Singkatan / Akronim, Kepanjangan: AD

Singkatan AD

Singkatan / Akronim AD adalah Kepanjangan dari:

  1. Angkatan Darat.
  2. Anggaran Dasar.
  3. Anno Domini.
  4. Algemeen Dagblad.
  5. Active Directory.
  6. accidental discharge.
  7. Action directe.
  8. Acción Democrática.
  9. Alternattiva Demokratika.
  10. assistant director.
  11. athletic director.
  12. Addison’s disease.
  13. Alzheimer’s disease.
  14. Atopic dermatitis.
  15. Autonomic dysreflexia.
  16. Administrative distance.
  17. automatic differentiation.
  18. Antiproton Decelerator.
  19. Active Disassembly.
  20. aggregate demand.

 

Singkatan / Kepanjangan AD

 

Angkatan Darat (AD)

Adalah salah satu bagian dari angkatan perang TNI (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat) yang bertugas mempertahankan bagian darat negara Indonesia.

 

Anggaran Dasar (AD)

Adalah semua peraturan umum yang meliputi pengaturan langsung kehidupan dan hubungan organisasi dengan anggotanya untuk menciptakan tatanan organisasi.

 

anno Domini (aD)

Digunakan untuk memberi label atau nomor tahun dalam kalender Julian dan Gregorian.

Istilah anno Domini adalah bahasa Latin Abad Pertengahan dan berarti “pada tahun Tuhan”, tetapi sering disajikan menggunakan “Tuhan kita” dan bukan “Tuhan”, diambil dari frasa asli lengkap ” anno Domini nostri Jesu Christi”, yang diterjemahkan menjadi “pada tahun Tuhan kita Yesus Kristus”.

Era kalender ini didasarkan pada tahun yang diperhitungkan secara tradisional dari konsepsi atau kelahiran Yesus, dengan AD menghitung tahun dari awal zaman ini dan SM menunjukkan tahun sebelum dimulainya era.

Tidak ada tahun nol dalam skema ini; dengan demikian tahun 1 M segera mengikuti tahun 1 SM. Sistem penanggalan ini dirancang pada tahun 525 oleh Dionysius Exiguus dari Scythia Minor, tetapi tidak digunakan secara luas sampai abad ke-9.

 

Algemeen Dagblad (AD)

Adalah sebuah surat kabar harian negara Belanda yang berbasis di kota Rotterdam.

 

Active Directory (AD)

Adalah layanan direktori yang dikembangkan oleh Microsoft untuk jaringan domain Windows. Ini disertakan di sebagian besar sistem operasi Windows Server sebagai serangkaian proses dan layanan.

Awalnya, Active Directory hanya digunakan untuk manajemen domain terpusat. Namun, Active Directory akhirnya menjadi judul payung untuk berbagai layanan terkait identitas berbasis direktori.

Server yang menjalankan peran Active Directory Domain Service (AD DS) disebut pengontrol domain. Ini mengotentikasi dan mengotorisasi semua pengguna dan komputer di jaringan jenis domain Windows, menetapkan dan menegakkan kebijakan keamanan untuk semua komputer, dan menginstal atau memperbarui perangkat lunak.

Misalnya, ketika pengguna masuk ke komputer yang merupakan bagian dari domain Windows, Direktori Aktif memeriksa sandi yang dikirimkan dan menentukan apakah pengguna adalah administrator sistem atau pengguna biasa. Juga, memungkinkan manajemen dan penyimpanan informasi, menyediakan mekanisme otentikasi dan otorisasi, dan menetapkan kerangka kerja untuk menyebarkan layanan terkait lainnya: Layanan Sertifikat, Layanan Federasi Direktori Aktif, Layanan Direktori Ringan, dan Layanan Manajemen Hak.

Active Directory menggunakan Lightweight Directory Access Protocol (LDAP) versi 2 dan 3, Kerberos versi Microsoft, dan DNS.

 

accidental discharge (AD)

Pelepasan yang tidak disengaja, terjadi ketika ada kegagalan mekanis senjata api. Ini dapat mencakup hal-hal seperti senjata api yang tidak memiliki mekanisme untuk membuat mereka jatuh dengan aman jatuh pada jarak yang cukup, sebuah pin penembakan tertancap ke depan, sebuah kegagalan bakar, atau putaran yang cukup panas untuk menyala secara spontan di dalam ruangan. (seperti yang mungkin terjadi pada senapan mesin baut tertutup).

 

Action directe (AD)

Adalah kelompok teroris sayap kiri di negara Prancis yang melakukan serangkaian pembunuhan dan serangan kekerasan di Prancis antara 1979 dan 1987. Anggota Action directe menganggap diri mereka komunis libertarian yang telah membentuk “organisasi gerilya perkotaan”.

Pemerintah Prancis melarang kelompok itu. Selama keberadaannya, anggota AD membunuh 12 orang, dan melukai 26 lainnya. Ini terkait di berbagai waktu dengan Brigade Merah (Italia), Fraksi Tentara Merah (Jerman Barat), Prima Linea (Italia), Nuclei Bersenjata untuk Otonomi Rakyat (Prancis ), Sel Tempur Komunis, Fraksi Revolusioner Bersenjata Lebanon, Tentara Pembebasan Nasional Irlandia dan lain-lain.

 

Acción Democrática (AD)

Adalah sebuah partai politik sosial-demokrasi dan kiri-tengah Venezuela yang didirikan pada tahun 1941.

 

Alternattiva Demokratika (AD)

Adalah sebuah partai politik hijau di negara Malta. Partai ini awalnya didirikan oleh koalisi mantan anggota Partai Buruh dan aktivis lingkungan pada tahun 1989. Pada tanggal 1 Agustus 2020 partai mengumumkan rencana untuk bergabung dengan Partai Demokrat untuk membentuk partai baru bernama AD+PD. Penggabungan dilakukan pada 17 Oktober 2020.

 

assistant director (ad)

Peran asisten sutradara pada sebuah film termasuk melacak kemajuan harian terhadap jadwal produksi film, mengatur logistik, menyiapkan lembar panggilan harian, memeriksa pemain dan kru, dan menjaga ketertiban di lokasi syuting. Mereka juga harus menjaga kesehatan dan keselamatan kru.

Peran asisten direktur sering dikacaukan dengan asisten direktur tetapi tanggung jawabnya sama sekali berbeda. Asisten direktur mengelola semua direktur dalam pengembangan, pra-produksi, saat di lokasi syuting, hingga pasca produksi dan sering terlibat baik dalam manajemen pribadi maupun aspek kreatif dari proses produksi.

 

athletic director (ad)

Adalah administrator di banyak klub atau institusi negara Amerika, seperti perguruan tinggi dan universitas, serta di sekolah menengah dan sekolah menengah yang lebih besar, yang mengawasi pekerjaan pelatih dan staf terkait terlibat dalam program atletik.

 

Addison’s disease (Ad)

Adalah gangguan endokrin jangka panjang yang langka yang ditandai dengan produksi hormon steroid kortisol dan aldosteron yang tidak memadai oleh dua lapisan luar sel kelenjar adrenal (korteks adrenal), menyebabkan insufisiensi adrenal.

Gejala umumnya datang perlahan dan tersembunyi dan mungkin termasuk sakit perut dan kelainan gastrointestinal, kelemahan, dan penurunan berat badan. Penggelapan kulit di area tertentu juga dapat terjadi. Dalam keadaan tertentu, krisis adrenal dapat terjadi dengan tekanan darah rendah, muntah, nyeri punggung bawah, dan kehilangan kesadaran.

Perubahan suasana hati juga dapat terjadi. Onset gejala yang cepat menunjukkan kegagalan adrenal akut yang merupakan kondisi serius dan darurat. Krisis adrenal dapat dipicu oleh stres, seperti dari cedera, pembedahan, atau infeksi.

 

Alzheimer’s disease (AD)

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang biasanya dimulai secara perlahan dan semakin memburuk. Ini adalah penyebab 60-70% kasus demensia.

Gejala awal yang paling umum adalah kesulitan mengingat kejadian baru-baru ini. Seiring perkembangan penyakit, gejalanya dapat mencakup masalah dengan bahasa, disorientasi (termasuk mudah tersesat), perubahan suasana hati, kehilangan motivasi, pengabaian diri, dan masalah perilaku.

Ketika kondisi seseorang menurun, mereka sering menarik diri dari keluarga dan masyarakat. Secara bertahap, fungsi tubuh hilang, yang pada akhirnya menyebabkan kematian. Meskipun kecepatan perkembangan dapat bervariasi, harapan hidup tipikal setelah diagnosis adalah tiga hingga sembilan tahun.

 

Atopic dermatitis (AD)

Juga dikenal sebagai eksim atopik, adalah jenis peradangan kulit jangka panjang (dermatitis). Menyebabkan kulit gatal, merah, bengkak, dan pecah-pecah. Cairan bening mungkin berasal dari daerah yang terkena, yang sering kali mengental seiring waktu. Meskipun kondisi ini dapat terjadi pada usia berapa pun, biasanya dimulai pada masa kanak-kanak, dengan tingkat keparahan yang berubah selama bertahun-tahun.

Pada anak-anak di bawah usia satu tahun, sebagian besar tubuh mungkin terpengaruh. Seiring bertambahnya usia anak-anak, area di bagian dalam lutut dan siku paling sering terkena.

Pada orang dewasa, tangan dan kaki paling sering terkena. Menggaruk area yang terkena memperburuk gejala, dan mereka yang terkena memiliki peningkatan risiko infeksi kulit. Banyak orang dengan dermatitis atopik mengalami demam atau asma.

 

Autonomic dysreflexia (AD)

Sebelumnya dikenal sebagai refleks massa, adalah keadaan darurat medis potensial klasik yang ditandai dengan hipertensi dan bradikardia yang tidak terkontrol, meskipun takikardia diketahui sering terjadi.

AD paling sering terjadi pada individu dengan cedera tulang belakang dengan lesi pada atau di atas tingkat sumsum tulang belakang T6, meskipun telah dilaporkan pada pasien dengan lesi serendah T10. Sindrom Guillain-Barré juga dapat menyebabkan Disrefleksia Otonom.

 

Administrative distance (AD)

Jarak administratif (AD) atau preferensi rute adalah sejumlah unit arbitrer yang ditetapkan untuk rute dinamis, rute statis, dan rute yang terhubung langsung. Nilai tersebut digunakan di router untuk menentukan peringkat rute dari yang paling disukai (nilai AD rendah) hingga yang paling tidak disukai (nilai AD tinggi). Ketika beberapa jalur ke tujuan yang sama tersedia di tabel peruteannya, router menggunakan rute dengan jarak administratif terendah.

Vendor router biasanya merancang router mereka untuk menetapkan jarak administratif default ke setiap jenis rute. Misalnya, router Cisco, rute yang dikeluarkan oleh OSPF memiliki jarak administratif default yang lebih rendah daripada rute yang dikeluarkan oleh Protokol Informasi Perutean. Secara default, OSPF memiliki jarak administratif default 110 dan RIP memiliki jarak administratif default 120. Namun, nilai jarak administratif biasanya dapat disesuaikan secara manual oleh administrator jaringan.

 

automatic differentiation (AD)

Dalam matematika dan aljabar komputer, diferensiasi otomatis (AD), juga disebut diferensiasi algoritmik, diferensiasi komputasi, diferensiasi otomatis, atau hanya autodiff, adalah seperangkat teknik untuk mengevaluasi turunan dari fungsi yang ditentukan oleh komputer program.

AD mengeksploitasi fakta bahwa setiap program komputer, betapapun rumitnya, mengeksekusi urutan operasi aritmatika dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dll.) dan fungsi dasar (exp, log, sin, cos, dll.).

Dengan menerapkan aturan rantai berulang kali untuk operasi ini, turunan dari urutan arbitrer dapat dihitung secara otomatis, akurat untuk bekerja presisi, dan menggunakan paling banyak faktor konstan kecil lebih banyak operasi aritmatika daripada program aslinya.

 

Antiproton Decelerator (AD)

Adalah cincin penyimpanan di laboratorium CERN dekat Jenewa. Itu dibangun dari Antiproton Collector (AC) untuk menjadi penerus Low Energy Antiproton Ring (LEAR) dan mulai beroperasi pada tahun 2000.

Antiproton dibuat dengan menumbuk sinar proton dari Proton Synchrotron pada target logam. AD memperlambat antiproton yang dihasilkan menjadi energi 5,3 MeV, yang kemudian dikeluarkan ke salah satu dari beberapa percobaan yang terhubung.

Tujuan utama percobaan di AD adalah untuk mengamati secara spektroskopi antihidrogen dan mempelajari efek gravitasi pada antimateri. Padahal setiap percobaan di AD memiliki tujuan yang bervariasi mulai dari pengujian antimateri untuk terapi kanker hingga penelitian simetri CPT dan antigravitasi.

 

Active Disassembly (AD)

Adalah teknologi yang berkembang yang dikaitkan dengan istilah Active Disassembly using Smart Materials (ADSM). Bahan pintar yang digunakan oleh AD termasuk, polimer memori bentuk, lapisan pintar, semprotan, polimer rekayasa, dll. Pengembangan teknologi ini dapat membuat daur ulang produk konsumen lebih umum dan dengan demikian menjadi ramah lingkungan.

 

aggregate demand (AD)

Dalam ekonomi makro, permintaan agregat atau permintaan akhir domestik adalah total permintaan barang dan jasa akhir dalam suatu perekonomian pada waktu tertentu. Ini sering disebut permintaan efektif, meskipun di lain waktu istilah ini dibedakan. Ini adalah permintaan untuk produk domestik bruto suatu negara. Ini menentukan jumlah barang dan jasa yang akan dibeli pada semua tingkat harga yang memungkinkan. Pengeluaran konsumen, investasi, pengeluaran perusahaan dan pemerintah, dan ekspor neto membentuk permintaan agregat.

 

Daftar singkatan akronim kepanjangan ad, dilut.com