Makanan Rendah Kalori Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat baik ketika kita mengkonsumsi makanan rendah kalori, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung banyak lemak. Pasalnya makanan yang mengandung banyak lemak bisa membuat berat badan kita menjadi bertambah. Konsumsi pula makanan yang rendah kalori agar tubuh kita dapat terhindar dari beragam jenis penyakit. Salah satu penyakit yang bisa kita hindari dengan mengurangi makanan yang mengandung kalori adalah penyakit seperti darah tinggi, penyakit jantung serta penyakit diabetes.

Supaya tidak salah memilih jenis makanan yang rendah kalori, kali ini ada beberapa jenis makanan yang dapat kamu konsumsi ketika kamu sedang menurunkan berat badan. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasannya berikut ini!

1. Lemon

Selain berfungsi sebagai bahan minuman, buah lemon sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Buah lemon hanya memiliki kalori berjumlah 20 kal per buah. Tentu saja buah lemon ini juga banyak mengandung vitamin C dan kaya akan serat alami sehingga baik untuk tubuh.

Vitamin C yang terdapat dalam buah lemon ini mampu membakar lemak yang ada di dalam tubuh kita. Karena di dalam buah lemon terdapat kandungan asam yang bisa menghancurkan lemak-lemak di dalam tubuh. Selain itu, buah lemon dipercaya sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh karena jenis buah yang satu ini sangat rendah kalori.

2. Sayur Bayam

Selain lemon, makanan rendah kalori lainnya adalah bayam. Bayam merupakan salah satu sumber makanan yang sangat baik untuk tubuh, terutama bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Bayam merupakan jenis makanan yang mengandung vitamin K, asam folat, dan sangat kaya akan zat besi. Selain itu, sayuran yang memiliki daun yang hijau, kebanyakan sangat berguna dalam melawan beragam penyakit dan juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.

Bayam merupakan makanan rendah kalori yang kaya akan betakaroten, vitamin C dan lutein fitokimia yang bisa membuat dan melindungi mata dari degenerasi makula terkait dengan usia seseorang.

3. Selada Air

Sumber bahan makanan lainnya yang memiliki kalori rendah adalah selada air. Makanan yang terdapat di dalamnya terdapat zat untuk melawan kanker sehingga lebih baik jika dibandingkan dengan beragam jenis makanan rendah kalori lainnya seperti brokoli dan kubis.

Selada air memiliki kandungan sulforaphane yang terdapat pada makanan rendah kalori. Kandungan tersebut sangat baik dalam menurunkan resiko terkena beragam jenis penyakit. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi selada air, seseorang akan terhindar dari serangan beragam jenis penyakit.

4. Lobak

Lobak merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan kalori cukup rendah. Di dalam lobak, kita juga dapat menemukan kandungan glikemik yang rendah dan kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya sehingga sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalankan program diet.

Lobak merupakan jenis makanan yang rendah kalori dan sangat baik apabila dimasak sebagai bahan semur ataupun sup. Anda juga bisa menyajikan lobak dan langsung dapat dikonsumsi dalam keadaan setengah matang.

5. Kopi

Menu makanan rendah kalori lainnya adalah seperti kopi. Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang telah banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Biasanya, kopi dikonsumsi oleh seseorang untuk mengatasi rasa ngantuk. Namun, Anda perlu tahu ternyata kopi dapat membantu Anda yang sedang menjalani program diet.

Kopi tidak memiliki kandungan kalori sedikit pun sehingga sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang menurunkan berat badan. Beberapa jenis penyakit yang bisa dihindari dengan mengkonsumsi kopi salah satunya adalah penyakit seperti kanker usus besar, parkison dan diabetes.

6. Tomat

Tahukah Anda, selain nikmat tomat merupakan jenis buah yang memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Tomat merupakan bahan makanan yang bisa dijadikan bumbu memasak ataupun membuat minuman jus untuk Anda yang sedang diet.

Tomat sangat baik untuk dikonsumsi. Bagi Anda yang sedang menjalankan program mengurangi berat badan, tomat bisa menghaluskan kulit sehingga dapat berfungsi untuk melindungi tubuh dari sinat UV. Tomat memiliki kandungan vitamin C, serat dan kalium yang terkandung di dalamnya juga sangat tinggi.

7. Selada

Selada merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat dijadikan sebagai pelengkap lalapan ketika kita menikmati menu makanan setiap hari. Kalori yang terdapat pada selada hanya 5 kal per cangkir lho. Hal tersebut tentu dapat membuat atau menjadikan selada makanan yang baik jika dikonsumsi ketika sedang diet.

Makanan diet yang rendah kalori ini memiliki kandungan asam folat yang tinggi, vitamin B serta mangan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu juga dapat mengatur gula darah agar lebih baik lagi.

8. Asparagus

Asparagus merupakan jenis resep makanan yang rendah kalori. Asparagus sangat baik untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program menurunkan berat badan. Asparagus merupakan jenis makanan yang banyak digunakan ataupun difungsikan sebagai makanan detoks atau makanan detoksifikasi karena memiliki kandungan asam amino yang tinggi. Jenis makanan rendah kalori yang satu ini dikenal sebagai makanan yang sangat baik digunakan sebagai sumber tenaga dan juga berbagai jenis vitamin.