Sehat Mana Protein Susu Atau Kedelai ?

Protein merupakan salah satu makanan yang penting untuk tubuh. Sumber protein yang paling baik untuk dikonsumsi adalah susu. Sedangkan, susu itu sendiri memiliki dua macam yaitu susu nabati dan susu hewani. Kira-kira dari kedua jenis susu tersebut, mana yang akan Anda pilih?

Susu nabati adalah susu kedelai yang terbuat dari biji kedelai. Sedangkan susu hewani adalah susu yang berasal dari sapi, kambing ataupun kuda. Bagi sebagian orang yang alergi dengan laktosa susu sapi sangat disayangkan tidak bisa menikmati nutrisi yang ada pada susu sapi. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang alergi dengan susu hewani, harus mengganti sumber protein dengan susu kedelai.

Namun, dari kedua jenis susu tersebut mana yang lebih memiliki kualitas nutrisi lebih baik? Kedua jenis susu, baik susu nabati atau hewani sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Asalkan dikonsumsi dengan takaran yang tepat dan tidak berlebihan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh susu nabati ataupun hewani:

 

Protein Kedelai

Susu kedelai bagus untuk dikonsumsi karena hampir tidak memiliki kandungan lemak. Hal itulah yang membuat susu kedelai bagus untuk kesehatan karena bebas kolesterol dan kaya antioksidan. Tidak sulit untuk menemukan susu kedelai, karena sudah banyak dijual di pasaran.

Namun Anda juga harus berhati-hati, mengkonsumsi susu kedelai terlalu banyak juga tidak baik. Pasalnya, kebanyakan kacang kedelai yang diproduksi melalui perawatan sudah terkontaminasi bahan kimia. Selain itu, susu kedelai juga dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak estrogen yang dapat memicu kanker dan menurunkan pertumbuhan otot.

 

Protein Susu

Susu yang berasal dari hewan merupakan salah satu pilihan terbaik jika Anda ingin meningkatkan masa otot. Susu sapi mudah dicerna dan baik untuk pertumbuhan anak. Susu hewani memiliki antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Namun kekurangannya, susu sapi mengandung lemak yang dapat memicu kolesterol. Selain itu susu sapi juga bisa mengakibatkan alergi laktosa. Apabila Anda ingin mengkonsumsi susu sapi pilihlah susu yang low-fat atau non-fat.

Keduanya sama-sama sehat namun jika berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Jadi susu nabati atau susu hewani yang akan Anda pilih?