Surga Tersembunyi Di Teluk Kabui, Waisai Papua Barat

Selain Pulau Wayag yang indah, ada juga Teluk Kabui yang keindahannya dapat menandingi Pulau Wayag yang popular. Teluk Kabui terletak di antara Pulau Waigeo dan Pulau Gam di Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Letaknya memang agak tersembunyi dan dari kejauhan yang terlihat hanyalah pepohonan hijau saja. Sehingga wajar kalau disebut surga yang tersembunyi karena ketika tiba di Teluk Kabui, Siapapun akan dibuat terpana.

Teluk Kabui dipenuhi dengan pulau-pulau karang yang berbagai ukuran dari yang kecil hingga besar. Pulau karang ini disebut Karst. Airnya sangat jernih hingga kita bisa langsung melihat keindahan terumbu karang di dasar laut. Kita juga bisa menikmati warna warni ikan yang banyak sekali. Lautnya sangat jernih dan tempatnya masih asri dengan udara yang sudah pasti belum terkena polusi. Kita juga bisa berenang dan Snorkeling di laut yang jernih itu dan rasanya segar sekali.

Segitiga Coral

Teluk Kabui masuk dalam area Segitiga Coral yang artinya teluk ini termasuk wilayah yang memiliki terumbu karang terbanyak di dunia. Untuk mencapai ke sini, perjalanan bisa dimulai dari kota Sorong. Mungkin setelah mengunjungi Pantai Kasuari, bisa langsung ke dermaga Sorong menuju Raja Ampat.

Dari Dermaga Sorong, perjalanan bisa dilanjutkan dengan kapal Pinisi (kapal wisata), kapal rakyat atau menyewa kapal cepat. Perjalanan kapal membutuhkan waktu 2-3 jam hingga sampai ke Pulau Waigeo. Tenang, waktu 3 jam tidak akan terasa karena pemandangan selama perjalanan begitu luar biasa. Perjalanan di Raja Ampat tidak akan pernah membuat kita bosan deh.

Transportasi Kapal

Biaya yang dikenakan untuk naik kapal berbeda. Kita harus membayar tarif Rp. 120.000/orang jika menggunakan kapal rakyat. Fasilitasnya sudah bagus kok jadi tidak perlu khawatir. Jika ingin lebih privasi, bisa juga dengan menyewa kapal cepat.

Kalau berlibur berkelompok, mungkin biaya kapal cepat akan terasa lebih ringan. Ingat ya, kapal rakyat hanya berlayar satu sekali sekali dan berangkat setiap jam 2 siang. Jika terlewat maka harus menunggu keesokan harinya.

Nah, setelah tiba di Pulau Waigeo, Teluk Kabui tidak langsung terlihat. Dari sini, kita harus menyewa kapal cepat lagi untuk mencapai Teluk Kabui dari pelabuhan Waisai. Jadi sebelum berangkat, bisa juga menikmati Pantai Waisai terlebih dulu. Pantai ini juga terkenal dengan pasir putih yang indah. Sama dengan pantai-pantai lain di Papua.

Gua Tengkorak

Di Teluk Kabui ini bisa ditemukan beberapa rumah penduduk setempat di atas tebing-tebing pulau karang. Meskipun jumlahnya tidak banyak tapi mereka memang menetap dan membangun rumah di situ. Tidak jauh dari Teluk Kabui ada sebuah gua yang unik. Gua ini dipenuhi dengan Stalagmite dan Stalaktit. Jika air laut pasang maka bagian dalam gua tidak terlihat tapi jika surut maka akan terlihat tengkorak manusia berserakan.

Sampai sekarang belum ada yang tahu, tengkorak siapa itu. Kalau takut melihat gua ini, cukup menikmati keindahan dalam laut saja deh. Walaupun banyak juga yang tertantang untuk melihat dan meneliti tengkorak-tengkorak itu.

Selamat berlibur ke Teluk Kabui.