Menciptakan Rumah Yang Sehat Untuk Keluarga

Rumah sehat adalah rumah yang seperti apa? Rumah sehat itu terbilang mencakup banyak aspek. Anda tidak dapat mengatakan bahwa rumah yang bagus adalah rumah yang sehat. Jika Anda memang ingin memiliki rumah yang sehat, maka perlu menciptakan rumah sehat yang sesungguhnya. Berikut ini adalah cara menjadikan rumah sehat yang sesungguhnya untuk Anda ciptakan.

1. Lingkungan Rumah Bersih

Menyapu lantai saja belum dapat mengatakan bahwa rumah Anda bersih. Rumah sehat harus bersih tidak hanya dibagian yang terlihat. Namun juga bagian sudut-sudut yang tersembunyi. Bagian sudut lantai, sudut perabot, langit-langit, sudut langit-langit harus bersih. Halaman rumah pun juga harus bersih. Seminggu sekali bersihkan hiasan yang ada di lemari hiasan dari debu-debu yang menempel. Lap jendela rumah setiap hari agar tidak perlu menumpuk debu-debu dibagian sela-sela jendela yang dapat menyebabkan kuman penyakit. Untuk eksterior rumah, tidak ada sampah yang berserakan seperti dedaunan, genangan air, sampai udara kotor yang mengganggu.

2. Memiliki Tumbuhan Hijau Hidup

Rumah sehat yang sesungguhnya itu memiliki tumbuhan hijau hidup yang ditanam baik di halaman luar rumah juga di dalam rumah. Fungsi tumbuhan hijau hidup di luar rumah akan membuat halaman rumah Anda menjadi asri, sejuk, dan memiliki udara lingkungan rumah yang sehat. Begitu pula dengan menghadirkan tumbuhan hijau hidup di dalam rumah. Memiliki fungsi udara di dalam rumah juga terasa sejuk. Dengan adanya tumbuhan hijau hidup, maka kandungan karbon dioksida berlebih yang ada di sekitar rumah Anda dapat dikurangi dan diserap oleh tumbuhan hijau hidup yang Anda tanam. Sehingga Anda dapat menikmati kesegaran menghirup udara yang lebih banyak mengandung oksigen.

3. Tidak Memiliki Kebiasaan Yang Merugikan Rumah

Rumah sehat yang sesungguhnya itu setiap anggota keluarga tidak memiliki kebiasaan yang akan merugikan anggota keluarga yang lain. Jika kepala keluarga Anda merokok, maka rumah Anda bukanlah menjadi rumah sehat yang sesungguhnya. Jika Anda memiliki hobi untuk membakar sampah di halaman rumah, rumah Anda juga tidak dapat dikatakan sebagai rumah yang sehat. Kebiasaan tersebut akan membawa dampak udara yang tercemar. Setiap anggota keluarga pun akan diharuskan mau tidak mau menghirup udara yang tercemar.

4. Memiliki Pencahayaan Dan Pertukaran Udara Yang Memadai

Rumah Anda apakah memiliki jumlah jendela yang memadai? Setiap ruangan apakah dilengkapi dengan minimal satu buah jendela? Jika iya, maka lanjutkan, apakah setiap ruangan di rumah Anda memiliki ventilasi? Jika iya, maka itulah rumah sehat yang sesungguhnya. Memiliki jumlah pencahayaan yang memadai sehingga setiap ruangan akan terkena dengan terpaan cahaya matahari yang sehat. Kemudian keberadaan ventilasi akan menjadikan pergantian udara berjalan dengan baik.

5. Setiap Anggota Keluarga Merasa Bahagia

Rumah sehat yang sesungguhnya adalah setiap anggota keluarga mampu merasa bahagia. Rasa bahagai menunjukkan tidak ada beban di dalam diri. Rasa bahagia juga menunjukkan kondisi setiap anggota keluarga itu sehat. Rumah yang sehat itu memberikan kesan yang membuat seluruh anggota keluarga merasa bahagia. Bukan menjadikan anggota keluarga untuk mudah menjadi sakit-sakitan.

Itulah rumah sehat yang sesungguhnya. Tinggal kembali pada Anda apakah dapat menerapkannya untuk rumah. Memiliki rumah yang sehat, maka akan menimbulkan perasaan yang bahagia. Semua tentu karena suasana rumah yang memang nyaman untuk ditinggali. Rumah sehat idaman Anda kini tentu dapat segera terwujud dengan membiasakan menciptakan rumah sehat sesungguhnya seperti yang dijelaskan di atas.