Motivasi Menulis Buku Novel Sampai Berhasil Terbit

Gambar Cewek Cantik Menulis Novel

Motivasi Menulis Novel

Pembahasan ini memposisikan diri sebagai pemula dalam motivasi menulis buku novel. Antara pemula dan senior tentunya memiliki cara yang berbeda dalam mendapatkan motivasi. Tentunya, suplay motivasi untuk pemula harus jauh lebih besar karena kesulitan menulisnya masih lebih besar dari mendapatkan motivasi itu sendiri.

Motivasi atau dorongan, bahasa lainnya semangat, perlu hadir dalam menulis. Jangan sampai karena royalti penerbitan buku yang kecil, bisa menghentikan proses menulis buku novel.

 

Dua Kuadran Penghasilan Untuk Mendapatkan Motivasi Menulis

Sebagian penulis menghasilkan tulisan mungkin hanya sebagai hobi. Hal ini menjadi pilihannya. Tetapi, kalau dari hobi bisa menghasilkan uang, kenapa tidak ditekuni dengan serius.

Pada akhirnya, karya penulis ternama dieksekusi oleh perusahaan penerbitan untuk mendapat royalti.

Jadi, lebih baik dari awal menulis buku novel punya tujuan mendapat penghasilan dari menulis. Tujuanya agar bisa menjadi motivasi menulis.

 

Apa yang di maksud dua kuadran penghasilan?

Mengapa kegiatan menulis disarankan untuk memiliki dua kuadran penghasilan?

 

1. Menulis novel untuk meraih penghasilan kerja

Menulis novel untuk meraih penghasilan kerja berarti memiliki motivasi agar bisa bekerja secara optimal dalam memproduksi buku novel. Bayangkan bila tidak bisa bekerja secara optimal, apakah bisa mendapatkan banyak penghasilan kerja?

 

2. Menulis novel untuk meraih penghasilan bisnis

Dalam hal ini, cara pandangnya adalah motivasi menulis novel untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis. Sekalipun menghasilkan satu buku novel, ini sudah bisa untuk meraih banyak penghasilan. Bisa juga mengandalkan buku dari penulis lain. Caranya, tentu dengan melakukan self publishing.

Bila dua motivasi menulis yang berasa dari kudran penghasilan digabungkan menjadi satu, bagaimana hasilnya?

 

Menikmati Proses Mencari Bahan Menulis Novel

Biasanya, penulis yang merasa tidak memiliki motivasi menulis novel karena memang dukungan bahan menulisnya kurang mencukupi. Bila kurang mencukupi, bagaimana mau bersemangat, termotivasi untuk menulis buku novel? Tidak ada upaya lagi untuk menulis.

Solusinya bisa mencari bahan untuk kebutuhan membuat buku novel. Nikmati saja proses mencari bahannya agar bisa mengembalikan motivasi menulis.

Banyak jalan untuk mencari bahan, salah satunya mengamati objek yang akan dijadikan latar cerita.

 

Menulis Buku Novel Yang Menggambarkan Cinta Pribadi Penulis

Banyak penulis yang memiliki motivasi menulis cerita khususnya menulis novel, berasal dari cinta pribadi si penulis itu sendiri. Wajar bila yang merajai pernovelan adalah novel seputar cinta, terlepas apapun jenis genre-nya.

Bila memang motivasi menulis buku novel bisa datang dari kehidupan cinta seorang penulis, tentunya bisa membangun pengalaman cinta kembali untuk menghasilkan buku novel.

Pengalaman cinta orang lain tidak bisa dijadikan motivasi menulis buku novel. Karena pengalaman orang lain belum dirasakan oleh si penulis. Hanya saja, pengalaman cinta orang lain bisa dimanfaatkan untuk novel berikutnya.

 

Merencanakan Pembagian Kerja Menulis Buku Novel

Biasanya, motivasi menulis buku novel atau lainnya bila sudah melakukan pembagian kerja. Mengapa? Karena pembagian kerja sendiri adalah keringanan kerja. Bila suatu pekerjaan menjadi ringan, motivasi kerja menjadi bagus.

Bagaimana cara melakukan pembagian kerja?

  1. Tentukan total jumlah kata untuk satu buah buku novel. Misal 40.000 kata untuk 300 halaman.
  2. Membuat pembagian alur dalam sebuah bab buku novel.
  3. Membagi jumlah kata yang akan tulis per harinya. Misal minimal 2000 kata per hari.
  4. Membagi jatah cerita untuk masing-masing tokoh.
  5. Menentukan jumlah latar.

Cara pembagian seperti ini bisa membuat batin terasa lega untuk menulis buku novel. Otomatis, motivasi menulis menjadi lebih baik.