6 Prinsip Laki-Laki Sejati

Gambar Lelaki Sejati Sayang Ayah

Anak laki-laki yang tumbuh menjadi pria dewasa terbaik adalah mereka yang matang mengemban satu peran. Mereka tidak memenuhinya karena sebuah tuntutan, namun mereka memang menginginkan peran tersebut. Laki-laki sejati adalah laki-laki pemelihara keluarganya, aktif bermasyarakat, dan peduli terhadap penderitaan orang lain.

 

Berikut ini adalah 6 prinsip laki-laki sejati

 

1. Mencari gaya hidup, komunitas, dan pasangan yang memungkinkan Anda mendapatkan keseimbangan dan kedekatan dengan Tuhan, kerukunan keluarga, dan kerja yang berkesinambungan seumur hidup

Tujuan utama eksistensi manusia adalah hidup dalam keseimbangan, antara memenuhi kewajiban terhadap dirinya sendiri dan terhadap tiga keluarganya, (keluarga inti, kerabat, dan tetangga), dan pekerjaan apa pun yang sesuai dengan bakat, keterampilan, dan peluang yang dimilikinya. Bekerja 14 jam sehari, jauh dari keluarga dan melupakan Tuhan bukanlah keseimbangan. Keseimbangan juga tidak didapatkan dari kemalasan yang memungkinkan seseorang dekat dengan keluarga, namun tak punya penghasilan tetap.

 

2. Memberi nafkah, melindungi, dan merawat orang-orang yang Anda cintai

Seorang laki-laki sesuai batas kemampuan terbaiknya, memiliki tanggung jawab suci menyediakan makanan, pakaian, tempat tinggal, keselamatan fisik, cinta tanpa pamrih, rasa hormat, dan pengasuhan langsung bagi keluarganya. Memberi nafkah, melindungi dan merawat menuntut laki-laki untuk memiliki kualitas sebagai pecinta sekaligus keatria. Ketika seseorang memiliki anak, ini adalah tanggung jawab terpentingnya di planet Bumi.

 

3. Berpartisipasi aktif dalam 3 keluarga

Tanggung jawab laki-laki terhadap masyarakat tak sebatas pada keluarga sedarahnya. Ia tidak hanya membesarkan anaknya sendiri, tetapi juga membimbing anak-anak orang lain. Jika ia tidak memiliki pasangan dan belum menjadi ayah, energi yang seharusnya ia salurkan ke keluarga pertama (keluarga inti) dapat ia arahkan ke dua keluarga selanjutnya (kerabat, dan tetangga).

 

4. Hidup selaras dengan dunia dan alam

Seorang laki-laki bertanggungjawab terhadap lingkungan tempat tinggalnya bahkan jika itu mengharuskannya menguras hartanya ia tidak boleh menghindar. Integritasnya sebagai pria tidak hanya dinilai berdasarkan caranya berelasi dengan sesama manusia, namun juga caranya berelasi dengan alam di sekitar tempat tinggalnya.

 

5. Menempatkan perempuan secara sejajar

Seorang laki-laki sejati harus menghormati perempuan. Laki-laki tidak membiarkan perempuan mengendalikannya atau pun berniat mengendalikan perempuan. Bukankah laki-laki terlahir dari rahim perempuan.

 

6. Menjadi agen perubahan sosial

Seorang laki-laki sejati harus memiliki rasa kasih sayang terhadap anggota masyarakat yang kurang mampu. Dia belum menjadi laki-laki seutuhnya, jika ia tidak peduli terhadap keadaan di sekitarnya. Kepahlawanan sesungguhnya adalah memberi pelayanan dengan sungguh-sungguh.