Penyebab dan Cara Mencegah Gusi Berdarah

Kesehatan gigi termasuk bagian dari kewajiban menjaga diri sendiri dengan baik. Menyikat gigi secara teratur saja belum cukup untuk menjaga gigi agar tidak sakit. Anda juga perlu memperhatikan kesehatan gusi agar tidak mudah berdarah. Pernahkah Anda mengalami gusi berdarah saat menyikat gigi? Jika iya, maka pertanda keadaan gigi dan gusi kurang sehat. Mengapa gusi Anda dapat berdarah, tentu perlu mengenali akibatnya. Sehingga Anda pun dapat berbagi pengetahuan dengan anak Anda agar selalu peduli menjaga kesehatan mulut, gigi, dan gusi.

Gusi Berdarah Karena Kekurangan Sumber Vitamin

Ada berbagai akibat yang menimbulkan gusi berdarah. Jika terjadi pada anak-anak hingga dewasa, maka kemungkinan terjadi kekurangan konsumsi sumber vitamin. Gusi berdarah sebagai akibat tubuh Anda sangat kurang akan kebutuhan dari vitamin C serta vitamin K. Kekurangan dua sumber vitamin tersebut mudah memicu gusi mengalami luka saat menyikat gigi maupun saat kondisi tertentu. Guna mencegah, tentu Anda perlu mengubah menu makanan yang dikonsumsi setiap hari. Atau perlu menambah makanan dan minuman yang lebih banyak mengandung sumber vitamin. Sehingga gusi Anda dan keluarga pun tidak lagi mudah luka dan berdarah.

Gusi Berdarah Karena Gigi Palsu

Jika gusi berdarah terjadi pada orang tua yang memakai gigi palsu, maka perlu konsultasi kembali dengan dokter gigi. Kemungkinan gusi berdarah akibat pemakaian gigi palsu karena ukuran atau bentuk gigi palsu yang tidak sesuai saat dipakai. Entah terlalu  kencang atau terlalu longgar. Dengan Anda konsultasi ke dokter gigi, maka gusi berdarah akibat gigi palsu dapat segera ditangani.

Gusi Berdarah Dari Timbunan Plak

Sisa makanan yang ada di sela-sela gigi atau pada bagian gigi dan tidak segera dibersihkan, akan berubah menjadi plak. Jika plak tidak segera dihilangkan, maka akan semakin banyak. Bahayanya adalah dapat mengakibatkan gusi berdarah. Plak pada gigi memiliki sifat yang kasar. Tanpa Anda sadari terdapat gesekan pada plak dan gusi sehingga menyebabkan gusi berdarah.

Gusi Berdarah Dari Sikat Gigi Yang Dipakai

Pastikan sikat gigi yang Anda pakai memiliki buku sikat yang halus dan lembut untuk gigi dan gusi. Jangan sampai mengejar harga murah untuk membeli sikat gigi. Buku sikat yang kasar, tajam, dan keras akan menyebabkan gusi Anda mudah berdarah. Demi gigi dan gusi Anda yang sehat lebih baik mengeluarkan budget lebih mahal untuk membeli sikat gigi tanpa perlu melukai gusi. Tentu Anda akan merasakan perbedaan ketika menyikat gigi dengan buku sikat yang halus dengan yang kasar. Manakah yang lebih nyaman untuk gigi dan gusi Anda?

Mencegah Gusi Berdarah

Bagi Anda yang ingin terbebas dari masalah gusi berdarah, maka harus rajin menyikat gigi. Kemudian mencegah dengan perlindungan ganda memakai obat kumur yang mengandung antiseptik pun juga dapat. Obat kumur mengandung antiseptik selain menjaga gigi dan gusi sehat juga dapat merontokkan plak-plak yang mengeras. Pastikan menu makanan Anda berimbang dan memberikan gizi cukup pada kesehatan mulut, gigi, dan gusi. Setiap enam bulan sekali periksakan gigi Anda ke dokter gigi.

Sekalinya gusi berdarah akan memicu sakit gigi. Mengalami sakit pada bagian gigi dan gusi tentu tidak ingin Anda alami. Baru gusi berdarah saja sudah membuat Anda khawatir dan takut. Bagaimana jika ditambah dengan sakit gigi. Demi gigi dan gusi Anda sehat, maka hindari apa saja yang mengakibatkan gusi berdarah dan lakukan pencegahannya dengan benar.