7 Penyebab Mengapa Anda Sering Merasa Lapar

Ketika lapar biasanya seseorang selalu berusaha mencari makanan. Baik itu makanan yang sifatnya ringan hingga berat sekalipun. Namun, apa jadinya kalau makanan yang Anda makan bukan makanan sehat. Akibatnya, kesehatan badan Anda pun menjadi terganggu.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat Anda terus-menerus merasa lapar. Terutama bagi wanita yang sedang mengalami PMS (PreMenstrual Syndrome) atau yang dikenal sebagai Sindrom Pra Menstruasi. Seorang wanita yang mengalami PMS biasanya akan sering merasa lapar. Rasanya selalu ingin makan ini-itu.

Jika ternyata Anda sering merasa lapar namun tidak sedang PMS, bisa jadi beberapa hal ini yang menjadi penyebabnya. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, yuk simak dulu ulasannya berikut ini!

1. Makan Terlalu Cepat

Makan yang terlalu cepat bisa menjadi salah satu penyebab Anda menjadi sering merasa lapar. Hormon di dalam tubuh tidak dapat bekerja apabila Anda makan terlalu cepat. Itulah mengapa Anda tidak pernah merasa kenyang. Ada beberapa penelitian yang membuktikan, semakin lama mengunyah makanan, Anda bisa merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, makanlah secara pelan-pelan saja dan tidak perlu buru-buru. Toh, makanan yang Anda makan akan tetap masuk ke dalam perut Anda bukan?

2.Kurang Istirahat

Ternyata kurang tidur dan istirahat bisa menjadi penyebab Anda akan mudah merasa lapar. Tubuh akan mengalami kesulitan dalam menghasilkan hormon yang bisa merangsang rasa kenyang Anda. Oleh karena itu, coba perbaiki kualitas tidur Anda agar rasa lapar Anda berangsur-angsur berkurang.

3. Tidak Sarapan

Kebiasaan tidak sarapan pagi merupakan salah satu kebiasaan buruk yang perlu Anda hindari. Pasalnya, tidak sarapan pagi bisa menyebabkan Anda akan merasa sering lapar. Untuk mengatasi hal tersebut, berusahalah untuk sarapan pagi setiap hari untuk mengurangi rasa lapar yang melanda perut Anda.

4. Menonton TV Terlalu Lama

Wah, ada yang mengejutkan lagi! Menonton TV ternyata bisa membuat Anda mudah lapar, lho. Bahkan bisa menyebabkan Anda overweight. Pasalnya, menonton TV terlalu lama membuat Anda tergoda untuk mencari camilan sebagai teman bersantai. Camilan yang Anda pilih belum tentu sehat sehingga membuat Anda mengalami obesitas.

5. Stres Berat

Tahukah Anda, stres bisa menyebabkan Anda lapar? Saat stres tubuh menjadi mudah lapar dan ingin mengkonsumsi semua makanan ringan hingga berat. Akibatnya, Anda tidak tahu makanan yang dimakan sehat atau tidak. Alhasil berat badan pun meningkat akibat terlalu banyak makan.

6. Dehidrasi

Dehidrasi ternyata disinyalir menjadi penyebab perut Anda merasa mudah lapar. Oleh karena itu, mengkonsumsi air putih sangat penting untuk tubuh agar tidak merasa mudah lapar. Selain membuat perut menjadi lebih kenyang, air putih sangat baik bagi kesehatan.

7. Mengunyah Permen Karet

Percaya tidak, mengunyah permen karet bisa menjadi salah satu penyebab Anda merasa lapar? Ketika mengunyah permen karet, air liur akan tertelan ke dalam perut. Hal itu dapat mempengaruhi kondisi perut dalam memproses makanan.

Sekarang sudah tahu kan, hal-hal apa yang bisa menyebabkan Anda sering merasa kelaparan? Untuk mencegah obesitas akibat makanan yang dikonsumsi tidak sehat, lebih baik sadarilah mulai dari sekarang. Semoga informasi di atas berguna ya! Mulai hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk di atas.