Manfaat Garam Yodium bagi Tubuh

Garam Yodium

Yodium merupakan salah satu mineral penting yang sangat diperlukan tubuh untuk memproduksi hormon Tiroid. Karena tubuh kita tak bisa menghasilkan Yodium ini sendiri, maka kita bisa mendapatkan asupan Yodium dari makanan. Salah satunya adala dari Garam Beryodium. Garam Beryodium sendiri merupakan garam yang telah ditambahkan kandungan Mineral Yodium.

Pemerintah Indonesia dengan Pokja 4 PKK juga telah banyak memberikan penyuluhan kesehatan tentang pentingnya mengkonsumsi garam yang mengandung yodium dan Penanggulangan gangguan Akibat Kekurangan Garam Yodium.

Lalu, sebenarnya apa saja Manfaat Garam Yodium bagi Tubuh? Berikut ini pembahasannya:

 

1. Menjaga fungsi tiroid tetap stabil

Yodium menjaga kestabilan hormon tiroid di dalam tubuh. Ketika tubuh kita kekurangan yodium, maka akan terjadi penurunan produksi hormon tiroid. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya pembesaran kelenjar tiroid atau penyakit gondok.

Gambar Penyakit Gondok

Selain bisa menyebabkan penyakit gondok, penurunan tiroid yang disebabkan oleh kurangnya asupan yodium dalam tubuh juga bisa mengakibatkan hipotiroidisme.

Hipotiroidisme sendiri merupakan kondisi dimana kelenjar tiroid tak mampu menghasilkan hormon tiroid yang cukup. Gejala hipotiroidisme sendiri antara lain : penambahan berat badan, kelelahan, sembelit, sensitif terhadap suhu dingin dan kulit kering.

 

2. Menurunkan resiko hipotiroid kongenital pada ibu hamil

Hipotiroid kongenital sendiri merupakan kondisi di mana janin kekurangan hormon tiroid. Penyakit ini bisa mengganggu pertumbuhan janin  didalam perut dan membuat anak menjadi kesulitan belajar di kemudian hari.

Kondisi ini juga meningkatkan resiko keguguran, cacat bawaan lahir dan juga kelahiran prematur. Dengan konsumsi Garam Yodium yang cukup, maka potensi ibu hamil menderita kondisi ini juga semakin bisa diminimalisir.

 

3. Manfaat Lainnya dari Konsumsi Garam Beryodium

Selain 2 Manfaat Garam Yodium di atas, masih ada banyak sekali manfaat mengkonsumsi garam yang mengandung yodium ini lho, diantaranya adalah :

  1. Kandungan Yodium yang terdapat di dalam garam akan membantu tubuh kita memanfaatkan kalori secara optimal. Sehingga akan mencegah penyimpanan lemak secara berlebihan.
  2. Garam Beryodium bisa bisa membantu tubuh melakukan detoksifikasi/proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Racun kimia yang bisa di detoksifikasi dengan Garam Yodium antara lain : Fluoride.
  3. Membantu sistem metabolisme di dalam tubuh.
  4. Bermanfaat untuk perawatan rambut lantaran kandungan Garam Yodium bisa merangsang pertumbuhan rambut dengan lebih cepat.
  5. Meningkatkan kekebalan tubuh karena garam beryodium dapat mencegah perkembangbiakan bakteri yang merugikan di dalam perut.
  6. Membantu tumbuh kembang janin yang ada di dalam perut.

 

Rekomendasi Konsumsi Asupan Yodium Sehari-hari

Asupan yodium yang diperlukan masing-masing orang berbeda. Tergantung dari beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti usia dan kondisi tiap-tiap orang. Kementerian Kesehatan sendiri merekomendasikan asupan yodium sehari-hari seperti berikut ini :

  1. Asupan Yodium untuk Bayi : 90-120 mikrogram (mcg) yodium per hari,
  2. Asupan Yodium untuk Anak-anak : 120 mcg yodium per hari,
  3. Asupan Yodium untuk Ibu hamil : 220 mcg yodium per hari,
  4. Asupan Yodium untuk Ibu menyusui : 250 mcg yodium per hari,
  5. Asupan Yodium untuk Remaja dan orang dewasa: 150 mcg yodium per hari.

Dengan memenuhi asupan Yodium yang kita butukan, maka kita bisa terhindar dari berbagai resiko penyakit akibat kurangnya asupan yodium. Konsumsilah garam yodium dengan kadar yang sesuai ya, jangan sampai berlebihan atau justru kekurangan karena keduanya tak akan berdampak baik bagi tubuh.

Semoga artikel ini bermanfaat.