6 Tips Membedakan Sepatu Sneakers Asli dan KW

Sneakers merupakan salah satu jenis sepatu yang memiliki banyak peminat. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa, tak sedikit yang hobi pakai sneakers. Yup, sepatu sneakers memang nyaman digunakan. Selain itu, sneakers juga terbilang fleksible bisa digunakan untuk berolahraga, kuliah, travelling dan sebagainya.

Model sneakers sendiri sangat bervariasi. Bahkan saking banyaknya industri yang memproduksi sneakers, sepatu-sepatu KW pun jadi ikut bermunculan. Meski penampakannya sangat mirip, namun kualitas dari sneakers ori dengan KW tentunya berbeda. Biasanya sepatu KW ini memiliki tingkatan-tingkatan, mulai dari grade ori, KW super, hingga KW 1.

Nah, agar kamu nggak ketipu dalam membeli sepatu, berikut tips-tips membedakan sneakers original dengan KW yang perlu kamu ketahui. Simak yuk!

1. Cek label di kemasan dan sepatunya

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat membeli sneakers adalah melihat labelnya. Cocokan informasi label di kemasan dengan sepatunya. Mulai dari negara produksi, nomor seri (barcode), warna, ukuran dan kualifikasi lainnya. Jika info pada kemasan sama dengan di sneakers, kemungkinan besar sepatu tersebut original.

Untuk lebih memastikan, kamu juga bisa membuka situs resmi brand sneakesnya. Cari nomor barcodenya. Jika ada, maka sepatumu dijamin asli!

2. Perhatikan materialnya

Perbedaan menonjol dari sneakers asli dan kw yakni terletak pada materialnya. Untuk sneakers original tentunya memiliki bahan yang jauh lebih berkualitas dibandingkan yang palsu.

Nah, sebelum kamu membeli sneakers, sebaiknya cari info dulu tentang material dari brand yang akan kamu beli. Nantinya saat di toko, kamu harus memperhatikan bahannya baik-baik. Mulai dari detail pola, sol dan warnanya pastikan benar-benar sesuai.

Sekedar saran, untuk mengantisipasi adanya penipuan, lebih baik kamu membeli sneakers di outlet resminya saja. Walau mahal tapi terjamin keasliannya.

3. Logo pada sneakers juga perli dilihat

Selain material, kamu juga perlu mengecek logo untuk bisa membedakan sneakers asli dan kw. Biasanya sneakers kw memiliki logo yang sedikit berbeda dengan yang tercantum di situs resminya. Terkadang juga ada ketidaksinkronan (seperti perbedaan letak atau warna), atau bahkan cacat.

Maka itu, sebelum kamu membeli, pastikan kamu sudah hafal dengan bentuk logonya, ya!

4. Teliti bahan solnya

Trik selanjutnya yang tak kalah penting adalah dengan mengecek bahan dan pola solnya. Perlu kamu tahu bahwa sol setiap merk sneakers berbeda-beda. Jadi kamu harus tahu dan hafal dengan sol sepatu incaranmu.

Beberapa sneakers ori memiliki outsole (sol bagian luar) dengan warna lebih cerah. Sementara yang kw, warnanya cenderung kecoklatan karena menggunakan bahan karet mentah.

Di samping perhatikan juga insole (pelapis kaki bagian dalam). Untuk sepatu asli pastinya bahannya lebih lembut dan selalu tercantum merk dari brand tersebut.

5. Perhatikan Detail Jahitan

Selanjutnya, untuk membedakan sneakers original dengan palsu yakni lewat jahitannya. Jika kamu melihat sepatu tersebut memiliki jahitan yang berantakan (seperti benangnya keluar), maka dipastikan bukan sneakers original.

Sneakers asli dibuat dari mesin berterknologi canggih. Harganya yang mahal juga memberikan kualitas yang terjamin. Oleh karenanya, jahitan dari sneakers ori bisa dipastikan rapi untuk mengikuti quality control.

6. Harga Sneakers

“Ada rupa, ada harga” Ya, kira-kira slogan itulah yang bisa kamu pegang saat membeli barang-barang branded, termasuk sneakers. Umumnya sih, sneakers asli dijual dengan harga yang relatif mahal bergantung pada seberapa bonafit merknya.

Untuk nominalnya rata-rata diatas 500 ribu rupiah. Bisa sampai jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Jika kamu ditawari sneakers dengan harga murah, baiknya jangan keburu tergiur. Cek dulu keasliannya agar kamu nggak menyesal.

Nah, itulah beberapa cara membedakan sneakers ori dan kw yang bisa kamu coba, gusy! Gak sulit-sulit banget sih. Kamu hanya perlu teliti dan waspada.

So, semoga membantu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *