Manfaat Menyanyikan Lagu Anak Buat Anak

Industri musik di jagat hiburan Indonesia terbilang sangat memprihatinkan. Meskipun banyak bermunculan penyanyi berbakat. Semuanya remaja dan dewasa. Mana genre anak-anak? Banyak orang tua yang begitu bangga melihat anaknya pandai mendendangkan lagu band tertentu atau lagu dari penyanyi dangdut tertentu. Masa anak-anak, berikanlah lagu anak-anak. Biarkan Anda bangga melihat anak yang pandai mendendangkan lagu sesuai genre mereka. Sebab apa yang terdengar dan didendangkan oleh anak secara tidak langsung membentuk karakter anak. Bahkan mempengaruhi perkembangan dunia anak.

Dendangan Lagu Anak Membuat Anak Ceria

Putarkanlah lagu khusus anak-anak untuk anak Anda. Meskipun sudah sulit untuk dicari, namun dengan mengandalkan dunia internet, Anda akan memperoleh banyak kumpulan lagu anak-anak pada zaman dahulu. Ketika anak mendendangkan lagu sesuai genre mereka, tanpa langsung membuat sifat anak menjadi ceria. Coba saja dendangkan lagu Paman Datang, Abang Tukang Bakso, Tekotek, dan masih banyak lagu anak yang lain. Tidak ada lagu anak yang diciptakan dengan nada sedih, melankolis, bahkan mendayu-dayu. Sehingga anak Anda pun akan selalu menjadi anak yang ceria. Coba bandingkan dengan anak teman Anda yang terlihat bangga mendendangkan lagu band mengenai patah hati atau lagu dangdut yang memang sudah sangat tidak sesuai dengan genre anak. Tentu akan menjadi anak yang kurang ceria dibanding anak Anda.

Dendangkan Lagu Anak Membuat Anak Dapat Sambil Belajar

Dapat dipastikan bahwa ketika Anda membiarkan anak untuk mendengarkan dan mendendangkan lagu anak-anak, maka akan menjadi anak yang pintar. Sebab kebanyakan lagu anak-anak jelas memberikan unsur pendidikan. Cobalah mencermati lirik dari lagu Balonku. Di dalamnya ada penjelasan mengenai warna. Tentu anak Anda akan belajar mengenai warna sedikit demi sedikit. Kemudian cermati lirik dari lagu Ambilkan Bulan Bu. Anak Anda akan tahu mana yang disebut bulan di langit, bagaimana bentuknya, dan lainnya mengenai bulan. Berbeda jika anak mendendangkan lagu mengenai percintaan. Meskipun anak masih belum paham apa itu cinta, namun apakah pantas anak-anak dibiarkan mendendangkan lagu tersebut. Dan pastinya anak yang dibiarkan mendendangkan lagu remaja atau dewasa, tentu tidak jauh lebih pintar dari anak Anda yang diputarkan lagu sesuai genre mereka.

Dendangkan Lagu Anak Membuat Anak Memahami Dunianya

Seorang anak yang diajarkan oleh orang tua secara tepat, maka anak tersebut akan memahami dunianya seutuhnya. Bahwa anak-anak adalah sosok yang memang anak-anak. Memang untuk bermain dan bermain. Di permainan tersebut anak akan belajar. Anak Anda akan menjadi anak yang merasakan dunia anak yang seutuhnya. Dunia yang senang mendendangkan lagu anak. Cobalah cari tahu dengan anak yang tidak diberikan pemahaman mengenai dunianya. Anak dibiarkan mendendangkan lagu orang dewasa, maka tanpa orang tua sadari, orang tua telah melewatkan dunia anak yang menyenangkan untuk buah hati mereka. Ketika sekolah atau beranjak dewasa, anak akan menjadi kurang pengetahuan. Seperti saat mengobrol mengenai lagu di antara teman-temannya, dia hanya tahu lagu band remaja. Sedangkan teman-temannya begitu familiar dengan lagu anak-anak. Jelas membuat anak tersebut menjadi tidak menyambung berteman dengan teman-temannya karena dianggap terlalu dewasa pembicaraannya.

Sayangilah dan bimbinglah anak Anda menjadi anak yang dapat dibanggakan karena mengikuti dunia anak. Jangan bangga memamerkan anak yang pintar dengan kepintaran yang belum waktunya. Pintar mendendangkan lagu anak-anak jauh lebih membanggakan bagi orang tua. Karena Anda akan mengetahui dampaknya di kemudian hari apa yang akan terjadi dalam diri anak.