Monkasel, Wisata Bersejarah di Surabaya Yang Harus Dikunjungi

Bagi Anda yang bukan orang Surabaya tentu bertanya-tanya apa itu Monkasel ? Adalah singkatan dari Monumen Kapal Selam yang ada di Surabaya. Tepat berada di pusat kota arek-arek Surabaya yang harus Anda kunjungi ketika berwisata ke Surabaya. Bagi Anda yang senang dengan kapal, maka paling tidak sudah dapat melihat secara langsung body dari kapal selam. Sebab di Museum Kapal Selam ini bukanlah kapal selam biasa yang menjadi koleksi museum.

Kapal Selam Bersejarah

Menuju ke Museum Kapal Selam, Anda sudah disambut oleh kapal selam KRI Senopati 410.warna body hijau tua menjadi warna yang dominan. Merupakan kapal selam yang menaruh nilai sejarah. Sebab kapal selam ini dilibatkan dalam pertempuran guna pembebasan propinsi Irian Barat di laut Aru. Pada zaman Belanda, kapal selam ini sudah dioperasikan untuk mempertahankan salah satu propinsi yang ada di Indonesia. Kapal selam KRI Senopati 410 ini telah beroperasi sejak lama. Dan menjadi kapal selam yang memiliki usia tua. Telah merasakan pahitnya peperangan dan penjajahan yang terjadi di Indonesia. Sehingga melihatnya masih bertahan meskipun hanya untuk dimuseumkan dan tidak dioperasikan lagi, tetap saja bangga dengan kerja dari KRI Senopati 410 ini.

Buatan Uni Soviet

Menjadi kapal selam milik Indonesia bukan berarti dibuat oleh orang Indonesia pula. Melainkan dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1952. Jenis dari kapal selam ini adalah SS Whisky Class. Kemudian diberikan nama KRI Senopati 410 sebagai bagian dari armada untuk angkatan laut Indonesia dalam masa penjajahan kala itu. Sehingga Anda tentu menjadi lebih tertarik untuk memilih tempat wisata Monkasel ini. Kapan lagi Anda dapat melihat secara lebih dekat kapal selam yang sangat besar di Indonesia. Dan kini di museumkan di salah satu tempat yang ada di kota Surabaya.

Kapal Selam Yang Tetap Utuh

Sangat menarik dengan Anda menjadikan Monumen Kapal Selam sebagai salah satu tempat tujuan wisata di Surabaya. Apakah Anda sempat berpikir bagaimana caranya untuk membawa kapal selam yang sangat besar tersebut hingga dapat tetap utuh ke daratan. Semua orang bertanya dan semua pertanyaan dijawab dengan satu jawaban. Kapal selam KRI Senopati 410 ini dibawa dengan cara dipotong-potong terlebih dahulu. Sehingga menjadi banyak bagian yang terpisah agar mudah untuk dapat dibawa ke daratan. Setelah semua body berhasil di bawa ke daratan, maka mulailah untuk disusun atau perangkaian kembali dari seluruh body kapal selam tersebut.

Tempat Wisata Untuk Belajar

Mengunjungi Monumen Kapal Selam yang ada di kota Surabaya tidak sekadar untuk menyaksikan kapal selam KRI Senopati 410. Namun juga untuk belajar. Tentu bagi Anda yang memang tertarik dalam dunia angkatan laut atau transportasi laut ini akan begitu detail memperhatikan setiap bagian dari kapal selam yang dipajang. Anda dapat mengenal dengan lebih jelas seperti apa bentuk dari kapal selam itu sebenarnya. Dan menjadi wisata yang mengasyikan karena Anda memilih Monumen Kapal Selam yang dapat menjadi sarana wisata dan belajar.

Sekali-kali ajaklah keluarga Anda untuk wisata ke Surabaya dan menuju ke Monkasel. Apalagi jika Anda memiliki anak laki-laki yang suka sekali dengan kapal selam. Selama ini hanya melihat melalui televisi dan kartun. Ketika berkunjung ke Monumen Kapal Selam di Surabaya, anak Anda dapat menyaksikannya secara langsung. Memilih tempat wisata tentu saja tidak harus selalu menuju ke pesona alam tentunya.