Pantai Pok Tunggal Pemandangan Asri di Gunungkidul

Gambar Ke Pantai

Ternyata di Gunung Kidul masih tersimpan keindahan pantai yang selama ini tidak banyak diketahui. Karena masih asri, pantai ini berbeda sekali suasananya dengan Pantai Parangtritis yang sudah dulu terkenal.

 

Pantai Pok Tunggal

Jalan menuju pantai-pantai di Gunung Kidul ini juga terbilang cukup sulit. Aksesnya masih susah dan jalananya terjal. Salah satu Pantai yang sangat indah di Gunung Kidul, Yogyakarta, dikenal dengan Pantai Pok Tunggal. Pantai ini berada di antara Pantai Siung dan Pantai Indrayanti. Memang saat ini Gunung Kidul menjadi sangat terkenal dan menjadi incaran para pemburu foto karena ternyata gunung kidul menyajikan keajaiban dan keindahan yang selama ini belum diketahui oleh banyak orang.

Jalan menuju ke Pantai Pok Tunggal ini sulit dan terjal, melewati jalan yang berbatu-batu dan diantara karang yang curam yang berbahaya.

Sekalipun menggunakan kendaraan mobil empat, perjalanan akan terasa lama karena jalan yang tidak mulus membuat kendaraan tidak bisa melaju cepat. Anda akan melewati beberapa tikungan tajam sebelum akhirnya sampai ke kawasan Pantai Pok Tunggal.

 

Pohon Duras

Setelah sampai, maka kesulitan Anda selama perjalanan akan terbayarkan dan semua lelah pasti akan langsung terobati begitu sampai di pantai ini. Laut yang biru dengan deburan ombak serta pasirnya yang putih bersih sungguh menyegarkan mata. Kemudian, Anda juga akan menemukan sebatang pohon Duras yang rindang menangkap pandangan mata Anda. Pohon Duras ini menjadi sebuah tanda di pantai ini dan konon penduduk sekitar sangat menjaga keberadaan pohon ini. Jadi tidak heran jika Anda berbuat macam-macam seperti mencoret atau memanjat pohon ini, pasti Anda akan mendapat teguran dari penduduk sekitarnya.

 

Tebing Yang Tinggi

Tidak hanya pemandangan pohon unik ini saja yang akan menyita perhatian Anda, tetapi juga pemandangan tebing yang berada di sepanjang pantai seolah menjadi benteng yang kokoh menjaga ketentraman di pantai. Tebing-tebing itu merupakan tebing-tebing karang yang tingginya sekitar 50 meter dan akan sangat baik untuk menjadi lokasi panjat tebing yang sampai saat ini belum dimanfaatkan.  Jika Anda ingin bersantai di Pantai ini, maka Anda bisa menyewa tenda-tenda yang disewakan untuk berteduh para wisatawan.