Menikmati Pantai Bersih Bosnik Biak Papua

Dulu, Biak sempat direncanakan sebagai tempat wisata kelas internasional sekitar tahun 90 an karena banyak sekali tempat wisata tersembunyi yang indah.  Bahkan penerbangan langsung dari Los Angeles, Amerika menuju Biak Papua sudah disediakan untuk mempermudah akses wisatawan asing. Hotel berbintang lima dengan standar internasional pun sudah dibangun bersamaan dengan infrastruktur pariwisata lain. Tapi sayang, semua kandas di akhir tahun 90-an karena krisis ekonomi waktu itu.

Pantai Segara Indah

Tapi hal ini bukan berarti menutup akses tempat wisata. Biak tetap menjadi tambang emas pariwisata Indonesia. Nah, salah satunya tempat wisata di pulau kecil di Papua ini adalah Pantai Bosnik. Pantai ini disebut juga Pantai Segara Indah yang terletak di sisi timur Pulau Biak, tepatnya di Desa Woniki, Biak Timur, Papua.  Pantai ini nan romantis dengan warna laut yang jernih dan pasir bersih yang membentang indah. Walaupun belum terlalu banyak yang datang ke sini tapi pantai Bosnik selalu menjadi favorit para wisatawan lokal maupun asing.

Pantai ini mudah dijangkau hanya 1 jam perjalanan dari pusat kota Biak dengan menggunakan angkot atau kendaraan pribadi. Perjalanan menuju Bosnik itu sendiri juga menarik perhatian. Bagi kamu yang suka dengan aktivitas menantang seperti olahraga panjat tebing, maka daerah ini sangat tepat untuk diuji cobaa.

Pantai Bersih

Hamparan pasir dengan air jernih kebiruan pasti membuat siapa pun yang datang ke sana terkagum-kagum. Pantai seperti ini sudah jarang ditemukan di  tempat lain. Jadi menikmati pantai sambil menyewa saung yang disediakan oleh warga sekitar atau bentangkan tikar juga nggak masalah. Pantainya bersih kok jadi tidak perlu khawatir ada sampah deh.

Tersedia saung-saung dalam jumlah banyak banyak dan bisa dipilih untuk kita sewa hanya dengan 50.000 rupiah. Nggak mahal kan? Bisa digunakan sepuasnya lagi. Apalagi jika menikmati pantai dengan pemandangan pulau-pulau kecil di seberang lautan dengan minum es kelapa muda yang segar. Pasti betah berlama-lama di pantai.

Dari kejauhan, pantai Bosnik terlihat landai memanjang namun langsung turun ke bawah menuju laut dalam. Kita juga bisa menikmati indahnya terumbu karang di dasar laut. Disediakan fasilitas untuk snorkeling di sana. Jadi, bisa menikmati langsung keindahannya. Jika ingin sekedar berenang juga bisa kok. Tapi aktivitas ini harus dilakukan dengan hati-hati ya. Soalnya arus laut di pantai Bosnik lumayan kencang.  Jangan sampai hal buruk terjadi saat liburan.

Pantai ini tidak begitu ramai jadi kita bisa bebas duduk di pantai atau bisa juga main voli pantai karena pantai yang landai dan bersih.  Soal biaya masuk ke pantai nan indah ini tidak terlalu mahal hanya 10.000 rupiah saja. Kita bisa puas menikmati pantai Bosnik yang terletak di Desa Woniki. Sambil menikmati tenggelamnya matahari. Indah deh pokoknya!

Bisa juga menikmati pantai lain yang letaknya berdekatan dengan pantai Bosnik yaitu pantai Anggaduber. Pantai ini tidak kalah cantik dan enak banget jika ingin berenang dan snorkeling. Jadi bisa menikmati dua pantai indah sekaligus dalam sehari.