Mensiasati Dapur Yang Sempit Menjadi Nyaman

Anda memiliki masalah pada ruangan atau space dapur yang minim? Padahal dapur begitu penting bagi setiap rumah dimana para ibu rumah tangga akan memulai aktifitas rutin menyiapkan sarapan dan juga makan malam untuk keluarga. Sebagai ibu rumah tangga juga, mungkin anda juga merasakan hal yang sama. Anda tentu ingin sesuatu yang membuat aktifitas rutin anda ini terasa nyaman dan fleksibel. Sehingga anda juga akan merasa lebih efektif dan efisien ketika membuat suatu hidangan.

Iya, dapur begitu penting, bahkan ada yang mengatakan bahwa dapur adalah jantung rumah. Dapur yang baik ternyata tidak perlu luas layaknya dapur istana, dapur minim anda juga dapat anda siasati menjadi lebih fungsional dan efektif saat digunakan. Bagaimana caranya? Berikut kami akan memberikan sedikit langkah untuk mensiasati dapur sempit anda menjadi dapur yang nyaman dan fungsional saat digunakan:

1. Kitchen Set

Langkah awal, yaitu mengukur seberapa luas dapur anda. Kemudian tentukan furniture yang baik untuk digunakan. Furniture yang sangat cocok sekali untuk dapur minimalis adalah kitchen set. Namun, ukuran kitchen set juga berbeda-beda. Bentuk dan model pun berbeda. Untuk itu, penting bagi anda mengetahui ukuran dapur anda terlebih dahulu, sehingga anda dapat menentukan desain kitchen set yang pas untuk dapur minim anda.

Tentukan apakah ruangan tersebut masih bisa menampung meja makan atau tidak? Jika tidak mungkin anda bisa memilih kitchen set dengan bentuk L yang mana ini memiliki meja kerja yang dapat anda gunakan sebagai meja makan. Anda tinggal menempatkan dua kursi atau lebih jika space memungkinkan. Begitupun pada penempatan kulkas. Pastikan anda memilih jenis kulkas yang minimalis juga agar dapat sesuai dengan space yang ada.

2. Warna Cerah

Warna cat dinding dapur juga berperan penting untuk menciptakan kenyamanan saat didapur. Pilihlah warna cerah seperti hijau muda, orange atau biru muda yang dapat memberikan efek segar pada ruangan. Ventilasi atau jendela dapur juga perlu anda perhatikan. Sirkulasi udara akan membuat kenyamanan dan kesegaran pada atmosfer ruangan.

3. Kebersihan Dapur

Yang paling utama selain penjelasan diatas adalah kebersihan pada dapur tersebut. Dapur kotor sangat tidak bagus karena akan menimbulkan bakteri dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan anda dan keluarga. Selain itu juga, dapur kotor sangat merusak pemandangan dapur anda yang harusnya terlihat desain minimalis yang unik dan nyaman, malah terlihat berantakan.