Souvenir Unik Dari Indonesia

Indonesia, negara kepulauan yang memiliki banyak pesona. Banyak pula tempat wisata yang tentu perlu waktu lama untuk dapat menikmati setiap tempat wisata di Indonesia secara keseluruhan. Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilupakan ketika berwisata adalah membeli buah tangan. Indonesia ternyata memiliki aneka souvenir unik yang dapat Anda beli sebagai buah tangan. Pastikan Anda memberikan souvenir-souvenir unik di bawah ini ketika ingin memberikan kepada teman dari negara lain.

1. Ulekan Dan Cobek Dari Batu

Sebagai warga negara Indonesia, Anda perlu membeli ulekan atau disebut dengan munthu dan cobek batu sebagai souvenir. Ini bukan souvenir asal souvenir karena tentu saja dapat dipergunakan untuk menghaluskan bumbu saat memasak. Ulekan dan cobek dari batu dapat Anda temukan di berbagai daerah di Indonesia.

2. Teh Hitam

Meskipun banyak negara memiliki perkebunan teh. Namun teh menjadi salah satu souvneir unik untuk Indonesia. Terlebih teh hitam. Alasannya adalah banyak pabrik teh hitam berdiri di Indonesia dengan berbagai merek. Kebetulan jika saat Anda berwisata menemukan merek teh yang terkenal di zaman dulu, belilah. Atau Anda dapat membelikan teman Anda berbagai merek teh dengan kemasan yang berbeda. Tentu teman Anda dari luar negeri akan takjub karena banyaknya merek teh yang berdiri di Indonesia dan bahkan ada yang masih bertahan hingga puluhan tahun.

3. Kopi Tubruk

Ada souvenir teh dan ada kopi. Kopi tubruk menjadi souvenir unik Indonesia. Sama seperti teh, kopi tubruk di Indonesia memiliki banyak pabrik kopi tubruk. Berikanlah buah tangan kopi tubruk dengan berbagai merek yang tentu saja ada di Indonesia.

4. Sambal Pecel

Hanya Indonesia yang memiliki sambal unik satu ini. Campuran dari kacang tanah, daun jeruk, cabai, garam, dan bahan-bahan lainnya menghadirkan sambal pecel. Souvenir kuliner Indonesia ini unik. Apalagi jika Anda ingin memberikannya kepada teman luar Indonesia. Pasti mereka akan menikmati rasa spesial dari sambal pecel yang dapat dipadukan dengan macam sayuran dan lauk-pauk.

5. Kain Batik

Batik memang satu-satunya warisan asli yang juga unik dari Indonesia. Kain polos kemudian disulap menjadi sangat indah dengan motif batik. Teman Anda dari luar negeri tentu sangat antusias saat menerima souvenir batik dari Anda. Kain batik dari Yogyakarta, Solo, Pekalongan, dan lainnya banyak lagi produsen batik dari Indonesia yang dapat Anda pilih.

6. Rempah Indonesia

Indonesia kaya dengan rempah-rempah. Jika Anda ingin memberikan souvenir khas Indonesia dan unik juga dapat berupa rempah-rempah dalam bentuk bumbu. Di pasar tradisional, Anda dapat membeli secara rentengan seperti miri, tumbar, dan bumbu rempah lainnya.

7. Wayang Kulit

Wayang kulit asli Indonesia dan termasuk souvenir yang unik. Wayang kulit tentu akan sangat menggambarkan karakter buah tangan khas Indonesia. Terutama wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Apalagi Anda dapat membeli berbagai macam karakter dari wayang kulit yang biasa dijual di pasar tradisional seperti pasar Beringharjo.

8. Alat Musik Angklung

Jawa Barat terkenal dengan alat musik khas yaitu, angklung. Banyak tempat di Jawa Barat yang menjual angklung. Ketika Anda akan membelikan buah tangan untuk teman Anda yang berasal dari luar negeri, maka angklung pilihan yang unik.

Ternyata sangat banyak souvenir unik khas Indonesia. Anda dapat membelinya untuk diri sendiri dan juga buah tangan untuk teman Anda yang berasal dari luar negeri. Kekayaan pulau di Indonesia telah membuktikan bahwa kaya pula dengan keunikan memiliki aneka macam souvenir.