Tanaman Buah untuk Halaman Rumah

Anda memiliki halaman rumah yang luas dan masih kosong, permanis dengan menanam pohon buah. Selain rumah menjadi asri, juga akan menyenangkan ketika waktu panen buah tiba. Indonesia termasuk negara yang mudah untuk budidaya pohon buah. Apalagi buah-buahan tropis begitu banyak dibudidayakan. Ada beberapa pilihan pohon buah yang dapat Anda tanam di halaman rumah. Berikut untuk rekomendasi tanaman buah untuk halaman rumah Anda :

1. Jeruk

Buahnya memiliki bentuk yang bulat. Ada yang berwarna hijau, orange, campuran hijau dan kuning. Terkadang memiliki rasa yang sangat manis. Ada pula yang asam karena belum matang. Inilah buah jeruk. Jeruk adalah pohon buah yang dapat Anda tanam di halaman rumah. Ketika berbuah dan siap panen, tentu Anda akan senang karenanya. Menanam pohon buah jeruk sangat tepat. Anda tahu buah jeruk memiliki banyak vitamin dan mineral. Kandungan asam karboksilat dalam jeruk sebagai pertahanan sistem imun tubuh. Senyawa flavonoid pada buah jeruk mampu mencegah Anda mengalami obesitas. Bahkan Anda pun akan irit untuk berbelanja buah. Jika masuk masa panen buah jeruk, tentu Anda dapat tinggal petik buah tersebut di pohon yang tertanam di halaman rumah.

2. Mangga

Buahnya memiliki bentuk yang sedikit lonjong. Terdapat biji yang disebut dengan “pelok”. Kulit buah memiliki warna hijau. Aromanya ketika sudah matang sangat harum. Daging buah berwarna orange kekuningan. Inilah buah mangga. Mangga adalah pohon yang dapat Anda tanam dengan mudah di halaman rumah. Buah yang memiliki rasa manis dengan banyak kandungan vitamin dan mineral, seperti buah jeruk. Vitamin C dalam buah mangga juga tinggi seperti buah jeruk. Kandungan antioksidan dalam  buah mangga pun juga ada. Sehingga selain menjadi buah yang manis, buah mangga juga akan menyehatkan pemiliknya ketika daging buah segar yang sudah matang dikonsumsi.

3. Rambutan

Buahnya memiliki bentuk bulat dan memiliki rambut di mana-mana. Jika matang memiliki warna yang merah. Inilah rambutan. Rambutan adalah pohon yang sangat mudah ditanam di negara Indonesia. Sekali berbuah, ratusan buah rambutan akan terlihat. Meskipun banyak ulat pohon rambutan yang merambat, bukan masalah ketika Anda dapat menikmati hasil panen buah rambutan di halaman rumah sendiri. Buah rambutan juga tentunya buah yang kaya dengan vitamin dan mineral.

4. Pepaya

Buahnya memiliki bentuk lonjong dan memiliki sangat banyak biji. Inilah pepaya. Anda akan banyak memanfaatkan pohon pepaya yang ditanam di halaman rumah. Mulai dari daun hingga daging buah pepaya dapat Anda konsumsi. Tumis daun pepaya sangat menyehatkan. Meskipun memiliki rasa pahit, namun mampu menjadi pertahanan sistem imun. Daging buah pepaya dapat melancarkan buang air besar bagi Anda yang memiliki masalah sembelit.

5. Sirsak

Buahnya memiliki bentuk hampir mirip seperti buah mangga namun memiliki duri-duri tumpul tidak setajam buah durian. Inilah buah sirsak. Sama seperti menanam pohon buah pepaya. Menanam pohon sirsak dapat memaniskan halaman rumah dan juga perut Anda. Rasa manis sirsak tentu dapat Anda olah menjadi jus buah yang menyegarkan. Terlebih dari daun hingga biji sirsak memiliki manfaat.

Jika, rumah Anda sangat luas menjadi seru jika Anda dapat menanam seluruh pohon buah tersebut. Namun jika tidak, maka lebih baik pilih yang memang Anda ingin tanam dan suka rasa buahnya. Namun perlu proses untuk tiba pohon berbuah. Perlu waktu berbulan-bulan sesuai jenis pohon buah yang Anda tanam. Dan sabarlah menunggu hingga tiba panen.