Rekomendasi 11 Tempat Wisata di Jawa Barat

Jika Anda sedang berada di Provinsi Jawa Barat, Inilah rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi :

1. Telaga Warna

Lokasinya terletak 45 km dari Kota Bogor ke arah tenggara (puncak). Telaga ini terletak di tengah hutan tropis pada sebuah perkebunan yang memiliki kemiringan tanah 45 derajat dan udara di sekitarnya yang sangat sejuk. Tempat ini sangat cocok bagi wisata keluarga. Konon telaga ini airnya dapat berubah warna dikarenakan pantulan sinar matahari.

2. Masjid Atta’Awun

Pada halaman Masjid ini Anda bisa memanjakan mata Anda dengan panorama pegunungan, hamparan perkebunan teh yang indah dengan ketinggian 1.400 di atas permukaan laut. Udaranya pun begitu sejuk dan segar. Tempat ini selalu menjadi persinggahan favorit bagi para wisatawan yang ingin beristirahat, shalat, atau sekedar duduk-duduk santai di mesjid.

3. Gunung Mas

Di kawasan perkebunan teh ini Anda juga bisa melihat proses pembuatan teh mulai dari proses memetik daun teh, sampai menjadi air teh. Selain itu kita bisa menikmati pemandangan khas puncak dan menikmati udara segar di sekitar perkebunan teh. Perjalanan berkeliling kebun teh atau sering juga disebut tea walk juga cocok di area ini. Di sekitar kawasan ini tersedia fasilitas penginapan, gedung pertemuan, olahraga, kuda pony yang bisa ditunggangi, dan hal menarik lainnya.

4. Taman Safari Indonesia

Bila ingin lebih seru lagi, Anda dapat berkunjung ke Taman Safari Indonesia, di Cisarua. Di sana kita bisa melihat lebih dekat tingkah laku satwa liar atau satwa jinak yang sudah terlatih yang bebas berkeliaran di dalam lingkungan yang dibuat mendekati habitat aslinya. Banyak wahana permainan yang tersedia di Taman Safari Indonesia, di sana juga tersedia fasilitas penunjang lainnya seperti restoran, penginapan, kolam renang, dan lain sebagainya.

5. Curug Cilember

Di kawasan ini juga terdapat Curug Cilember, air dan udaranya begitu sejuk dan segar, serta hamparan pemandangannya yang menyegarkan dan membuat Anda betah berada di tempat ini.

6. Instana Presiden Cipanas

Istana ini dibangun pada tahun 1740 oleh Van Heuts di atas tanah seluas 25 Ha. Istana Cipanas ini terletak di kaki Gunung Gede, letaknya 103 km dari Kota Jakarta. Pemandangan di sekitar istana yang ditumbuhi sayur-sayuran, buah-buahan, serta tanaman hias memberi nuansa asri istana, Istana ini dapat dikunjungi oleh masyarakat umum dengan izin khusus dari Sekretaris Negara.

7. Gunung Gede

Gunung Gede merupakan tempat favorit untuk para pendakian dan berkemah. Hampir setiap pekan, ada saja pecinta alam yang mendaki puncak Gunung Gede yang tingginya 2.958 dari permukaan laut itu. Dari puncak Gunung Gede, Anda dapat menyaksikan kota-kota terdekat seperti Cipanas, di sebelah utara, Sukabumi, di selatan, dan Cianjur, di sebelah timur Bogor.

8. Situs Gunung Padang

Situs yang menarik untuk dikunjungi ini berada di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka. Situs Gunung Padang merupakan situs megalitik berbentuk punden berundak yang terbesar di Asia Tenggara. Di kalangan masyarakat setempat, situs ini dipercaya sebagai bukti upaya Prabu Siliwangi untuk membangun istana dalam satu malam. Bangunannya terdiri dari lima teras dengan ukuran berbeda-beda. Batu-batu itu sama sekali belum mengalami sentuhan tangan manusia.

9. Danau Leuwi Soro

Danau Leuwi Soro adalah tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi wisatawan. Airnya bening dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan teduh. Loksi danau ini berada di Kecamatan Pagelaran, 65 km dari Kota Cianjur.

10. Taman Rekreasi Cimalati

Objek wisata ini terletak di kaki Gunung Salak, kurang lebih 33 km dari Kota Sukabumi. Daya tarik objek wisata ini adalah sumber mata air yang jernih , kolam ikan hias, tempat bermain anak. Fasilitas yang tersedia antara lain: bungalow, restoran, ruang pertemuan, panggung pertunjukan, kolam renang, dan lain sebagainya.

11. Pantai Ujung Genteng

Pantai ini terletak di Kecamatan Ciemas, kurang lebih 135 km dari Kota Sukabumi. Fasilitas yang tersedia di pantai ini antara lain: sampan, perahu motor. Di sana Anda dapat melihat panorama laut dengan deburan ombak dan pemandangan nelayan yang sedang mencari ikan.