Manfaat Buah Jambu Untuk Kesehatan

Gambar Jambu Biji

Fakta ditemukan bahwa Jambu memiliki kandungan vitamin C mencapai 228 mg per 100 g. Jika dibandingkan dengan kebutuhan harian akan vitamin C maka jauh lebih tinggi tiga kali lipat. Tak hanya vitamin C, jambu biji ini juga kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Buah asal Brazil yang memiliki nama latin Psidium guajava termasuk golongan buah-buahan tropis. Buah ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun modern di Indonesia. Jambu biji ini ternyata mampu berbuah sepanjang tahun, namun biasanya akan terjadi panen raya di bulan Februari dan Maret. Buah asal negeri samba ini tak hanya menawarkan kelezatan, namun juga mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Berikut adalah manfaat buah Jambu untuk kesehatan

 

1. Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C pada jambu biji ternyata jauh lebih besar ketimbang jeruk yakni hampir 4 kali lipatnya. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C dapat menolong tubuh Anda. Salah satunya dengan meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan kuman penyebab penyakit.

Selain meningkatkan sistem imun, vitamin C mampu membantu proses sintesa kolagen yang tentunya sangat berfungsi dalam pembentukan sel-sel pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Kandungan vitamin A pada jambu biji juga mampu dan menjadikan hal yang terpenting dalam menjaga kesehatan membrane mukosa dan kulit.

 

2. Turunkan Risiko Penyakit Kanker

Dalam penelitian terakhir jambu biji kerap dijadikan bahan penelitian guna menurunkan risiko serta perkembangan kanker prostat, payudara, dan oral.

Hipotesa terakhir adalah mampu menurunkan risiko kanker prostat serta mencegah perkembangan sel kanker payudara. Hal tersebut disebabkan oleh buah jambu biji yang mengandung banyak likopen. Tentunya kandungan vitamin C pada jambu biji mampu berfungsi sebagai antioksidan yang menghambat pertumbuhan radikal bebas.

 

3. Menurunkan Berat Badan

Untuk Anda yang sedang melakukan program diet, jambu biji adalah teman diet yang paling tepat.

Jambu biji ini memang kaya akan vitamin, protein, mineral, dan serat. Jambu biji sama sekali tidak mengandung kolesterol dan hanya memiliki karbohidrat tercerna dengan jumlah rendah. Kandungan kadar gula yang rendah tentunya semakin aman menjauhkan Anda dari penyakit diabetes.

Selain menjadi teman diet yang tepat, Jambu biji dapat menaikkan berat badan Anda untuk mendapatkan tubuh yang proporsional.

Hal ini disebabkan jambu biji kaya akan kandungan nutrisi. Melimpahnya kandungan nutrisi maka metabolisme dalam tubuh Anda akan mampu berjalan secara optimal sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi dengan lebih baik.

 

4. Mengobati Diare

Jambu biji mampu meredakan gejala diare, disentri, dan gastroenteritis (radang lambung dan usus) dengan bantuan senyawa astringent. Astringent dengan sifat basanya mampu menjadikan disinfektan dan anti bakteri, sehingga perkembangan mikroba dan berlebihnya lendir pada usus akan hilang perlahan.

Karotenoid, vitamin C, dan potassium yang terkandung dalam jambu biji akan membantu memperkuat sistem pencernaan. Kandungan serat pada jambu biji akan melindungi usus besar dari serangan langsung racun yang berbahaya dalam terjadinya penyakit kanker.