Sehat Berpuasa Dengan Buah Berserat

Beberapa ahli gizi berpendapat, mengkonsumsi buah dan sayur sangat penting selama berpuasa. Buah dan sayur ini sangat baik jika dikonsumsi ketika sahur ataupun berbuka puasa. Di samping itu, Anda juga perlu mengurangi makanan yang mengandung lemak dan makanan manis selama berbuka puasa. Lebih baik, mulailah untuk mengganti makanan atau minuman manis selama berpuasa dengan buah-buahan yang mengandung serat.

Dalam hal ini, Anda perlu mengkonsumsi buah yang cukup. Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah seadanya. Konsumsilah buah-buahan sesuai dengan kebutuhan. Untuk wanita konsumsilah buah-buahan sebanyak 75%. Sedangkan pria, membutuhkan buah-buahan untuk melengkapi kebutuhan seratnya lebih banyak dari wanita yaitu 90%.

Buah yang dikonsumsi adalah buah yang harus kaya serat. Tujuannya agar Anda bisa merasa kenyang lebih lama dengan rendahnya indeks glikemik dan vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang lebih baik.

Jika Anda mengkonsumsi buah dengan serat yang cukup, saluran cerna Anda menjadi tetap sehat karena proses pencernaan berusaha membantu dengan cara yang lebih optimal. Kadar glukosa dalam darah pun menjadi lebih stabil sehingga Anda pun tidak mudah merasa lapar.

Selain itu, buah yang Anda konsumsi harus mengandung vitamin yang tinggi dan bernutrisi tinggi agar kebutuhan vitamin harian Anda dapat tercukupi dengan baik. Salah satunya seperti buah kiwi.

Bagi Anda yang pada dasarnya memiliki pencernaan yang sensitif, konsumsilah buah-buahan setelah makan sahur ataupun takjil manis setelah berbuka puasa. Buah memang sangat aman dikonsumsi oleh siapa pun. Buah yang Anda konsumsi sangat baik bagi kesehatan tubuh.