Peluang Usaha Kecil di Rumah Saat Pandemi Covid-19

Gambar Bisnis Corn Dog

Peluang usaha kecil apa saja yang cocok dijalankan di saat pandemi covid-19 yang mengandalkan rumah sebagai tempat jualan? Tentunya, inisiatif membuka usaha baru akibat usaha sebelumnya mengalami kemacetan, atau menjadi korban PHK perusahaan saat pandemi. Sehingga membutuhkan peluang usaha yang tepat di era ini.

Ada kunci utama dalam hal peluang usaha kecil di saat pandemi yaitu dengan kata kunci “di rumah saja.” Artinya membuka usaha dari rumah. Biasanya disebut juga dengan istilah usaha rumahan.

 

Menemukan Ide Peluang Usaha Yang Cocok

Karena membuka usaha kecil di rumah, target market usaha hanya orang di area terdekat rumah usaha. Bisa jadi usaha rumahan mendapatkan sedikit market. Namun sebagian kasus penjualanya justru tetap laris di era pandemi ini. Ini yang menjadi ide dasar membuka usaha.

Market “tetangga” harus menjadi prioritas agar menemukan peluang usaha kecil yang cocok. Walaupun nanti perlu pengembangan market dengan cara periklanan online.

 

Peluang Usaha Kecil Yang Lebih Mementingkan Pertahanan Hidup

Ada kasus sebuah minuman susu yang diklaim bisa sebagai imun penangkal virus covid-19. Penjualannya laris. Padahal sebelumya menjadi minuman yang tidak banyak dilirik orang.

Terlepas benar atau tidak soal khasiat susunya, namun ini sebagai bukti bahwa peluang usaha yang lebih mementingkan pertahanan hidup bisa diandalkan sebagai usaha yang menguntungkan saat pandemi sekalipun usaha di rumah saja.

Contoh lain produk pertahanan hidup adalah olahan rempah-rempah yang berkhasiat menjaga daya tahan tubuh seperti empon-empon, herbal dan sejenisnya.

Contoh lain adalah sembako. Karena peluang usaha ini yang paling diprioritaskan di saat pandemi. Bila kebutuhan sembako macet, yang jelas, kebutuhan konsumsi harian masyarakat bisa terganggu.

 

Peluang Usaha Jajanan Anak Remaja Kekinian

Peluang usaha jajanan masih memiliki market yang bagus, termasuk saat pandemi sekarang ini. Jajanan yang dimaksud adalah jajanan kekinian yang dianggap sebagai jajanan bergizi. Biasanya target marketnya terfokus pada anak remaja.

Peluang usaha jajajan untuk anak kecil dan remaja masih berfokus kebutuhan yang dipentingkan di saat pandemi covid-19 yakni nilai bergizi-nya.

Berikut beberapa jenis produk jajanan yang menjadi bagian usaha kecil rumahan di saat pandemi:

 

1. Usaha Dimsum

Dimsum memang menjadi favorit segala umur. Namun ini masih bisa sebagai peluang usaha kecil yang menarget kalangan remaja.

2. Minuman berbahan susu murni

Minuman kekinian yang sedang tren adalah minuman yang menggunakan bahan utama susu. Baik susu murni atau susu full krim. Kalau susu murni biasanya untuk olahan minuman susu ketan. Kalau full krim menggunakan bubuk perasa minuman.

3. Corn dog

Usaha corn dog sedang viral karena ini bagian dari makanan khas korea. Penggemar kpop dan drakor sepertinya bakalan tahu makanan korea ini. Walaupun makanan ini bukan asli korea.

Corndog biasanya berisi full sosis, sosis+mozarela, dan full mozarela. Bagian luar dilapisi tepungg roti.

4. Hotang

Usaha hotang berbahan yang sama dengan corn dog, baik tepung atau isinya. Hanya saja, bagian luarnya berisi butiran kentang.

5. Sosis telor (sostel)

Olahan sosis telur memang harus menggunakan mesin memasak sostel tersendiri. Tidak memakai api, tetapi menggunakan aliran listrik.

Karena cara dan alat memasaknya yang khas, jajanan sostel menjadi naik peringkat sebagai produk usaha jajanan rumahan yang menguntungkan di saat pandemi.

6. Sosis bakar dan sejenisnya

Sosis bakar biasanya di temani aneka jajanan yang siap untuk dibakar. Jajanan ini masih tergolong laku. Jadi, bisa menjadikan jajanan ini usaha kecil rumahan.

7. Jus buah dan aneka olahan buah lainnya

Jus buah tidak kalah dengan produk jajanan yang lain. Bahkan, jus buah bisa bersanding dengan produk jajanan makanan seperti di atas.

Fokus utama jus buah bisa menggunakan jus minuman jeruk atau jambu merah. Kalau jeruk, biasasa diperas terlebih dahulu. Jalau jus jambu, bisa menggunakan alat blender.

 

peluang usaha kecil dari rumah saat pandemi corona virus covid 19, dilut.com