Menambah Pundi-pundi Tabungan Setiap Hari

Rajin Menabung

Menabunglah jika ingin kaya. Meskipun lebih identik dengan kekayaan materi dan duniawi. Namun ini perlu dipersiapkan sejak dini. Ketika Anda memiliki pundi-pundi tabungan yang berlimpah, di hari esok, Anda tidak akan kebingungan menghadapi setiap pergantian hari.

Berapapun penghasilan Anda, usahakan dapat menabung setiap hari walaupun hanya seratus rupiah. Tentu agar Anda dapat menambah pundi-pundi tabungan setiap hari perlu mengatur keuangan harian dengan terorganisir.

Berikut adalah cara agar Anda dapat menambah pundi tabungan setiap hari:

 

Memilah Pengeluaran Dengan Tabungan

Anda tentu tahu apa saja yang harus dibeli untuk memenuhi kebutuhan harian. Kemudian lihat seberapa besar pengeluaran tersebut. Sisa dari pengeluaran tersebut tentu saja harus Anda tabung. Jangan pergunakan sisa tersebut untuk keperluan atau keinginan lainnya. Penghasilan yang Anda terima secara pasti harus dapat membuat Anda memiliki tabungan.

 

Jika Besar Pengeluaran Ada Sisa, Tabunglah

Dari pengeluaran tersebut sedapat mungkin harus sesuai dengan yang telah Anda buat. Sebagai contoh, jika Anda telah menetapkan pengeluaran sebesar lima ratus ribu per bulan. Kemudian ternyata ada sisa, maka segera tabung. Jangan pergunakan sisa dari pengeluaran tersebut untuk keperluan lain.

Batasi sikap konsumtif Anda, jika memang ingin menambah pundi-pundi tabungan setiap hari. Atau jika Anda akan membeli kebutuhan secara harian dan setiap hari ada sisa, seperti yang sudah dikatakan di awal, sisa seratus rupiah pun harus segera Anda tabung.

 

Tabungan Dari Sisa Pengeluaran Harus Di Bank-kan

Anda harus memiliki tabungan sendiri di rumah untuk menabung sisa dari pengeluaran harian atau bulanan Anda. Kemudian jika sudah penuh, hitunglah tabungan Anda tersebut. Jika sudah memungkinkan untuk ditabung di bank, maka segera tabung di bank.

Tabungan tersebut harus segera Anda bank-kan. Alasannya jelas, agar Anda tidak tergoda untuk mengambilnya untuk hal-hal yang kurang penting. Dengan ini Anda perlu niat bahwa sisa dari pengeluaran adalah untuk ditabung. Sehingga Anda tidak akan ada keinginan untuk menggunakan sisa pengeluaran membeli yang memang kurang begitu penting.

 

Sedapat Mungkin Pangkas Pengeluaran Harian Atau Bulanan

Dengan masih mengambil contoh di atas, jika pengeluaran Anda per bulan adalah lima ratus ribu rupiah. Usahakan tidak setiap bulan Anda harus mengeluarkan uang dengan jumlah tersebut. sedapat mungkin Anda mampu memangkasnya setiap bulan atau di bulan-bulan tertentu. Seperti di bulan tertentu, Anda hanya cukup membatasi pengeluaran sebesar empat ratus ribu rupiah. Maka seratus ribu rupiah perlu Anda tabung.

 

Tidak Perlu Kredit Ini Dan Itu

Jika Anda masih seorang diri alias bujang, maka nikmatilah penghasilan Anda dengan baik. Usahakan Anda dapat berhasil untuk setiap hari menambah pundi-pundi tabungan Anda. Sebab belum ada tanggungan seperti mereka yang sudah berkeluarga. Jika kebanyakan orang akan menyisihkan penghasilannya untuk kredit ini dan itu, lebih baik tidak Anda lakukan.

Selama masih memungkinkan untuk tidak melakukan kredit karena Anda memiliki atau merasa tidak terlalu perlu, maka lebih baik tidak kredit. Mengapa, karena dengan anda kredit, alhasil Anda tidak akan dapat menabung sebanyak Anda sebelum kredit. Bahkan sisa pengeluaran yang dulunya dapat ditabung menjadi harus digunakan untuk membayar kredit.

Rajin menabung, maka akan kaya di hari tua. Rajin menabung, maka Anda akan dapat menikmati hidup di masa tua. Rajin menabung, maka Anda dapat mengelola keuangan dengan baik dan terorganisir.