12 Menu Makanan Sehat Untuk Anak Anda

Memilih menu makanan yang sehat bagi anak-anak itu penting diketahui oleh para ibu. Pasalnya, anak-anak masih berada dalam usia pertumbuhan sehingga mereka perlu mendapatkan asupan makanan sehat yang bernutrisi baik untuk tubuhnya.

Dalam hal ini, tumbuh kembang anak pun sangat dapat dipengaruhi oleh beragam jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh anak.

Anak harus dihindarkan dari berbagai jenis makanan olahan ataupun makanan ringan yang memiliki kandungan gula dalam jumlah banyak. Pasalnya, makanan tersebut sangat tidak sehat. Apabila dibiarkan secara terus menerus bisa membuat sistem kekebalan tubuh anak pun menjadi lemah sehingga sangat berpengaruh buruk pada kesehatan mereka.

Setiap manusia pasti membutuhkan asupan gizi yang berbeda-beda, terutama bagi orang dewasa dan anak-anak. Masing-masing anak pasti membutuhkan jumlah kalori yang banyak namun nutrisi yang seimbang agar mengalami tumbuh kembang yang baik. Begitu pula dengan diet rendah lemak sangat dianjurkan bagi anak-anak ataupun orang dewasa.

Biasanya makanan yang sehat dan bergizi selalu dikaitkan dengan jumlah asupan buah atau sayuran yang seimbang. Namun, selain kedua jenis makanan tersebut ada beberapa jenis makanan bergizi lainnya yang dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memberikan asupan yang baik pula untuk anak-anak.

Untuk mendapatkan makanan yang seimbang pada anak, sebaiknya berilah anak Anda beragam jenis makanan sehat untuk anak :

1. Biji-bijian atau Kacang-kacangan

Bahan makanan seperti biji-bijian atau kacang-kacangan sangat bermanfaat untuk anak. Biji-bijian atau kacang-kacangan memiliki kandungan omega 3 yang dibutuhkan oleh anak-anak. Omega 3 tersebut sangat baik dalam mempengaruhi pekembangan otak yang sehat dan kecerdasan seorang anak agar dapat tumbuh secara optimal. Kacang-kacangan atau biji-bijian tersebut merupakan sumber serat yang tinggi sehingga bermanfaat dalam menutrisi anak Anda

2. Tahu

Tahu merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Tahu memiliki kandungan vitamin B, kalsium, zat besi dan merupakan sumber protein yang sangat baik untuk tubuh anak-anak. Beberapa jenis kandungan yang terdapat pada tahu inilah yang sangat baik untuk menutrisi anak sehingga mempengaruhi pertumbuhan anak dengan tepat dan menjaga kesehatan tulang mereka.

3. Yoghurt

Yoghurt memiliki rasa yang nikmat dan makanan ini dikenal sebagai sumber bakteri baik atau probiotik. Yoghurt berperan dengan sangat penting dalam menjaga kondisi perut seorang anak agar tetap sehat dan bebas dari berbagai macam masalah penyakit yang terjadi pada pencernaan ataupun diare. Ternyata, yoghurt juga memiliki kandungan kalsium yang lebih banyak dibanding secangkir susu. Yoghurt yang memiliki rasa manis juga bisa digantikan dengan yoghurt yang memiliki kandungan lemak yang lebih rendah. Selain itu, Anda juga dapat menyajikan yoghurt dengan ditambah satu sendok maduk dan diberi taburan buah-buahan yang masih segar.

4. Susu

Sumber makanan lain yang mengandung kalsium adalah susu. Susu sangat kaya akan kalsium seperti yang telah diketahui oleh banyak orang. Kalsium yang terdapat di dalam susu jumlahnya sangat banyak sehingga sehat dan penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi agar tetap kuat. Kandungan vitamin D yang terdapat dalam susu sangat membantu dalam penyerapan kalsium. Bagi anak-anak yang tidak suka susu biasa, Anda bisa memberikan susu seperti dengan tambahan rasa seperti cokelat, stroberi, ataupun vanilla.

5. Mangga

Mangga merupakan salah satu jenis buah yang sangat baik untuk anak karena memiliki kandungan vitamin C. Buah tropis yang memiliki rasa manis ini sangat bermanfaat dalam membantu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga gusi dan gigi pada anak. Mangga mengandung kalori yang cukup rendah, yaitu hanya sebesar 100 kalori.

6. Salmon

Ikan salmon terkenal sebagai ikan yang memiliki warna merah muda sebagai sumber asam lemak omega 3 yang baik. Ikan ini juga sangat penting dalam mempengaruhi perkembangan otak dan kesehatan jantung pada anak. Salmon memiliki kandungan protein dengan kualitas yang cukup tinggi sehingga sangat dibutuhkan dalam mempengaruhi pertumbuhan perkembangan anak-anak dengan tepat. Ikan salmon yang rendah merkuri sangat baik dikonsumsi dibanding dengan jenis ikan lainnya. Biasanya salmon akan terasa lebih nikmat jika disajikan dengan roti dan dijadikan seperti burger. Anda juga bisa melakukan cara lain, yaitu mengkonsumsi salmon dengan cara dibakar dan diberi bumbu. Anak Anda pasti menyukainya.

7. Wortel

Betakaroten yang terkandung pada wortel merupakan senyawa yang dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang sangat berguna untuk anak-anak. Vitamin A yang terdapat pada wortel ini dapat dijadikan sebagai antioksidan yang bermanfaat baik dalam menjaga kesehatan mata Anak dan menangkal radikal bebas.

8. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu sumber makanan yang harganya cukup murah. Gizi yang terkandung di dalam ubi jalar pun cukup tinggi. Ubi jalar ini juga sangat baik dalam menjaga kesehatan mata dan juga berfungsi sebagai antioksidan yang baik di dalam tubuh. Rasa ubi jalar yang manis sangat disukai oleh anak-anak. Ubi jalar pun bisa dijadikan sebagai sumber olahan yang beragam.

9. Alpukat

Alpukat memang mengandung lemak. Namun, lemak yang terkandung pada alpukat sangat baik. Anak-anak membutuhkan 25% – 35% kalori yang disediakan oleh lemak dan alpukat merupakan salah satu solusi yang tepat. Alpukat memiliki rasa yang lezat. Pada alpukat matang, Anda bisa menghancurkannya dan kemudian dapat dicampur dengan jus lemon dan garam agar kalorinya meningkat. Berikan alpukat pada anak sejak usia dini sebagai salah satu sumber makanan yang memiliki asupan lemak yang sangat baik bagi awal kehidupan mereka.

10. Pop Corn

Pop corn merupakan salah satu jenis camilan yang juga sehat untuk anak-anak. Pop corn merupakan sumber biji-bijian yang rendah kalori dan lemak. Makanan ini juga dibuat tanpa minyak sehingga dapat dijadikan sebagai sumber makanan yang bergizi di antara waktu makan.

11. Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis sumber makanan yang sehat dan sangat baik untuk anak ataupun balita. Tomat memiliki kandungan antioksidan yang dapat memberikan manfaat dalam mencegah penyakit seperti jantung atau kanker pada anak di usia dini. Oleh karena itu, anak-anak perlu mengkonsumsi tomat untuk melengkapi kebutuhan gizi mereka dengan baik.

12. Leci

Buah leci yang kecil dan manis ini ternyata sangat disukai oleh anak-anak ataupun balita loh. Rasanya yang nikmat membuat anak-anak selalu tergoda untuk mengkonsumsi buah ini. Buah leci sangat baik untuk anak karena kaya akan kandungan serat dan vitamin. Oleh karena itu, sajikan leci pada anak Anda. Sudah pasti mereka akan menyukainya.

Bagi seorang anak, makanan yang bergizi memang sangat penting dan diperlukan oleh tubuh. Sebagai orangtua, sudah selayaknya kita memberikan anak makanan yang bergizi dan seimbang untuk memberikan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tulang ataupun otot mereka.

Makanan seperti permen, minuman ringan dan keripik adalah makanan yang rendah nutrisi dan sangat penting untuk dihindari sedini mungkin. Lebih baik berikan mereka makanan sehat yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi sudah selayaknya kita memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh mereka.

Selamat mencoba.