Singkatan / Akronim, Kepanjangan: Bharada

Singkatan / Akronim Bharada adalah Kepanjangan dari:

Bhayangkara Dua

 

Bhayangkara Dua (Bharada) adalah Tamtama tingkat satu di Kepolisian Republik Indonesia. Sebelum tahun 2001, pangkat ini disebut Prajurit Dua atau Prada, sama dengan pangkat yang setara di militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu buah garis miring berwarna merah.

 

  • Bharaka (Bhayangkara Kepala):

Bhayangkara Kepala adalah Tamtama tingkat satu di Kepolisian Republik Indonesia. Sebelum tahun 2001, pangkat ini disebut Prajurit kepala atau Praka, sama dengan pangkat yang setara di militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga buah garis miring berwarna merah. 

  • Bharatu: Bhayangkara Satu.

Bhayangkara Satu adalah Tamtama tingkat satu di Kepolisian Republik Indonesia. Sebelum tahun 2001, pangkat ini disebut Prajurit Satu atau Pratu, sama dengan pangkat yang setara di militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua buah garis miring berwarna merah.

  • Bharuda: Bhayangkara Utama Dua.

Pangkat tamtama peringkat kedua dalam kepolisian, satu tingkat di bawah bhayangkara utama satu, satu tingkat di atas bhayangkara utama muda (tanda pangkatnya 2 bengkok merah menyerupai huruf V yang ditempatkan di lengan baju).

  • Bharumud: Bhayangkara Utama Muda.

Pangkat tamtama peringkat ketiga dalam kepolisian, satu tingkat di bawah bhayangkara utama dua, satu tingkat di atas bhayangkara kepala (tanda pangkatnya 1 bengkok merah menyerupai huruf V yang ditempatkan di lengan baju).

  • Bharuta: Bhayangkara Utama Satu.

Pangkat tamtama peringkat pertama dalam kepolisian, satu tingkat di bawah sersan dua polisi, satu tingkat di atas bhayangkara utama dua (tanda pangkatnya 3 bengkok merah menyerupai huruf V yang ditempatkan di lengan baju).

 

Daftar singkatan akronim kepanjangan bharada, dilut.com