Manfaat Puasa Dapat Mengurangi Lemak Tubuh

Manfaat Puasa Dapat Mengurangi Lemak Tubuh

Bagi umat muslim di seluruh dunia, bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh hikmah. Selama satu bulan penuh, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Dalam ibadah puasa kita tidak hanya menahan lapar dan haus saja, namun selama berpuasa kita sebagai umat muslim wajib menahan amarah, juga berusaha untuk memahami atau ikut merasakan penderitaan orang lain yang sering merasakan kelaparan dan masih banyak lagi ilmu yang dapat kita petik dengan melakukan ibadah puasa.

Puasa pada bulan Ramadhan, tidak hanya sekedar berhubungan dengan ibadah dan pendalaman spiritual saja loh. Selama berpuasa di bulan Ramadhan, ada banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh apabila puasa yang dijalankan, dilakukan dengan cara yang benar.

 

Berat Badan Turun

Tahukah Anda? Ketika tubuh tidak memperoleh asupan makanan dari luar, pada saat itulah tubuh mengambil sebagai lemak untuk digunakan sebagai pengganti energi akibat tidak adanya asupan makanan tersebut.

Hal itulah yang membuat tubuh seseorang yang berpuasa selama beberapa hari akan mengalami penurunan pada berat badan. Biasanya, perubahan tubuh yang terjadi bergantung pada seberapa lama Anda menjalani puasa yang berkelanjutan. Ketika tubuh masuk pada waktu puasa yang dijalankan selama 8 jam setelah makan, saat itulah tubuh mulai menyerap kandungan nutrisi yang ada pada makanan yang dikonsumsi.

Glukosa dalam tubuh pun menutup di dalam hati dan otot pada saat itu juga. Glukosa tersebut nantinya akan menjadi sumber energi yang paling utama. Ketika glukosa ini telah habis, tubuh pun pada akhirnya akan beralih mengambil lemak sebagai pengganti dari sumber energi.

 

Tetap Jaga Nutrisi

Namun, Anda perlu memperhatikan, apabila puasa yang dilakukan terlalu lama dan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda jumlah sedikit ataupun kurang dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Dampak tersebut salah satunya seperti timbulnya resiko kehilangan massa otot dan protein dalam tubuh.

Tubuh pun secara perlahan akan mengambil protein dari dalam otot sebagai sumber energi jika puasa yang dilakukan lebih lama hingga memakan waktu berminggu-minggu. Inilah yang mengakibatkan kondisi tubuh seseorang yang berpuasa mengalami penurunan pada tingkat kesehatannya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Puasa Ramadhan tidak akan membuat tubuh Anda mengalami hal tersebut. Anda pun akan berbuka puasa setiap hari dan mendapatkan asupan makanan ke dalam tubuh lagi. Tubuh pun akan berada pada tahap mengambil lemak yang kemudian diubah menjadi energi.

Itulah sebabnya seseorang yang berpuasa akan mengalami penurunan berat badan yang signifikan tapi tetap sehat. Tubuh Anda pun dapat menjadi lebih sehat dan daya resistensi tubuh pun akan bertambah. Pasalnya puasa merupakan cara alternatif agar tubuh menjadi sehat karena secara tidak langsung kita mengalami proses detoksifikasi tubuh.

Oleh karena itu, Anda harus selalu berusaha dalam memperhatikan asupan nutrisi harian yang masuk ke dalam tubuh agar puasa Anda tidak hanya bermanfaat namun kesehatan tetap terjaga.