8 Menu Sarapan Pagi yang Sehat Untuk Diet

Menu Sarapan Pagi yang Sehat Untuk Diet

Diet menjadi metode yang efektif untuk menurunkan berat badan. Banyak orang melakukan bermacam-macam diet. Namun, kita tidak bisa sembarangan memilih makanan untuk diet. Kita perlu memperhatikan bahan makanan yang bergizi lengkap dan sehat. Orang diet pun tidak boleh melewatkan sarapan karena sarapan justru sangat penting untuk mengendalikan berat badan.

Ada banyak bahan makanan yang direkomendasikan untuk sarapan pagi yang sehat untuk diet. Makanan untuk diet harus kaya protein, serat, dan mineral agar dapat memberikan energi untuk tubuh. Dengan nutrisi yang terpenuhi, kita dapat menjalankan aktivitas dengan lebih baik.

 

1. Telur

Telur adalah sumber protein yang memiliki mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh. Selain nutrisinya lengkap, telur sangat mudah diola. Kandungan protein yang tinggi dapat mengurangi nafsu makan, sehingga cocok untuk sarapan. Sebuah penelitian menyatakan 152 orang dewasa yang mengganti sarapan bagel dengan telur berhasil menurunkan berat badan 65 persen selama delapan minggu.

2. Biji Gandum

Biji gandung sehat untuk sarapan karena rendah kalori dan mengandung mineral dan vitamin yang tinggi. Mengkonsumsi biji gandum dapat menurunkan berat badan karena berserat tinggi. Sehingga kita tidak mudah lapar setelah makan biji gandum. Biji gandum dapat dinikmati bersama susu dan yoghurt.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang sangat baik untuk sarapan. Makanan ini mengandung serat, vitamin B, kalsium, magnesium, zat besi, dan protein nabati yang tinggi sehingga cocok untuk diet. Bahkan oatmeal dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena mengandung beta-glucan yang menurunkan kadar kolesterol. Bahkan, oatmeal menjadi bahan bakar probiotik yang membantu bakteri baik bertahan hidup dan berkembang.

4. Alpukat

Alpukat adalah buah bertekstur lembut dengan lemak nabati yang baik untuk jantung. Selain itu, dengan mineral dan vitamin yang baik, alpukat mudah meningkatkan rasa kenyang setelah memakannya tanpa rasa berlebihan. Kita bisa memadukan alpukat dengan roti saat sarapan untuk diet. Seratnya yang tinggi membuat kita tidak mudah merasa lapar setelah memakan alpukat.

5. Pisang

Pisang memiliki 100 kalori dan mengandung serat makanan yang cukup tinggi. Sehingga buah ini bisa menjadi alternatif sarapan untuk diet. Serat yang terkandung di dalamnya membantu pengosongan perut. Selain itu, berbagai penelitian membuktikan meningkatkan konsumsi serat dari buah dan sayuran dapat menurunkan berat badan secara efektif. Pisang dapat dinikmati dengan oatmeal dan yogurt yang juga baik untuk tubuh.

6. Greek Yogurt

Selain baik untuk pencernaan, yogurt juga efektif membantu diet. Greek yogurt adalah yogurt yang baik untuk diet karena mengandung protein yang sehat sehingga menjadi salah satu menu sarapan yang baik. Dikutip dari Healthline, 20 wanita yang mengkonsumsi yogurt protein tinggi sebagai cemilan mampu menurunkan asupan hingga 100 kalori dibandingkan cemilan chips dan coklat. Greek Yogurt dapat dicampurkan dengan oatmeal dan biji gandum.

7. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki lemak sehat, protein, dan omega-3 yang dapat membuat kenyang dan berenergi. Salmon cocok untuk sarapan dengan pengolahan yang benar, seperti dimasak dengan margarin rendah lemak atau minyak zaitun dan dipadukan dengan sayur-sayuran segar.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat padat kalori, dan dapat menyeimbangkan gizi antara protein, serat, dan lemak yang dapat menyehatkan jantung. Kacang-kacangan dapat menjadi sarapan yang baik jika dipadukan dengan makanan sehat lainnya. Kacang almond menjadi salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk diet. Kita perlu membatasi asupan sampai satu ons agar kalori tidak menumpuk.

Itulah beberapa menu sarapan pagi yang sehat untuk diet. Kita bisa memadukan bahan-bahan makanan tersebut. Tentunya dengan memperhatikan perhitungan kalori yang tepat untuk diet.