Museum dan Galeri Sang Maestro Affandi

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Affandi? Maestro lukis yang menghasilkan karya seni rupa luar biasa itu memang sudah tiada, namun karya-karyanya hingga kini masih selalu dikenang. Readers pasti akan kagum setelah menikmati lukisan-lukisannya yang indah dan kaya makna. Apalagi, jika itu berasal langsung dari tempat aslinya.

Ya! Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, sudah tentu bagi Anda khususnya sang pecinta seni tidak akan melewatkan kunjungan ke museum yang menampung hidup Affandi ini. Museum Affandi selain menawarkan banyak koleksi karya seninya, juga menyuguhkan “kehidupannya” yang berharga agar penggemarnya dapat melihat langsung apa yang idolanya lakukan semasa hidupnya. Yuk, ikuti.

Museum Affandi berada di Jalan Raya Yogyakarta-Solo, atau tepatnya tepi barat Sungai Gajah Wong. Museum ini memberi Anda kesempatan untuk menilik lebih dalam kehidupan sang maestro dan karya-karya yang beliau hasilkan sampai akhir hayatnya.

Saat menginjakkan kaki di Museum Affandi, Anda akan langsung mengetahui bahwa sosok Affandi memang memiliki selera yang bagus. Bangunannya apik dan beraura seni rupa, dengan penerangan yang cukup dan tidak terlalu terang serta lantai bercorak hijau merah.

Kompleks Museum Affandi terdiri dari tiga galeri. Galeri I yang merupakan tempat pembelian tiket dan dibuka secara pribadi oleh Affandi sejak tahun 1962 dan diresmikan tahun 1974 merupakan galeri pembuka tur yang menyimpan banyak koleksi karya Affandi semasa hidupnya. Lukisan yang umumnya berupa lukisan sktesa dan karya reproduksi ini ditempatkan dalam dua larik atas bawah dan memanjang memenuhi ruangan berbentuk lengkung. Anda pasti akan kagum dengan karyanya yang tidak biasa.

Selain lukisan ada pula barang-barang yang dipakai Affandi semasa hidupnya, misalnya mobil Colt Gallan tahun 1976 yang berwarna kuning kehijauan yang dimodifikasi sehingga menyerupai bentuk ikan. Ada pula sepeda onthel keemasan yang dijadikan alat transportasi beliau, serta reproduksi patung karyanya berupa potret diri bersama putrinya, Kartika.

Setelah puas di Galeri 1, masih ada Galeri 2 untuk Anda kunjungi. Galeri 2 Museum Affandi menyimpan berbagai koleksi lukisan para pelukis baik pemula maupun senior. Galeri 2 ini diresmikan pada tahun 1988. Ada dua bagian di galeri ini. Bagian pertama atau lantai pertama berisi lukisan yang bersifat abstrak, sedangkan bagian kedua berisi lukisan dengan corak realis namun memiliki ketegasan.

Galeri 3 yang menjadi destinasi selanjutnya merupakan bangunan yang berbentuk garis melengkung dengan atap membentuk pelepah daun pisang. Galeri 3 ini multifungsi. Lantai pertama digunakan sebagai tempat pameran dan sanggar melukis anak “Sanggar Gajah Wong”, lantai kedua digunakan sebagai tempat perawatan dan perbaikan lukisan, dan lantai bawah tanah sebagai tempat menyimpan koleksi lukisan.

Tak jauh dari Galeri 3, ada menara yang dapat Anda naiki untuk menikmati panorama seluruh museum. Kemudian ada pula rumah tempat Affandi, istri dan anak tinggal serta tempat sholat unik berbentuk gerobak yang konsepnya hampir mirip seperti caravan. Dan, makam sang maestro itupun dapat kita jumpai di antara Galeri 1 dan Galeri 2.

Apa yang dapat Readers lakukan di Museum Affandi?

Readers dapat sekadar menikmati karya Affandi dan berkunjung ke makamnya, atau dapat mendokumentasikannya sebagai kenang-kenangan. Anda juga dapat menambah wawasan seni rupa Anda setelah berkunjung ke Museum Affandi.

Informasi penting:

Lokasi : Jl. Laksda Adisucipto 167, Yogyakarta 55281, Indonesia.

Phone : (0274) 562 593

Jam buka : Senin – Sabtu 09:00 WIB – 16:00 WIB.

Harga tiket : Rp. 10.000 (anak), Rp. 20.000 (dewasa), Rp. 50.000 (WNA), Rp. 20.000 (kamera), Rp. 10.000 (kamera HP).