10 Masakan khas Perancis Terenak

Perancis adalah negara yang memiliki budaya bernuansa abad pertengahan yang kental dan unik. Arsitektur indah yang ada di Perancis serta keindahan alamnya membuat kita betah berlama-lama disana. Eits, jangan lupakan juga kulinernya! Justru, kuliner Perancis merupakan kuliner dengan citarasa yang enak dan pas di lidah semua orang. Nah, jika minggu depan Anda berencana berlibur ke Perancis, jangan lewatkan hidangan-hidangan sedap di bawah ini, ya!

1. Creme Brulee

Dari namanya saja, sudah terbayang bagaimana kelezatan Creme Brulee. Pasti yang ada di benak Anda adalah krim yang lembut saat disantap. Ternyata, bahan dasar pembuatan Creme Brulee ini adalah mustard. Creme Brulee merupakan salah satu desert terbaik yang memiliki citarasa manis yang memikat. Campuran vanila, susu, dan buah-buahan yang dimasak di dalam oven menghasilkan Creme Brulee yang nikmat. Hidangan ini sejenis, kok, dengan kue-kue basah di Indonesia.

2. Foie Gras

Siapa yang tidak mengenal santapan ini? Foie Gras, yang terbuat dari hati angsa yang dibuat menjadi pasta, memiliki citarasa lembut seperti mentega yang sangat enak. Pembuatannya pun beragam, mulai dari digoreng hingga dipanggang dengan berbagai cara. Foie Gras sudah terkenal dimana-mana, dan merupakan makanan favorit para raja-raja sejak abad pertengahan. Saking lezaatnya, harga Foie Gras bisa mencapai ribuan dolar di restoran bintang lima di Amerika.

3. Croissant

Anda dapat menemukan croissant di toko roti di seluruh dunia karena rasanya yang enak dan mudah dimodifikasi. Croissant dapat dinikmati bersama segelas teh dan capucino hangat. CNN sudah menobatkan croissant menjadi makanan terenak di dunia. Croissant dapat diisi dengan coklat, keju ataupun daging. Yummy!

4. Beef Bourguignon

Kalau Indonesia punya rendang sebagai jagoannya, maka Perancis juga punya Beef Bourguignon. Masakan ini terbuat dari daging sapi yang telah dimasak dengan anggur merah cukup lama sehingga teksturnya sangat lembut dan bumbunya meresap dengan baik ke dalam daging sapi. Banyak orang rela mengantri untuk seporsi Beef Bourguignon, loh.

5. Nicoise Salad

Yeay, salad! Salah satu hidangan lezat nan sehat ini juga ada “versi Perancis”nya. Nicoise Salad terbuat dari sayuran hijau seperti kentang, kol, kacang hijau dipadukan dengan irisan ikan tuna goreng dan telur rebus untuk meningkatkan nilai gizinya. Hmm!

6. Soupe a I’ oignon

Inilah masakan yang paling sehat dilihat dari bahan-bahan pembuatannya. Makanan ini terbuat dari kaldu daging sapi yang kental dan ditambah dengan suwiran ayam, potongan bawang putih dan parutan keju diatasnya. Nikmat dan sehat.

7. Coq au Vin

Masakan ini terbuat dari kaki ayam yang dimasak dengan anggur merah sehingga empuk dan lembut, serta kaya akan rasa. Memasak Coq au Vin tidak terlalu sulit, sehingga masakan ini populer juga di kalangan ibu rumah tangga di Perancis.

8. Gratin Dauphinois

Walaupun tidak mengandung daging, namun Gratin Dauphinois merupakan salah satu makanan yang mengenyangkan. Makanan ini berbahan dasar kentang dan krim khas Perancis, dan biasanya disajikan saat makan malam. Krim khas Perancisnya lah yang membuat hidangan ini menjadi lezat, yang terbuat dari campuran mentega, bawang putih dan susu.

9. Cassoulet

Cassoulet terdiri dari sosis dan kacang putih yang dimasak bersama dalam panci. Tekstur kuahnya kental dan kandungan lemaknya yang tinggi membuat perut Anda penuh setelah menyantapnya. Cassoulet biasanya disantap saat cuaca dingin.

10. Tarte Tatin

Tarte Tatin atau Tart Buah merupakan hidangan khas Perancis yang lezat dan sehat. Menurut cerita, sebenarnya penemuan tart buah tidak disengaja, yaitu saat ada seorang wanita yang ingin membuat kue buah namun ia ceroboh menanggang kuenya terlalu lama sampai gosong. Akhirnya ia membalikkan kue tersebut dan ternyata rasanya sangat lezat. Ada-ada saja, ya. Bagaimana? Tertarik mencoba salah satu?