatinya. Nah, bisa jadi pilihannya adalah kamu. Misalnya, dia curhat tentang rasa sakit hatinya dan merasa nyaman dengan kamu. Lalu, dia pun mengatakan ‘I love you’.  Jangan cepat terbuai, bisa jadi dia hanya rindu pada kekasihnya saja.

7. Bertemu Saat Liburan

Sebaliknya dari emosi saat patah hati, saat liburan, hati dan perasaan seseorang sedang happy banget. Semua yang dilihat menyenangkan dan umumnya pria juga mencari teman jalan saat liburan. Kamu jadi teman jalan selama dia liburan di kotamu dan itu pasti membuat kalian berdua memiliki emosi happy yang sama. Biasanya, ada dorongan untuk cepat-cepat mengatakan ‘I love you’.  Sudah dipastikan kamu juga pasti langsung mengangguk setuju. Tapi ingat, apa yang terjadi jika ia kembali ke kotanya. Jangan-jangan, dia ikut melupakanmu juga.